Peringatan 20 Tahun runtuhnya Tembok Berlin

berlin-wallTembok Berlin (bahasa Jerman: Die Berliner Mauer) merupakan tembok di tengah-tengah bandar Berlin.tembok ini adalah pembatas antara jerman timur dan jerman barat.Tembok Berlin menjadi ikon atau simbol kepada Perang Dingin , mula dibina 13 augst 1961 dan diruntuhkan kemudian pada 9 November 1989.

Ia menjadi tirai besi dan menjadi garisan sempadan antara Jerman Barat dan Jerman Timur selama 28 tahun. Kekejaman-kekejaman yang terjadi di antara tembok ini sempat membuat warga jerman trauma.

Tembok Berlin diarahkan pembinaannya oleh pemimpin Jerman Timur yaitu Walter Ulbricht dan disetujui oleh pemimpin Rusia ketika itu Nikita Khrushchev.

Para pemimpin dunia di masa lampau dan sekarang ikut bersama warga Jerman, Senin (9/11) untuk merayakan 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin — simbol penuh Perang Dingin yang memisahkan sebuah kota dan sebuah benua.

hist_berlin_wallKenangan 9 Nopember 1989 mendominasi suratkabar Jerman pada akhir pekan dan stasiun-stasiun televisi menayangkan program demi program liputan dokumenter, laporan saksi mata dan panel pembahasan seputar kejadian yang mengubah wajah Eropa.

Tembok Berlin bertahan selama hampir tiga dekade, simbol paling kuat pemisahan Perang Dingin. Keruntuhannya disusul tumbangnya komunisme di seluruh wilayah Eropa timur. Jerman Timur mulai membangun tembok itu pada 31 Agustus 1961 dalam upaya mencegah pelarian orang ke Barat.

Menjelang tahun 1989, tembok itu membentang hampir sejauh 155 kilometer mengelilingi Berlin Barat, termasuk 43 kilometer melalui kota itu sendiri. Dengan tinggi 3,6 meter, tembok tadi diperlengkapi ratusan menara pengawas, berkilometer parit anti-kendaraan, bunker, kawat duri, pagar sinyal dan rintangan-rintangan lainnya.

sejarah dan peristiwa seputar Tembok Berlin:
*     1945: Perang Dunia II berakhir. Berlin — yang terletak jauh di dalam sektor timur Jerman yang baru terbagi dua di Soviet — masuk dalam sektor Amerika, Inggris dan Prancis di Barat, dan sektor Soviet di Timur.(akibat pebgaruh kekalahan jerman pada perang dunia 2
*     1949: Dua negara baru Jerman terbentuk: Jerman Timur — lebih dikenal sebagai Republik Demokratik Jerman; dan Jerman Barat — Republik Federal Jerman.
*    1952: Prihatin dengam arus orang yang masuk ke Barat — sekitar 2,5 juta orang melarikan diri antara tahun 1949 dan 1961 — Jerman Timur menutup perbatasan antara JermanTimur dan Barat, tapi penyeberangan masih mungkin terjadi di beberapa tempat.dan pada saat inilah mulai dijaga dengan ketat dan keras bagi siap saja yang menyebarang tanpa ijin akan ditangkap atau ditembak
*    15 Juni 1961: Pemimpin Jerman Timur Walter Ulbricht mengumumkan “tak seorangpun boleh membangun tembok.”
*     13 Agustus 1961: Pasukan Jerman Timur mulai menutup sektor timur Berlin dengan kawat duri dan perintang jalan untuk memulai pembangunan Tembok Berlin.
*    24 Agustus 1961: Orang pertama ditembak mati saat mencoba menyeberang. Guenter Liftin, 24 tahun, tewas dibunuh oleh pengawal perbatasan Jerman Timur dekat rumahsakit Charite pusat kota. Sedikitnya 136 orang tewas saat mencoba menyeberang; ribuan lagi berhasil menyelamatkan diri mereka.
*    1962: Pekerjaan dimulai pada tembok tahap kedua, termasuk pagar sekitar 100 meter menjorok ke dalam wilayah Jerman Timur untuk membuat “jebakan maut” antara kedua perintang.
*    26 Juni 1963: Presiden John F. Kennedy mengunjungi kota terbagi dua itu, menyatakan turut bersolidaritas dengan Berlin Barat dengan ucapan terkenal: “Ich bin ein Berliner.”
*    1965: :Pembangunan tembok tahap ketiga dimulai, menggunakan beton.
*    1975: Pekerjaan pembangunan tembok tahap keempat dimulai, menggunakan segmen beton saling mengikat, dan juga menambah menara pengawas dan pertahanan-pertahanan lainnya.
*    19 Januari 1989: Pemimpin Jerman Timur Erich Honeker mengumumkan tembok itu bisa bertahan 100 tahun lagi.
*    Musim panas 1989: Ribuan orang Jerman Timur lari ke Jerman Barat melalui Hongaria.
*    9 Nopember 1989: Jerman Timur membuka pos-pos pemeriksaan Tembok Berlin.
*    3 Oktober 1990: Jerman Timur dan Barat bersatu kembali.

Kini setelah 20 tahun runtuh dan setelah Jerman bersatu tembok berlin menjadi suatu tugu peringatan yang layak dijadikan pelajaran untuk kaum muda jerman pada masa kini, Kini masyarakat jermanpun dapat bebas melangkah menyeberangi tembok yang tinggal beberapa meter saja dan tembok berlinpun dijadikan sebagai tempat wisata sejarah bukan saja di jerman akan tetapi di Eropa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *