Cara Alami Membersihkan Pencernaan Tubuh Manusia

tubuhSebagai salah satu sistem yang penting bagi tubuh manusia, organ sistem pencernaan harus selalu dijaga kesehatannya. Salah satunya dengan cara membersihkannya dengan cara-cara yang alami. Seperti apa saja contohnya?

Menurut Lisa Guy, ahli gizi, untuk menjaga kesehatan optimal sistem pencernaan maka hal yang penting diperhatikan adalah keseimbangan yang sehat dari flora usus atau bakteri baik. Bakteri ini diperlukan tubuh manusia untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat serta menjaga fungsi kekebalan tubuh manusia, seperti dikutip dari Body and Soul, Sabtu (29/3/2014) :

Pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat (termasuk ragi serta parasit) umumnya disebabkan oleh pola makan yang buruk, stres, penggunaan antibiotik berlebihan, atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

Bakteri jahat ini menghasilkan racun yang menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran pencernaan. Pada akhirnya kerusakan ini menghambat penyerapan gizi serta melemahkan fungsi kekebalan tubuh manusia. Nah, beberapa asupan alami yang dapat dikonsumsi untuk membantu ‘membersihkan’ usus serta sistem pencernaan di antaranya adalah:

  1. Bawang putih : Asupan ini diketahui mematikan parasit dari usus. Ia memiliki kandungan antibakteri, yang menghambat pertumbuhan jamur serta virus. Bawang putih juga memiliki manfaat tambahan yang membantu meningkatkan perkembangan bakteri baik di dalam usus
  2. Kelapa, Buah ini juga diketahui dapat membantu membunuh parasit dari saluran pencernaan. Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah (kaprilat, kaprat, serta asam laurat) yang merupakan kandungan antijamur, bermanfaat untuk mengobati infeksi jamur di organ sistem pencernaan.
  3. Lidah buayaLidah buaya memiliki racun serta pembersih alami yang membantu usus mempertahankan fungsi pencernaan sehat. Lidah buaya juga memiliki pencahar alami, membuatnya bermanfaat bagi orang yang rentan terhadap sembelit kare, na mampu menghilangkan racun serta parasit dari usus secara efektif.
  4. Serat serta probiotik, Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi serat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Sementara probiotik penting dikonsumsi untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Probiotik bisa didapat dari yoghurt serta miso.

Sumber detik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *