Asal Nama Indonesia Dan Pelurusan Sejarah Oleh Muhammad Hatta

Indonesia 2E 2005 EPC-aIndonesia…..Tanah Airku…tanah tumpah Darahku, Disanalah Kami Berdiri……, beberapa penggal bait diatas sudah akrap sekali ditelinga kita dari anak TK sampai orang tua semua hafal dengan lagu Indonesia Raya di atas, Indonesia merupakan sebuah Nama dari Negara kita. Sangat di sayangkan kalau sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengetahui sebenarnya darimana asal kata Indonesia yang dipakai sebagai nama negara kita.

Kemarin saya iseng membongkar arsip dan buku-buku milik bapak saya yang berada di gudang ternyata saya menemukan buku lama yang merupakan kumpulan tiga artikel karangan seorang pemuda yang bernama Muhammad Hatta (mantan wakil presiden dan proklamator Indonesia) yang berjudul “Nama Indonesia (Penemuan Komunis?)”

Sejarah membuktikan bahwa Indonesia sebenarnya berasal dari kata asing bukan merupakan kata pribumi. Indonesia pertamakali berasal dari seorang bargebangsaan Jerman yang bernama Bastian kata Indonesia pertamakali digunakan dalam karyanya berupa tulisan yang berjudul”Indonesien Oder die Insels des malayischen Archipels” yang terbit pada tahun 1884,kata indonesia sendiri memiliki arti gugusan kepulauan yang berada dinusantara yang selama itu disebut oleh belanda Hindia belanda atau Nederland Hindie. Sejak saat itu nama indonesia mulai dikenal dan populer diantara bangsa-bangsa.

Dalam hukum adat  sejak tahun 1918 Prof. C Van Vollenhoven mempergunakan kata “Orang Indonesia” ( Indonesier) untuk menyebutkan orang-orang pribumi (Inlenders) yang ditulis dalam karya standartnya yang berjudul”Het Adatrecht Van Nederlands-insie

Tetapi dengan adanya penemuan dari Kreemer yang mengatakan bahwa nama indonesie (Indonesia) dan Orang-orang pribumi (Indonesier) itu ternyata sudah ada dan lebih tua umurnya daripada apa yang diperkirakan selama ini (sebelum Bastian). Dalam “Kolonial Weekblad” pada tanggal 3 februari 1927  dia mengemukakan bahwa penamaan Indonesie pertama kali berasal dari ahli ilmu bangsa-bangsa yang berasal dari Inggris bernama J.R Logan dalam karangannya yang berjudul “The ethnology Of the Indie Archipelago” yang dimuat dalam “Journal of the Indien Archipelago and Eastern Asia” yang terbit pada tahun 1850.

Dengan temuan Kreemer ini kita dapat meluruskan sejarah, yang selama ini dalam sejarah kata indonesia berasal dari Bastian, dengan temuan Kreemer kita dapat mengetahui bahwa bapak penemu kata indonesia sesugguhnya adalah J.R Logan yang memberikan nama Indonesie sebagai nama geografis dari kumpulan pulau yang berada di nusantara (Pada saat itu bernama India Belanda).

Sebenarnya sebelum itu nama indonesia pernah diungkapkan oleh G.W Earl yang menggunakan istilah “Indu-nesians” dan Malayunesians sebagai petunjuk unuk menamakan penduduk di kepulauan nusantara tetapi Earl tidak sampai pada penamaan indonesia untuk menamakan kumpulan kepulauan itu sendiri. Kesannya di Eropa(pada saat itu) Indonesie merupakan suatu kata yang berbau yunani akan tetapi untuk orang asia sendiri kususnya di nusantara diperkirakan nama indonesie berasal dari campuran Eropa dan melayu yaitu Indo dan Nusa (tanah tumpah darah).

Jadi kesimpulannya Muhammad Hatta berpendapat bahwa kata Indonesia ditemukan pertama kali oleh JR Logan yang berkebangsan Ingris 1850 sebelum Bastian seorang berkebangsaan jerman 1884 (merupakan pelurusan sejarah).

sumber: buku karangan  Muhammad hatta berjudul” Nama Indonesia (Penemuan Komunis?)”

2 thoughts on “Asal Nama Indonesia Dan Pelurusan Sejarah Oleh Muhammad Hatta”

  1. aku baru tahu kalau nama indonesia itu dari J.R Logan dari Inggris dimana artinya adalah gugusan pulau. Soal Komunis ataupun itu kayaknya gak penting

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *