Tidur Yang Berkualitas Membuat Tubuh Lebih Sehat

Banyak sekali artikel-artikel yang membahas tentang bagaimana tidur anda lebih berkualitas dalam artikel ini juga akan dibahas, tapi menurut pendapat saya inti dari tidur yang berkualitas ada pada Otak kita karena semua sistem organ dan sistem yang terdapat dalam tubuh kita atur dan dikendalikan dalam syaraf-syaraf di Otak kita. dengan Otak yang sehat akan berpengaruh pada kesehatan seluruh sistem dalam tubuh kita: berikut ada tips bagaimana cara tidur yang lebih berkualitas.

1. Pergilah ke tempat tidur hanya bila mengantuk

2. Jangan makan, menonton, membaca atau melakukan kegiatan lainnya (kecuali berhubungan seks) di tempat tidur.

3. Selalu bangun tidur tepat waktu, pada pukul berapa pun Anda pergi tidur. Karena, ini akan merusak jam biologis Anda. Toleransi sebaiknya tak lebih dari 1 jam. Bila Anda masih butuh tambahan waktu dan mengantuk di siang hari, tidurlah selama setengah jam.

4. Sebaiknya hindari mengkonsumsi soda, the, kopi, alcohol, ataupun obat – obatan, menjelang tidur itu bisa membuat tidur terganggu. Missalnya obat bisa membuat anda harus serring buang air atau yang bisa merangsang otak.

5. Tata linkungan hidup anda senyaman mungkin, perhatikan kondisi cahaya, suara, dan suhu. Ketiga faktor itu mempengaruhi irama sirkadian, cahya yang masuk mata akan merangsang otak untuk aktif bekerja. Begitu pula dengan suara dan suhu. Semua itu bervariasi pada setiap individu.

6. Pergunakanlah parfum ruangan yang lembut yang sesuai dengan kesenangan kalian seperti aroma melati, aroma kayu harum, cendana dan lain-lain. karena ada beberapa penelitian dengan menggunakan aroma wangi ternyata terbukti menentukan seberapa nyenyak tidur kita dan mimpi yang kita alami.

7. Masih ingat kebiasan yang di ajarkan oleh orang tua untuk meminum segelas susu hangat sebelum tidur? Nah, menurut gotmilk.com, dari penelitian yang di terbitkan American journal of clinical nutrition, susu terbukti mengandung alfa laktalbumin dan triptofan. Protein tersebut membantu otak untuk beristirahat dan menimbulkan efek segar ketika bangun di pagi hari.

8. Kenali tubuh sendiri. Anda yang bisa menentukan apakah mengalami ganguan tidur atau tidak. Jika merasa suda sangat terganggu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter jiwa

9. Hindari mengkonsumsi obat-obat perangsang agar kita dapat tidur (Obat tidur) karena obat tidur dapat menyebabkan ketergantungan dikemudian hari.

10. Sebelum tidur lakukan pendekatan kepada sang pencipta dengan berdoa, berzikir, atau hal-hal lain yang dapat menentramkan pikiran dan jiwa.

11. Posisi tidur yang benar adalah tubuh miring ke kanan dengan kaki bagian atas di tekuk, dan tangan kiri sebagai bantal. Tidur dengan posisi ini akan mengalirkan darah ke otak dengan sempurna, karena posisi kepala lebih rendah dari jantung.

diambil dari beberapa sumber.

1 thought on “Tidur Yang Berkualitas Membuat Tubuh Lebih Sehat”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *