Kapal Selam Pancal Bertenaga Pedal

odyssey-submarineImpian menjelajahi dunia bawah laut ada di benak manusia sejak zaman dahulu kala. Kisah Putri Duyung atau keberadaan Benua Atlantis menjadi cerita yang lekat di benak banyak orang. Ekspedisi bawah laut telah banyak dilakukan. Namun, hanya ilmuwan yang bisa melihat secara langsung. Masyarakat hanya bisa menonton lewat acara-acara dokumenter.

Namun, sebentar lagi, berwisata ke dasar laut bukan lagi hal yang sulit diwujudkan. Marine Innovation Technologies (MIT) berusaha merealisasikannya lewat kapal selam personal buatan mereka.

Tampilan kapal selam mini itu terlihat futuristis. Desainnya seperti pesawat luar angkasa di film-film jadul. Bagian atas kapal dilengkapi jendela-jendela superlebar dari kaca bening yang sangat nyaman dipakai untuk menikmati pemandangan bawah air.

Kapal selam yang mampu memuat dua penumpang itu memiliki panjang 3,5 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 2 meter. Beratnya, jika dikeluarkan dari air, sekitar 1,5 hingga 2 ton. Cukup mudah dipindahkan dengan mobil atau pikap.

Sumber energi yang digunakan oleh perangkat itu adalah energi mekanik manusia yang diperoleh ketika dua penumpangnya mengayuh pedal. Dengan kekuatan kayuhan 0,4 hingga 0,8 kilowatt, kapal selam tersebut bisa bergerak dengan kecepatan 2-3 knots selama maksimal empat jam.

Bagi yang ingin menikmati pemandangan bawah air dengan santai tanpa mengayuh, juga tersedia opsi tambahan. MIT menambahkan electric drive bertenaga rendah sebagai sumber tenaga alternatif untuk menggerakkan kapal.

Kapal selam mini itu juga mudah dioperasikan. Kendali dilakukan dengan kemudi, seperti pada mobil. Selain mode manual, tersedia mode otomatis untuk mengatur gerakan kapal. Gerakan kapal juga sangat fleksibel. Bisa bergerak maju, mundur, naik, turun, bahkan berputar.

Rencananya, satu unit kapal selam buatan MIT dipasarkan dengan harga maksimal USD 70 ribu atau sekitar Rp 748 juta. Setidaknya, itu lebih murah ketimbang beli kapal selam raksasa. Eawa Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *