Kejagung Minta Pengangkatan Kemas Yahya Tak di Intervensi

lambang hukum

Kasus Tipikor artalita suryani (khasus BLBI) si ratu suap yang menjadi tersangka kasus penyuapan jaksa Urip trigunawan masih sangat jelas dalam ingatan kita,kasus yang menyeret salah satu jaksa tindak pidana korupsi Urip tri gunawan dan peng non aktifan Jampitsus yahya Rahman serta M salim untuk meningkatkan kredibilitas bagian pidana khusus kejaksaan agung beberapa bulan yang lalu, berita menggemparkan kembali terjadi dengan diangkatnya Yahya Rahman dan M Salim sebagai Koordinator Satuan Khusus Supervisi dan Bimbingan Teknis Tuntutan Perkara Tindak Pidana Korupsi, Perikanan dan Ekonomi (cukai dan kepabeanan).What……????

Kejaksaan Agung (Kejagung) meminta pengangkatan mantan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Kemas Yahya Rahman sebagai satuan khusus Tipikor tidak diintervensi.

Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Jasman Pandjaitan, setiap orang boleh berpendapat karena hal tersebut memang dijamin dalam UUD 1945.

“Namun menyangkut otoritas jangan diintervensi,” kata Jasman di Jakarta, Selasa (24/2/2009), seperti dilansir Antaranews.com.

Kemas Yahya Rahman diangkat sebagai Koordinator Satuan Khusus Supervisi dan Bimbingan Teknis Tuntutan Perkara Tindak Pidana Korupsi, Perikanan dan Ekonomi (cukai dan kepabeanan). Demikian juga dengan M Salim, mantan Direktur Penyidikan (Dirdik) pada Jampidsus.

Jasman menyatakan putusan pengangkatan Kemas Yahya Rahman, merupakan keputusan Jaksa Agung, Hendarman Supandji melalui SK Jaksa Agung Nomor Kep-003/A/JA/01/2009 tanggal 22 Januari 2009.

Isinya menunjuk Kemas Yahya Rahman sebagai koordinator unit I dan M Salim sebagai wakil koordinator I,” katanya.

Seperti diketahui, kedua orang tersebut dicopot dari jabatannya menjadi staf ahli jaksa agung terkait kasus suap Artalyta Suryani alias Ayin.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) menyesalkan penunjukkan kedua orang yang terkait kasus suap Artalyta Suryani alias Ayin itu.

Jasman membantah Kemas Yahya Rahman dan M Salim itu tidak kredibel karena faktanya keduanya diangkat presiden sebagai staf ahli jaksa agung.

“Faktanya, Kemas diangkat presiden sebagai staf ahli,” ujar dia.

Ia menjelaskan, tim tersebut tidak berkaitan langsung dengan penanganan perkara.

“Pengendali tetap Jampidsus, pak Kemas itu punya ilmu pengetahuan masa tidak diberdayakan,” tandasnya.

1 thought on “Kejagung Minta Pengangkatan Kemas Yahya Tak di Intervensi”

  1. waduh kok gini sich? memangnya kejaksaan agung gak ada orang lain apa,sudah pernah diberhentikan dari tugas kasus korupsi lah….ndalah…… dipilih jadi pengawas yang hubungannya masih dengan korupsi pantas saja kpk kerja keras eh malah kejaksaannya kayak gitu Malu donk……………………………………..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *