Armada ke 5 Amerika di Timur Tengah

Saat ini hampir seluruh samudra di dunia telah dikuasai oleh angkatan laut AS dengan armada-armadanya. Berjumlah keseluruhan 5 armada yang masih berstatus siap, dan setiap armada memiliki tugas mengamankan seluruh kepentingan AS di berbagi dunia. Termasuk saat salah satu kapal induk dari armada ke-7 Amerika berlabuh di pantai Aceh saat terjadi bencana tsunami di Aceh. Mereka sudah berlabuh untuk melakukan misi kemanusiaan di Aceh. Saat bencana terjadi kapal induk amerika USS Abrahan Lincoln (CVN-72) yang termasuk ke dalam satuan US 7th Fleet yang bertugas di  Pasifik bagian barat hingga Samudra Hindia hingga cepat datang ke Aceh. 

Armada terkuat di Timur tengah ternyata buka arab saudi, namun ARmada ke 5 Amerika yang berada di Timur tengah. Armada ini awalnya untuk melindungi aset minyak di imur tengah waktu jaman perang dengan Jerman. Sempat mati suri pada tahun 90-an dihupkan kembali karena suasana timur tengah yang sedang kacau.

armada ke-5 Amerika

Sebagai gambaran Dron jadi salah satu unjung tombak penyerangan ISIS dari udara. Lebih dari 50 Kapal perang gabungan dalam memberatas teroris ISIS. Bertanggung jawab atas kekuatan amerika Serikat di Teluk Persia, Laut Merah, Laut arab, dan lepas pantai Timur Afrika sampai Kenya. Dibentuk pada Juli 1995 setelah 48 tahun dibekukan. Bermarkas di Manama, Bahrain yang merupakan bagian dari U.S Naval Force Central Command (NAVCENT) dan U.S Central Command (CENTCOM).Bersama NAVCENT armada ke-5 membentuk Combined Task Force.

Pada bulan Juni 2012 Angkatan Laut Amerika serikat menggandakan ukuran basis AL Amerika Serikat di Teluk Persia di Manama, Bahrain, yang menurut para pejabat akan sangat meningkatkan kemampuan Armada Ke-5 AL AS (US 5th Fleet), yang memiliki kantor pusat di negara pulau tersebut. Proyek ekspansi pangkalan militer AS ini menghabiskan dana 580 juta USD. Mereka mengatakan proyek telah dimulai sejak bulan Mei 2003 dan dijadwalkan selesai dalam lima tahun. Ekspansi ini akan memungkinkan pasukan AS untuk mengatasi meningkatnya jumlah ancaman di perairan strategis tersebut.

Saat ini Armada ke-5 sedang diuji dengan adanya koflik yang memanas di negara-negar Timur tengah. Secara diam-diam atau nyata armada ini tidak tinggal diam jika ada kepetingan Amrika yang terganggu disana.

Video tentang Armada ke-5

Gambaran kekuaran Armada ke 5 Amerika Serikat yang diulas oleh Tv One

https://www.youtube.com/watch?v=M6wm_B_Jzcc

1 thought on “Armada ke 5 Amerika di Timur Tengah”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *