Xacti VPC-HD2000 Kamera Mungil dengan Kemampuan maximal

kameraSebuah produk kamera yang mungil dengan kemampuan yang handal. Sanyo menamainya Xacti VPC-HD2000. Inilah satu dari enam kamera video seri Xacti yang diluncurkan Sanyo pada pertengahan Maret lalu.

Lantas di mana letak “kesaktiannya”? Jawabannya ada pada predikat “dual camera”. Seri Xacti adalah kamera video yang mampu menampilkan keunggulan kamera video dan kamera digital secara seimbang.

“Peluang kami adalah hasil riset yang mengatakan ke depan orang hanya akan membawa satu alat di mana kemampuan camcoder dan kamera digital sama bagusnya,” kata Joshua Siregar, Marketing Manager PT Datascrip, distributor Sanyo.

Kamera digital yang mampu merekam video atau sebaliknya memang bukan isu baru. Namun, selama ini penggabungan itu harus mengorbankan salah satunya.
xactihd2
Artinya begini, sebuah kamera digital yang mampu merekam video biasanya hanya sanggup menyajikan kualitas terbaik pada foto digital, sedangkan rekaman videonya beresolusi rendah dan lambat. Begitu pula sebaliknya.

Para peneliti dari Sanyo mencoba memecahkan persoalan tersebut. Mari kita lihat model HD2000, kamera yang selama dua pekan terakhir “menemani” Tempo.

Hasil rekaman video dan foto digitalnya memang memperlihatkan kualitas yang berimbang. Kamera ini mampu merekam video beresolusi sampai definisi penuh, yaitu 1.920 x 1.080 piksel.

Mesin CMOS (complementary metal-oxide-semiconductor) membuatnya tak hanya menghasilkan 1080i (interlaced), tapi juga 1080p (progresif). Tak aneh alat itu mampu mencapai kecepatan 60 frame per detik.

Rekaman foto digitalnya mencapai resolusi 12 megapiksel (4.000 x 3.000). Namun, pengguna bisa merekam beberapa jepretan sekaligus dalam satu tekanan shutter melalui fitur High-Speed Sequential Shooting.

Fitur ini bisa memotret 6 frame per detik pada mode 8 megapiksel atau 12 frame per detik pada mode 4 megapiksel. Untuk video, fitur ini menghasilkan rekaman gerak lambat, namun dengan kecepatan video 240 frame per detik sampai 600 frame per detik. Alhasil tampilannya tetap jernih dan detail.

Pembesarannya (zooming) juga menarik. Alat itu mampu melakukan zoom video 16 Advanced yang lebih luas jangkauannya ketimbang 160 kali pembesaran digital standar. Untuk foto, alat itu mampu melakukan zooming lensa sampai 10 kali.

Tenaga baterai kamera ini terbilang hemat. Camcoder ini sanggup merekam video secara berkesinambungan selama 135 menit.

Kemampuan ini ditunjang oleh kapasitas penyimpanan yang mengandalkan kartu memori SD yang mendukung sampai 32 gigabita. “Memori silikon itu memiliki kelebihan karena kecil, antiair, kompatibel dengan komputer, dan tahan banting,” kata Joshua.

HD2000 berdesain vertikal dengan pegangan seperti gagang pistol. Dengan model seperti itu, kebanyakan operasi dilakukan dengan ibu jari. Pusat pengoperasian ada di bagian punggung pada sebuah bidang bundar.

Shutter kamera digital berada berdampingan dengan camcoder. Lalu di sisi-sisinya ada pengatur zoom, menu, pilihan rekam atau memutar, dan penampil foto.

Di bawah bidang bundar ini ada “tongkat” navigasi kecil. Dengan tongkat itu, kita bisa memilih-milih video dan foto, lalu menampilkannya di layar LCD 2,7 inci di perangkat atau langsung di layar televisi.

Kemampuannya menampilkan menu video dan foto langsung di televisi adalah nilai lebih tersendiri. Format movie membuat berkas video bisa langsung diunggah ke komputer, situs jejaring sosial, maupun perangkat pemutar multimedia, serta dicetak langsung.

Proses transfer itu tak bisa dilakukan langsung di tubuh kamera karena port-nya ada di docking. Seandainya semua port ini ada di tubuh kamera, rasanya akan jauh lebih memudahkan. Kamera ini dijual seharga Rp 8,8 juta.

sumber : Tempo aktif

2 thoughts on “Xacti VPC-HD2000 Kamera Mungil dengan Kemampuan maximal”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *