Rescue Reel Tali Penyelamat Pada Gedung Bertingkat

rescue-reelKebakaran yang terjadi dan hampir tiap hari disiarkan oleh stasiun TV suasta banyak memakan korban,baik yang luka-luka maupun yang meninggal dunia, khusus untuk gedung-gedung bertingkat para perancang dan pembuat gedung biasanya membuat tangga atau pintu kelur darurat yang terletak di belakang bagunan, akan tetapi pemakaian tangga darurat tersebut kurang effektif untuk menyelamatkan korban dari ancaman api pada saat terjadi kebakaran hebat pada sebuah gedung bertingkat

Korban yang meninggal akibat terkurung di dalam gedung tinggi saat terjadi kebakaran dan bencana lain. Maraknya kasus itu membuat Kevin Stone tergerak untuk menciptakan Rescue Reel. Manfaatnya adalah menolong orang-orang yang terkurung di ketinggian untuk bisa menyelamatkan diri.
rescue_reel_2

Alat tersebut terinspirasi dari tali pancing. Ujungnya dilengkapi kail seperti kail umpan. Selain itu, terdapat alat penggulung untuk memanjangkan dan memendekkan tali. Bedanya, Rescue Reel dilengkapi alat pengereman untuk mengatur laju seseorang menuruni gedung (lihat gambar) dan prinsip kerjanya hampir sama dengan sistem SRT( Single Rope Technique (sistem pertolongan menggunakan Tali temali))
Bahan utama pembuatan Rescue Reel adalah aluminium dan plastik. Talinya terbuat dari bahan khusus untuk para pendaki sehingga tidak mudah putus. Jangan khawatir soal panjang tali. Sebab, 304 meter talinya diklaim cukup untuk turun dari lantai seratus sebuah gedung dengan selamat sampai ke tanah.

Alat seberat sepuluh kilogram itu hanya mampu mengangkut satu orang dengan berat minimum 13,6 kilogram. Berat maksimum yang sanggup diangkutnya sekitar 181,4 kilogram atau sekitar 13 kali lebih berat daripada alatnya sendiri.

Menurut sang produsen, alat itu bisa menuruni gedung 100 lantai dalam waktu 4 menit saja. Alat tersebut sudah lolos tes uji coba. Saat tidak dibutuhkan, alat itu bisa disimpan dengan mudah. Sebab, dimensinya hanya 37,6 x 34,3 x 22,4 cm, cukup kecil untuk disimpan di dalam laci kontainer bertingkat.

Cara kerjanya pun cukup mudah. Dengan begitu, kita tidak memerlukan latihan khusus untuk mengoperasikannya. Cukup kaitkan kail yang tersedia pada suatu tempat yang cukup kuat.

tapi kekurangan dari alat ini adalah kurang nyaman untuk di pakai dan juga tidak dianjurkan untuk dipakai oleh orangtua atau para penderita serangan jantung.

3 thoughts on “Rescue Reel Tali Penyelamat Pada Gedung Bertingkat”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *