5 Tips Me Time bagi Remaja

Jika kamu sebagai seorang Remaja tentunya memiliki beragam aktivitas sehar-hari. Namun ada kalanya merasa jenuh banget dengan aktivitas. Apalagi dengan kegiatan yang rutin (kayak gitu terus). Atau kegiatan kita tidak beraturan, sering ada kegiatan yang bentrok. Lalu mungkin muncul rasa jenih, masalahnya bagaimana mengatasi Rasa jenuh?

Ada istilah populer di kawula remana namanya Me Time. Me Time adalah sering diartikan waktu khusus bagi kita dimana kita bisa menyalurkan kepenatan, kreativitas, dan hal-hal lain yang berbau kita banget. waktu dimana kita memiliki saat yang tidak diganggu oleh kesibukan atau diganggu oleh orang lain.

Bagi Sebagian orang Me Time sangat penting dan berpengaruh untuk aktivitassehari-hari. Berikut ada beberapa tips agar kita memiliki Me time yang cukup sehingga siap menajalani hari dengan semangat dan sempurna.

1. Buat Manajemen Waktu yang baik

Memang terlihat sederhana (sepele) tetapi kalau kita terbiasa menulis dan menjadwal daftar kegiatan dalam sehari-hari, maka akan menjalani hari dengan teratur dan terencana. Sehingga alokasi waktu juga bisa lebih terlihat.

2. Tetapkan Reminder

Jika sudah membuat jadwal kegiatan maka selanjutnya adalah menyiapkan alat yang bisa mengingatkan. Mengapa perlu, kerena sebagian besar kita adakalanya pelupa. Misalnya dengan bantuan Handphone yang umunya sudah ada fasilitas Reminder. Jadi tinggal masukan data di Handphone (HP), nanti HP akan memberikan alarm secara otomatis. Fungsi pengingat adalah supaya kita mematuhi dengan jadwal yang kita buat sendiri.

3. Batasi waktu Me Time

Me Time memang penting, tetapi jika terlalu lama tidaklah baik. Jadwal yang lain mungkin akan molor dan rencana-renvana lain bisa jadi menjadi berantakan, tertunda atau gagal. Selain juga mungkin ada faktor Psikologis yang tidak baik jika waktu sendiri terlalu lama dan kurang bersosialisasi. Makanya perlu ada pembatasan.

4. Makan dan istirahat yang cukup

Hampir semua kegiatan terutama yang yang masih sekolah baik intra/ektra kurikuler di sekolah/kampus memerlukan tenaga. Tenaga bisa berupa Tenaga Fisik atau fikiran. Makanya perlu makan dan istirahat yang cukup supaya cukup energi untuk kegiatan selajutnya. Jadi kita tetap siap meskipun dalam sehari sangat sibuk, sehingga tidak ada waktu untuk Me Time.

5. Jangan Lupa Berdoa

Minta kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalani hari-hari kita. Dan berdoa agar Tuhan senantias meridoi apa yang kita perbuat. Berdoa dan beribadah sesuai agama dan keyakina kita supaya dijauhakan dari hal-hal yang egatif ketika kita sedang Me Time.

Ada yang meu menambahkan Tips Me Time yang lain, oke boleh kog kometar di Bawah ini.

Diresume dari KR Jogja

3 thoughts on “5 Tips Me Time bagi Remaja”

  1. Pingback: Kecerdasan « 9nasihat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *