Gambaran Pengeloaan web secara Profesional

Membuat web itu mudah, namun mempertahankan dan menjadikan web menjadi lebih maju lagi itu adalah sebuah tantangan. Membuat web itu juga murah, namun menjadikan web tadi menajdi web yang mempunyai niali jual tinggi itu tidak murah. Bisnis web salah satunya dalah bisnis Konten web. Web akan memiliki nilai jika konten web dianggap bernilai oleh pembaca.

Selain Konten bisnis web adalah bisnis layanan/jasa. Jasa apa yang menarik untuk dijual bagi pembaca. Antara konetn dan layanan/jasa bisa saj di campur (mixing) itu tergantung pengemasan dari pemilik web. Namun dibalik itu ada hal inti yang perlu diketahui. Sebuah web bisa makin amju dan tetap maju karena memilki VISI dan MISI yang bagus. Sehingga pemilik web bisa mewujudkan misa dan visi ini. Jika belum punya adan bisa rumuskan hal ini dengan TIM ini anda, sebenarnya mau dibawa kemana web anda ini?

Berikut ini adalah sebagai Gambaran saja tentang Pengeloaan web secara Profesional. Tidak ada yang sama persis antara pengelolaan web satu dengan yang lain. Tiap web miliki karakteristis yang berbeda. Semua punya seni masing-masing dengan gaya mereka sendiri. Sebagai gambaran tenis berikut ini adalah contoh gambaran pengelolaan web untuk Portal Berita (news).

  1. Pengelola Inti (pengurus web) bisa jadi ini adalah TIM atau pemilik web yang membuat/merencanakan web dari awal. Bekerja pada tingkatan manajerial. Tidak harus memiliki kemampuan teknis web namun lebih menojolkan kemapuan manajerial dan organisasi,
  2. Editor Web bertugas melakukan editing berita dan informasi yang disampaikan oleh kontributor. Bisa jadi melakukan Approving berita dari kontribitor berita. Pada web yang besar jumlah editor bisa diseuaikan dengan kebutuhan.
  3. Customer Service melakukan inetraksi dengan pihak diluar anda. Bisa jadi interaktif dengan Pembaca biasa, rekanan, pemasang iklan, pemberi informasi dan lain sebagainya.
  4. Web marketing antara lain memasarkan web kita supaya lebih banyak yang akses dan juga mencari relasi untuk bisa pasangan iklan di web kita. Dari kerja marketing ini Web kita bisa mendapatkan pemasukan.
  5. Adanya Kontributor Berita merupakan penyumbang konten, dari kontributir ini web kita bisa kaya dengan informasi. Para kontributor tidak harus berada di tamat kita. Dia bisa berada dimana saja. Tidak harus orang tetap/kontrak, bisa jaid orang bebas. Misalnya kontributor bisa saja di bayar hanya berdasar kontributsi informasi yang dikirimkan. Gambarannya setiap kontributor dibayar per kontribusi berita. Namun bisa juga dibayar tetap per bulan berapa Rupiah atau di kombinasikan.
  6. Staf teknis yang memelihara akses web tetap berjalan normal. Staf teknis ini bisa jadi tugasnya cukup berat misalnya : menjaga server tetap hidup, bisa diakses, perbaikan tampilan dan web, web designer, web programmer , menjaga keamanan server dan masih banyak yang lain. Staf teknis web bisa aja sangat spesifik atau staf umum. Pada web yang sudah besar bisa jadi ada banyak staf tekni untuk mengelola web.

Itu hanya gambaran awal tentang pengelolaan web secara profesional, sebenarnya cukup banyak certa tentang pengelolaan web ini namun karena keterbatasan saya hanya bisa menuis sampi disini dulu. Jika ingin inetraktif anda bisa gunakan form dibawah ini (imam)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *