Piala Dunia….Riwayatmu Doeloe

Pesta Olah raga terbesar dunia, Piala dunia baru saja mulai dibuka. Banyak prediksi-prediksi yang bermunculan siapakah yang bakal menjadi pemenang dalam kancah piala dunia 2010 yang berlangsung di benua hitam ini. Saking populernya Piala dunia banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia, ulai dari kalangan Bisnis kelas atas sampai kalangan bisnis gurem,mereka berharap mendapatkan pengarus positif dari ajang piala dunia ini.

Tapi Olah raga terpopuler didunia ini dari manakanh asalnya?? hanya sebagian kecil saja yang tau! Banyak penafsiran yang telah terjadi mengenai asal olah raga ini, Suku Indian juga memiliki cerita tentang ini, Dulu setiap epala musuh yang terpenggal dalam perang suku yang menang menjadikan kepala tersebut sebagai mainan diglinding-glindingkan bahkan ditendang.

Beberapa dokumen juga menyebutkan bahwa sepak bola sudah ada pada jaman romawi purba, Di Chinapun telah ada permainan ini sekitar abad ke dua dan ketiga sebelum masehi. Tapi untuk versi resmi FIFA (Badan sepak bola dunia) menytakan bahwa sepak bola berasal dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Olah raga ini saat itu dikenal dengan sebutan “tsu chu “.

Dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat Cina telah mengenal permainan bola yang disebut tsu chu. Tsu sendiri artinya “menerjang bola dengan kaki”. sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Permainan bola saat itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang dan menggiring dan memasukkanya ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang.

Versi sejarah kuno tentang sepak bola yang lain datangnya dari negeri Jepang, sejak abad ke-8, masyarakat disana telah mengenal permainan bola. Masyarakat disana menyebutnya dengan: Kemari. Sedangkan bola yang dipergunakan adalah kulit kijang namun ditengahnya sudah lubang dan berisi udara.

Menurut Bill Muray, salah seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.

Sisi sejarah yang lain adalah di Yunani Purba juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.

Sejarah sepak bola modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, asal muasalnya dari Inggris, yang dimainkan pada pertengahan abad ke-19 pada sekolah-sekolah. Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu: Sheffield Football Club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola.

Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan Peraturan permainan bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton.

Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia, yaitu: International Football Association Board (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.

Sejarah sepak bola semakin teruji hingga saat ini IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola, baik tentang teknik permainan, Syarat dan Tugas Wasit, bahkan sampai transfer perpindahan pemain.

FIFA (Badan Sepak Bola Dunia)

Badan sepak bola dunia FIFA pertama kali didirikan pada tanggal  21 Mei 1904 di Perancis  dengan anggota yang sangat terbatas yaitu Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss dan Swedia. dengan Presiden pertamanya adalah Roberd Guerin.

Piala dunia pertama kali diselenggarakan  26 mei 1928 di Amsterdam, dalam kongres FIFA tersebut diputuskan bahwa turnamen yang dapat diikuti oleh semua anggota FIFA harus dilangsungkan. Setahun kemudian di Barcelona, diputuskan bahwa Uruguay, juara olimpiade dan dalam era keemasannya, akan menjadi tuan rumah Piala Dunia yang pertama  sekaligus untuk memperingati 100 kemerdekaan mereka setahun sebelumnya.

Hanya 13 negara yang mengikuti turnamen ini, dengan mayoritas berasal
dari Amerika Selatan dengan diwakili 9 negara. Montevideo menjadi
satu-satunya kota penyelenggara dengan menyediakan tiga stadion. Dan
seperti diperkirakan sebelumnya, negara-negara dari Amerika Selatan
mendominasi turnamen ini, meskipun penampilan tim-tim dari Eropa tidak
bisa dikatakan memalukan. 100.000 penonton memadati Stadion Centenario
untuk menyaksikan pertandingan final tanggal 30 July untuk menjadi
saksi bagaimana Argentina membuang keunggulan 2-1 dibabak pertama untuk
kemudian kalah 4-2 dari Uruguay. Jules Rimes, Presiden FIFA sekaligus
pencetus Piala Dunia, menyerahkan tropy kepada Kapten tim Jose Nazassi
dan lahirlah turnamen terakbar dalam sepakbola.

Sekarang Organisasi FIFA adalah Organisasi terbesar Olah raga didunia da telah menyelenggarakan piala dunia sebanyak 19 kali dan telah diikuti oleh 32 peserta dari 32 negara didunia.

Piala Dunia 2010

Piala Dunia FIFA 2010 adalah Piala Dunia FIFA ke-19, suatu kejuaraan sepak bola internasional, yang putaran finalnya berlangsung pada 11 Juni sampai 11 Juli 2010 di Afrika Selatan. Ini adalah pertama kalinya turnamen ini diselenggarakan oleh negara yang terdapat di wilayah konfederasi CAF, sehingga menyisakan OFC sebagai satu-satunya konfederasi yang belum pernah menyelenggarakan Piala Dunia FIFA.

Pada 14 Mei 2004, Tunisia mundur setelah tidak diperbolehkan untuk menjadi tuan rumah bersama dengan Libia.

Pada 15 Mei 2004, Komite Eksekutif Fédération Internationale de Football Association di Zurich memilih dengan hasil 14 suara berbanding 10 untuk kemenangan Afrika Selatan atas Maroko. Mesir tidak mendapatkan suara. Libya didiskualifikasi dari pemilihan setelah negara tersebut menyatakan hanya mau menjadi tuan rumah bersama dengan Tunisia.
Dan kabarnya Indonesia pun mengajukan diri untuk Piala dunia yang ke 20 ini merupakan kebanggaan walau dunia sepak bola indonesia mengalami kemunduran sejak era 90-an tapi bangsa kita telah berani mengajukan sebagai Tuan Rumah piala dunia, Ada pepatah…jadi tuan rumah dulu baru sepak bola kita maju!!!

1 thought on “Piala Dunia….Riwayatmu Doeloe”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *