Cerita Beli Komik Tahun 80an

Waktu mulai buat taman bacaan tahun 1981 aku selalu membeli komik2 baru, dalam arti cetakan baru baik cetak ulang atau cetakan pertama. Jaman itu komik-komik Melodie, Cosmos, ERES, Harris, Casso, Keng Po/Kinta, Sin Po, Bintang Kedjora, Tjahaja Kumala, sudah gak ada cetak ulangnya. Mungkin para penerbitnya sudah tutup atau ganti usaha. Kalaupun ada cetak ulangnya sudah dicetak oleh penerbit lain alias pindah tangan hak terbitnya.

Harga komik 1 jilid cetakan pertama untuk yg baru terbit dengan tebal halaman 48 serta kertas HVS sama harganya dengan 1 bundel cetak ulang dengan tebal 96 halaman kertas koran. Pertama belanja untuk taman bacaan di toko buku dalam Chandra Shopping di kota Toko Tiga Perniagaan. Perbuku/jilid Rp. 200,- beli terbitan Maranatha yg bundel isinya perbundel 2 cerita tamat.

Beberapa bulan kemudian aku ketemu kios kaki lima dengan gerobak, saat itu aku membeli Setan C1 6 jilid @Rp 150 jadi semuanya Rp. 900. Selendang Biru bundel A-I @Rp150 jadi Rp. 1.350 dan Tirani Biru A-F Rp. 900. Tira Perang A-C Rp. 450. Kios kaki lima favorit aku ini buka sore sampai malam lokasinya di Jembatan 5 dekat bioskop Dewi. Tidak terlalu jauh kalau jalan kaki atau naik becak dari rumah aku seputaran tanah sereal krukut. Tahun 1982 aku sering beli komik di Prensent Park Lokasari. Harga sama Rp. 150 perjilid/perbundel, toko komiknya di dekat bioskop Rukiah.

Mulai beli bekas di dalam lokasari ada taman bacaan kalau nggak salah TB “Taman Sari” atau TB “Mangga Besar” beli Black Magic A-C perbundel sekitar 160 halaman isinya Black Magic 6 jilid plus Vantana 2 jilid kalau nggak salah. Bundel C lebih tebal. Untuk bundel A-C aku membayar Rp. 450,- Kalau beli cetak ulang Black Magic saat itu bundel A-D Rp 600,-

Tahun 1983 aku sering ke Los Mini Pasar Baru di sana lebih banyak pilihan. Hampir semua penerbit Jakarta buka lapak di sana. Harga perjilid atau perbundel Rp. 125. Kalau beli bekas aku ke Pasar Senen harga perjilid Rp. 75 untuk C1 bekas dan Bundel Rp. 50 perjilid. Kalau 1 bundel isi 2 jilid dihitung 2 jilid x Rp. 50 jadi Rp. 100,-

Tulisan : Andy Wijaya di FB Komik Indonesia Semua Jaman

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *