Akhirnya PSSI Mencabut Sanksi Untuk Persipura

persipura1Masih Ingatkah pertandingan final antara persipura melawan Sriwijaya FC, yang dimenangkan Sriwijaya FC akibat dari keputusan wasit yang dinilai berat sebelah oleh kontingen persipura yang akhirnya membawa tim mutiara hitam ini WO (tidak mau melanjutkan pertandingan) Mogok bermain pada menit ke 61 pada Liga Jie Sam soe,yang pada akhirnya PSSI menjatuhkan hukumannya kepada Persipura!! Berkat Pressure atau tekanan yang dilakukan suporter Persipura Jayapura terhadap PSSI, mampu membatalkan keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang menghukum Persipura Jayapura larangan tampil di ajang Copa Indonesia musim depan. Tim Mutiara Hitam itu hanya diwajibkan membayar denda Rp100 juta.

Jumat (14/8) malam, Komisi Banding (Komding) PSSI membebaskan Mutiara Hitam dari hukuman Komdis PSSI . Beberapa jam sebelumnya, 160 suporter Persipura berdemo di depan kantor PSSI. Intinya, menekan PSSI agar membatalkan keputusan Komdis PSSI. Selain itu, aksi demonstrasi yang menekan PSSI juga digelar di Jayapura, beberapa waktu lalu. Bahkan, ada usulan agar Persipura sekalian tidak tampil di Liga Super Indonesia, tetapi berkompetisi di A-League (Australia).

Ketua Umum Komding PSSI, Rusdy Taher mengatakan, Persipura tidak terbukti melakukan kesalahan seperti yang tercantum pada manual liga pasal 27 : 6. Sebab, Mutiara Hitam tidak mundur dari jadwal kompetisi yang telah ditetapkan sebelumnya. “Persipura hanya tidak melanjutkan pertandingan saat final Copa Indonesia 2008/2009. Karena itu, tidak bisa dihukum menggunakan manual liga pasal 27 : 6. Karena itu, Komding memutuskan membebaskan Persipura dari putusan Komdis PSSI,” kata Rusdy kepada wartawan di Kantor PSSI, Senayan, Jumat (14/8) sore.

Walau demikian, Persipura tidak luput dari hukuman. Komding PSSI menilai Persipura melanggar pasal 56 : 1 Peraturan Organisasi (PO) PSSI. Hukumannya sanksi kalah 0-3 dan denda Rp150 juta. “Keputusan ini kami ambil bulat dan dengan pertimbangan matang,” tegas Rusdy. Sebelumnya, Persipura dianggap melanggar Pasal 27 angka 6 huruf b Manual Copa Indonesia. Akibatnya, Mutiara Hitam dihukum dengan larangan tampil di Copa Indonesia musim depan.

Selain itu Persipura juga harus mengembalikan kepada BLI semua match fee dan kontribusi lain, termasuk hadiah, selama mengikuti kompetisi. Jika Persipura dari hukuman, sebaliknya terjadi bagi Ketua Umum Persipura MR. Kambu. Komdis PSSI menambah hukuman Walikota Jayapura itu dari semula larangan terlibat dua tahun di sepakbola nasional menjadi tiga tahun. Alasannya, Kambu dinilai sebagai orang yang punya otoritas untuk melanjutkan pertandingan, tetapi dia tidak menggunakannya.(ian/B)

1 thought on “Akhirnya PSSI Mencabut Sanksi Untuk Persipura”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *