Korozz Robot Ular Andalan Israel

imagetempointeraktifcomAda-ada saja kreatifitas para ilmuwan yang bergerak dalam dunia Intelejen atau agen rahasia atau yang bergerak di Dinas pertahanan dan keamanan, Baru beberapa lalu amerika meluncurkan robot berbentuk anjing yang berfungsi sebagai mata-mata dan pendeteksi BOM (Baca Kompas awal Mei) kino Militer Israel Telah mendesain sebuah robot inovasi terbaru yang bertugas sebagai  mata-mata menyerupai ular. Kemampuan robot ular ini adalah mampu menjadi mata-mata bahkan untuk menanam bom di tempat musuh.kenapa dipilih ular sebagai bentuk dari prototipe robot ini,karena ular merupakan binatang melata yang gerak-geriknya jarang terdeteksi sebab ular berjalan dengan merayap.

Menggunakan alat kontrol jarak jauh, robot reptil ini mampu menerobos lobang gedung untuk mendapatkan informasi dari musuh. Perangkat militer Israel ini ditayangkan di stasiun televisi Israel Kanal 2 dan sudah beberapa kali di Uji Coba.

Selain merayap, robot ular ini mampu menegakkan lehernya mirip teleskop kapal selam kalau dilihat gerakan ini mirip dengan ular cobra. Para peneliti mempelajari pergerakan ular untuk meyakinkan bahwa robot ini mempunyai gerak-gerik yang sesuai dengan bintang melata itu.

Tentara bisa mengontrol robot ular melalui remote dari laptop dan dapat mengikutinya dari apa yang dilihat robot yang melihat dengan kamera video yang memiliki tingkat penangkapan gambar yang canggih, yang telah dipasang pada sisi kepala robot ular ini.

Video acara ini mendapat kunjungan mencapai ribuan di YouTube, setelah diposting dengan panggilan “Korozzz”.

Departemen Pertahanan Israel merencanakan robot ini menjadi salah satu unit model perlengkapan perang, yang juga dapat digunakan untuk menemukan orang yang terjebak dalam gedung, dan orang tawanan musuh (pembebasan tawanan).

Peneliti Israel dari Universitas Ben-Gurion terinspirasi desainnya dari proyek robot hewan. Universitas ini tidak hanya mengembangkan robot ular tetapi juga kucing dan anjing dengan nama “dog-droid” –yang dapat merespons gerakan manusia.

bagaimana dengan indonesia walaupun sedikit ketinggalan mahasiswa kita sudah dapat membuat robot pemadam kebakaran (walaupun cuma Prototipenya)dan perlu pengembangan lebih lanjut, siapa tau bangsa kita bisa membuat robot mata-mata yang berbentuk capung atau lebah,bahkan kemungkinan semut ….semoga!!!

sumber: Tempo

3 thoughts on “Korozz Robot Ular Andalan Israel”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *