Tips Membuat Promo Produk Melalui Kalender

Kalender ternyata merupakan cara yang ampuh untuk mempromosikan suatu penawaran produk atau untuk mempromosikan sebuah usaha. Sebenarnya cara promo menggunakan kaleder sudah banyak dilakukan dan ini bukan sesuatu yang baru.Penyebabnya adalah :

  • Kalender cenderung di pajang dalam waktu yang lama (selama 1 tahun),ini dapat dimanfaatkan sebagai iklan gratis karena yang mempromosikan adalah masyarakat dan tentunya juga berhubungan dengan masyarakat yang lain.
  • Gambar Pada kalender cenderung di lirik apalagi bila kalendernya ada informasi tentang pranatawangsa,atau sesuatu hal tentang kejadian-kejadian atau peringatan
  • Masyarakat sudah sangat familiar dengan kalender dan butuh untuk melihat tanggal atau merencanakan sesuatu

Nah Untuk membuat sebuah kalender yang effektif dan effisien serta manarik di bawah ini ada beberapa trik dan tips untuk membuat kalender promosi yang menarik, bagaimana suatu desain kalender membuat orang terpana dan berdecak kagum…?!? (hahahha…tentunya kalau hasilnya istimewa!)

1. Buatlah kalender yang unik sekaligus multifungsi
Beri sedikit ruang untuk digunakan sebagai fungsi memo alias catatan kecil untuk mencatat aneka kegiatan/kejadian tertentu. Beri tanda gambar (warna) khusus pada tanggal tertentu (selain hari libur) sebagai pengingat, misalnya: tanggal kelahiran artis Julia Perez :), jadwal kampanye pilkada, tanggal pembagian dividen saham perusahaan,atau masukan juga perhitungan jawa serta sisipkan dengan Weton,pasaran dan wuku biasanya orang jawa masih membutuhkannya dsb.

2. Gunakan Foto Produk dari Profil / Usaha Anda
Foto produk yang berwarna (Fullcolor, bukan B/W) yang menggambarkan kegiatan dengan menggunakan produk dimaksud lebih disukai konsumen dari pada photo style produk itu sendiri. Berposelah secara alami (pakai artis Alice Norin, bila mampu membayar) seperti bila anda sedang menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Bisa juga dengan foto B/W untuk alasan mengurangi ongkos cetak, tapi pergunakanlah warna sephia (satu warna: coklat muda, merah marun, dsb) untuk efek klasik, selain warna hitam.

3. Menggunakan desain tema kalender yang sejenis (desain tdakhanya satu desain aja tapi berbagai desain)
Membuat desain kalender 2010 dengan tema yang bermacam-macam dan berbeda dari awal bulan sampai akhir tahun dapat mencerminkan tidak konsistennya desain secara menyeluruh. Ramai kelihatannya, tapi tidak terintegrasi.

4. Pilih warna yang “eye catching”
Pemilihan warna cetak kalender yang rada “ngejrenk” bisa membuat mata langsung tertarik pada pandangan pertama, pada benda apapun. Psikologi lahiriah ini bisa dimanfaatkan sebagai penarik minat akan kalender yang ingin anda ciptakan.

5. Download Kalender Playboy 2010-2015. Kalender foto artis paling seksi atau menarik
Boleh saja anda menggunakannya, asal dengan penampilan yang rada sopan dan tidak vulgar. Sekali artis tersebut dianggap artis terseksi seperti Sarah Azhari, pakai baju tertutup pun akan tetap terlihat seksi. Juga harap diingat copyright-nya dan bila terpaksa atau kesulitan minta izin tayang dari sang artis, paling-paling anda harus menggunakannya untuk keperluan terbatas saja, seperti member club atau komunitas eksklusif atau langganan istimewa.

6. Model kalender kecil atau kalender duduk lebih disukai
Penggunaan kalender sebagai asesoris kantor lebih banyak diminati daripada kalender dinding. Bila kalender dinding harus memaku dinding dahulu untuk memasangnya, kalender mini lebih praktis dan banyak modelnya. Gunakan souvenir kalender sebagai “free gift souvenir” kepada rekanan anda sebagai sarana promosi profil / usaha anda.

7. Terserah anda…
Ciptakan desain kalender yang unik, eksklusif (lain daripada yang lain), murah biaya dan multifungsi, seperti bentuk seukuran kartu nama, frame foto, portfolio desain, souvenir pernikahan, undangan pernikahan, business plan reminder, souvenir kalender, pocket memo, dll.

8. Pilihlah Gambar-Gambar Baru Yang menjadi bahan beritaan

Pilihlah gambar-gambar baru yang terkenal pada saat anda membuat dalam artian up to date, Kadang acara Gosip di TV dapat membantu anda untuk mencari inspirasi mengenai design kalender yang akan anda buat exp: Momen piala dunia, Momen teknologi terbaru dari suatu produk atau gosip artis terbaru dapat anda jadikan sebagi sumber inspirasi!

Gak percaya? Coba buktikan saja!!yang perlu diingat anda harus memperhitungkan atau mengerti pasaran yang anda tuju! apakah kalangan eksekutif (kalender Lux) atau kalangan biasa dengan desain yang sederhana akan tetapi menarik!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *