Printer Ramah Lingkungan dengan Tinta Ampas Kopi

Teknologi yang ramah lingkungan terus digeber untuk mencegah kerusakan bumi. Seperti halnya printer ‘hijau’ ini yang tidak lagi memerlukan listrik dan cukup memakai ampas bubuk kopi sebagai tinta.

Konsep printer yang dinamakan RITI itu jadi salah satu unggulan dalam sebuah kompetisi tingkat dunia bernama Greener Gadget Competition. Sebab cukup dengan ampas kopi, pengguna diklaim bisa langsung mencetak dokumennya.

Penggunaan printer RITI tersebut cukup mudah. Awalnya, pemakai cukup memasukkan ampas kopi pada cartridge yang berada di atas printer.

Setelah kertas dimasukkan, pengguna cukup menggerakkan cartridge maju mundur untuk mencetak sehingga tak diperlukan energi listrik untuk mendayai piranti ini.

Dengan demikian pengguna printer tidak perlu lagi repot-repot membeli tinta konvensional. Hanya saja, konsep printer ramah lingkungan ini memang punya beberapa keterbatasan, misalnya tidak bisa mencetak konten berwarna. Tidak dijelaskan pula bagaimana ampas kopi bisa jadi substitusi tinta konvensional.

4 thoughts on “Printer Ramah Lingkungan dengan Tinta Ampas Kopi”

  1. Bisa tu di bikin berwarna, cartridgenya di kasih 3 lagi, terus di kasih selai nanas (kuning), Selai strawberry (merah), sama jus blueberry…. hehe…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *