Mama Lorence Korban Hoax

mama-laurentHoax adalah berita yang disebarkan di internet dan media komunikasi lain seperti HP,Email, Situs/web atau Black berry yang kebenaranya tidak dapat dipertanggung jawabkan tujuannya untuk mendapatkan perhatian para browser(baca hoax berita menyesatkan didunia maya). Berita ini kadang-kadang menyesatkan dan juga berbau hal-hal yang besar dan tidak masuk akal (baca ciri-ciri hoax).

Baru-baru ini beredar kabar bahwa” Fly Over atau pasopati atau jembatan layang terpanjang dibandung menurut Mama Lorence akan runtuh dan akan mengakibatkan korban yang melebihi sunami aceh dan gempa padang dan peristiwa ini akan terjadi pada tanggal 13-14 Nopember 2009 atau hari jum’at kemarin dan hari sabtu ini (pada saat tulisan ini di buat), menurut si penyebar berita Mama Lorence rela mati dan rela untuk pindah agama apabila berita dan ramalan ini bohong.

Kalau kita cermati di berita ini hal ini sesuai dengan ciri-ciri Hoax, si pengarang cerita membubuhi tempat umum yaitu jembatan layang /fly over di kota bandung yang sudah banyak dikenal orang, dan membubuhi hal yang tidak masuk akal dengan mengatakan bahwa korban yang terjadi melebihi sunami di aceh!kalau kita cermati dari sini timbulah sesuatu yang berlebihan dan lebai atau mengada-ada, bagaimana tidak, kita tahu bahwa korban sunami di aceh mencapai 200 ribu jiwa sedangkan orang pengguna/yang lewat dijembatan layang dan yang berada disekitarnya aja 500 orang kemungkinan gak ada apalagi mencapai 200 ribu orang!

Di konfirmasi dikediamannya oleh team Silet Mama lorence membantah keras hal tersebut, menurutnya Dia sama sekali tidak pernah mengeluarkan statment murahan yang meresahkan banyak orang, Mama lorence hanya mengeluarkan statment melalui surat kabar atau TV dan bukan dengan gaya murahan menyebarkannya melalui SMS yang gak jelas kayak begitu dan Mama lorencepun mengatakan Kalaupun ia mengeluarkan statment tidak akan meresahkan orang banyak.

Mengenai pernyataan yang mengatakan Mama Lorence bersedia Mati atau pindah ke agama lain membuat Mama Lorence Marah besar dan mengutuk perbuatan orang yang mengarang berita ini, karena hal ini bukan hanya merugikan bagi dirinya tetapi juga merugikan bagi seluruh rakyat indonesia kususnya orang yang berada disekitar bandung karena telah meresahkan. Dan menurut dia dalam melakukan atau meramalkan sesuatu Mama Lorence gak pernah melakukan hal murahan yang bodoh sampai rela mati segala atau bahkan pindah agama, Saya adalah seorang Muslim dari kecil, suami dan anak saya serta Cucu-cucu  saya samapai detik ini adalah masih seorang muslim dan InsyaAllah kami tidak akan pindah agama ucapnya dengan nada agak tinggi.

Hal ini sangat wajar kalau memicu kemarahan Mama Lorence karena mama lorence merasa dia difitnah dan ada orang-orang yang memanfaatkan namanya untuk meraih keuntungan semata, dugaan ini bermotif Bisnis.

Kalau dilihat dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa Hoax atau berita bohong yang disebarkan akan berdampak suatu hal yang besar dan merugikan berbagai pihak serta menimbulkan kerugian dan keresahan bagi browser yang membacanya berita hoax juga pernah menyatakan bahwa putra mahkota Inggris pangeran willian meninggal dunia hal ini juga sempat mengagetkan dan menggemparkan masyarakat inggris!,celakanya lagi kalau berita ini langsung dipercaya tanpa di filter dan tersebar ke masyarakat banyak, bisa-bisa nama orang lain menjadi korban!

sepatutnyalah mulai sekarang para browser lebih selektif dalam memilih informasi yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya jangan menelan mentah-mentah berita-berita bohong yang merugikan tersebut. Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua.

disarikan oleh pandji sumber SILET RCTI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *