Beda Port-port USB di Laptop atau Notebook

Laptop atau Notebook saat ini sudah semetinya memiliki port USB (Universal Serial Bus). Jumpah port yang dimilikipun berragam, umunya akan memiliki minimal 2 port, ada yang memiliki 3 atau 4 port juga. Sementara letak port USB ada yang disamping kana kiri pada umumnya, namun ada juga yang memiliki tambahan port di depan atau belakang.

Melihat dari versi USB umunya USB sekarang sudah  menggunakan USB versi 2 atau versi 3 yang jauh lebih cepat. Pada  USB 3.0 yang sering dsebut sebagai transfer “SuperSpeed” (SS) secara teori bisa transfer data hingga 5 Gbit/s (625 MB/s). Kecepatan USB versi 3 ini 10x lebih cepat dari USB 2.0. USB S.0 memiliki speed 480 Mbit/s atau setara dengan 60 MB/s). Konektor USB 3.0 dibedakan dengan USB 2.0 mereka dengan memiliki wadah dan colokan warna-kode warna biru dan kode “SS”. Sementara standard USB 3.1 telah di release July 2013 dengan transfer hingga 10 Gbit/s atau 1.25 GB/s disebut sebagai “SuperSpeed+”.

Beberapa port USB ada yang aktif saat latop sedang mati dalam konsi ter cahrger, sehingga bisa dipakai untuk mencharge Smartphone atau HP. Munkin kedepan atau sudah ada laptop yang bisa dipakai sebagai batrre bak (power bank) pada USB-nya. Sehingga saat laptop mati bisa saja menggunakanpoer USB untuk mensuplay power ke gadget anda. Saat beli laptop anda pastikan tanya tetang USB ini untuk pengetahuan anda dan perangkat anda saat ini mengguna USB versi berapa.

manfaat USB 3.0, Nantinya Semua transfer data yang memerlukan kecepatan tinggi akan membutuhkan USB 3.0. Dengan kecepatan transfer yang sangat cepat. USB 3.0 mampu menghemat waktu secara signifikan dengan super speed+. Pada penerapannya sebagai kabel charging, USB 3.0 dipercaya mampu meningkatkan performa dan kecepatan charge perangkat. Beberapa perangkat anyar seperti Samsung Galaxy Note 3 telah menggunakan teknologi ini.

Perangkat yang menggunakan teknologi USB 3.0 secara umumnya dapat bekerja dengan baik pada PC dengan port USB 2.0. Hanya tentu saja kecepatan transfer akan mengikuti standar USB 2.0.

Sumber gambar : http://www.usbcompany.co.uk/

1 thought on “Beda Port-port USB di Laptop atau Notebook”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *