Hujan Mateor Terjadi 22 September Pukul 01.00 – 05.30 WIB

hujan meteorHujan meteor merupakan suatu fenomena alam yang sangat menarik untuk diperhatikan dan dicermati,dari bentuk dan fenomena yang ada kita dapat lebih bersyukur karena ini adalah salah satu fenomena ciptaan Allah yang maha indah. Bila tidak mendung, langit malam ini akan berhias cahaya yang berasal dari hujan meteor Orionid. Pertunjukan alam tersebut akan tampak jelas menjelang Matahari terbit atau sekitar subuh nanti sekitar jam 01.00-05.30 WIB.

Adapun penyebab dari fenomena ini adalah  saat Bumi melintasi jalur yang dilalui Komet Halley. Di jalur itu terdapat serpihan-serpihan material komet yang berpijar dan tampak seperti hujan cahaya ketika masuk atmosfer Bumi. Sebagian material yang tersisa berukuran sebesar kacang, meski kebanyakan sebesar butir pasir. Dan fenomena ini terjadi setahun sekali

“Butiran debu komet yang bertabrakan dengan atmosfer akan memberikan lusinan hujan meteor tiap jam,” ujar Bill Coke dari pusat penelitian meteorid NASA, Selasa (20/10).

Namun begitu, masyarakat yang tinggal di kota akan melihat sedikit saja meteor karena cahaya “bintang-bintang jatuh” itu kalah oleh cahaya lampu kota. Lokasi terbaik menyaksikan hujan meteor adalah di daerah yang tidak terpolusi cahaya dengan cuaca cerah. atau didaerah pedesaan yang memiliki tingkat pencahayaan lampu yang masih jarang,atau di tengah hutan yang dapat dengan leluasa kita melihat cerahnya langit!

Waktu terbaik untuk menyaksikannya antara pukul 01.00 dini hari hingga menjelang subuh. Saat itulah sisi Bumi tempat kita berpijak berada tepat pada jalur orbit sehingga material di langit akan “tertangkap” atmosfer kita. Walau demikian, beberapa meteor mungkin tampak menjelang tengah malam.

Hujan meteor Orionid yang menjadi latar depan gugus bintang Orion, termasuk yang paling indah menghias langit malam. “Sejak 2006, Orionid menjadi tontonan menakjubkan dengan 60 atau lebih meteor tiap jam,” kata Cooke.

sumbwe: KMP

1 thought on “Hujan Mateor Terjadi 22 September Pukul 01.00 – 05.30 WIB”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *