Operasi Hymenoplasty perbaiki kembali Selaput Dara

Kesucian perempuan masih menjadi prioritas utama di negara Indonesia ini, Dengan budaya Timurnya kaum laki-laki masih menuntut pasangannya masih perawan ketika dinikahi. Tanda atau simbol dari kesucian seorang perawan adalah keluarnya darah pada saat pertama kali berhubungan badan hal ini disebabkan karena pecahnya/robeknya sebuah selaput tipis yang berada didalam “Miss V”. Oleh karena itu selaput dara menjadi simbol kesucian dari seorang wanita.

Karena itu para wanita Timur khususnya Indonesia dan asia sangat berhati-hati dan menjaga keperawanan mereka. Karena itu untuk membantu memperbaiki selaput dara yang rusak misalnya karena kecelakaan, diperkosa, atau olahraga ekstrim bisa dilakukan operasi selaput dara dengan berbagai cara diantaranya Hymenoplasty.

Bentuk Selaput dara

Bentuk selaput dara pada setiap wanita akan berbeda-beda antara satu dengan yang lain.ada empat macam bentuk selaput dara yaitu:

  1. Annular Hymen : bentuk selaput dari ini melingkar penuh lubang “Miss V”
  2. Separate Hymen : bentuk selaput dara ditandai dengan adanya beberapa lubang yang terbuka
  3. Cribriform Hymen : bentuk selaput dara ditandai dengan beberapa lubang terbuka, tapi lubang lebih kecil dan terdiri dari banyak lubang dibandingkan separate hymen.
  4. Paraous Introitus : hal ini terjadi pada perempuan yang sangat pengalaman berhubungan sex, bisa saja lubang selaput daranya masih tersisa/tidak robek atau pecah hanya membesar namun masih menyisakan jaringan selaput dara.

Banyak hal yang menyebabkan selaput dara robek atau pecah diantaranya telah disebut diatas, Nah karena keperawanan masih merupakan hal yang penting dan sakral bagi kaum Adam untuk mengembalikan selaput dara yang rusak,terutama yang diakibatkan karena kecelakaan pada saat olah raga atau korban perkosaan maka di lakukan operasi hymenoplasty.

Operasi hymenoplasty ini hanya dapat dilakukan sebanyak satu kali dan tidak boleh diulang karena pengulangan akan merusak jaringan selaput dara akan rusak.Jaringan Hymen ini adalah sebuah jaringan yang kecil,tipis dan terbatas sehingga operasi tidak memungkinkan untuk dilakukan berkali-kali.

Proses Opearasi Hymenoplasty

Proses opeara hymenoplasty dilakukan dengan waktu yang singkat yaitu hanya sekitar 15 menit, Tindakan operasi hanya menjahit dan menyatukan kembali hymen yang telah rusak. akan tetapi proses lama dan tidaknya operasi tergantung seberapa parah kerusakan hymen yang terjadi.

Simple Hymenoplasty
Hymen yang tersisa akan diikat bersama untuk menutupi kerusakan yang terjadi. Kemudian jaringan hymen akan terangkat, sehingga “Miss V” akan kembali terlapiskan hymen. Jadi selaput dara akan dilukai dulu, kemudian dijahit kembali. Penyatuan kembali lapisan mukosa selaput dara itu dilakukan oleh benang yang tipis yang bersifat terserap oleh tubuh. Kadang dibutuhkan pemindahan jaringan dari “Miss V” bagian luar untuk membuat lagi selaput dara tersebut.

Alloplant
Tindakan Alloplant ini dilakukan bila lapisan Hymen sudah tidak bisa lagi diperbaiki, karena kerusakan yang terjadi sangat parah atau bahkan telah hilang sama sekali karena itu dilakukan pemasangan Hymen buatan. sebuah sayatan berbahan biometri akan dimasukan dan akan menjadi Hymen. Implan Hymen ini juga termasuk prosedur sederhana, dilakukan dengan cara pembiusan lokal. Karena itu untuk menentukan tindakanoperasi mana yang akan dilakukan, dokter akan mengadakan pemeriksaan kondisi pasien terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan yang terjadi.
Setelah dilakukan pemeriksaan dilanjutkan dengan pemeriksaan pembekuan darah dan kondisi fisik selama dua minggu sebelum dilakukan operasi.

Pasca Operasi
Selama dilakukan dengan baik dan mengikuti prosedur yang benar operasi Hymenoplasty tergolong operasi yang tidak berbahaya. Selain itu ada beberapa syarat yang harus dipatuhi, yaitu daerah sekitar area “Miss V” harus benar-benar bersih dar darah maupun cairan keputihan, hal ini untuk menghindari terjadinya infeksi yang terbawa dalam cairan darah atau cairan keputihan.
sebelum melakukan operasi dokter akan menyeterilkan bagian “Miss V” area yang akan dioperasi dengan desinfektan.
Untuk perawatan dan menjaga kebersihan daerah yang telah dioperasi dengan cara setelah buang air besar maupun kecil bagian “Miss V” dan anus dibersihkan dengan cairan antiseptik agar kondisi “Miss V” tidak lembab dan bebas kuman.
Selama perawatan Pasca opearasi kegiatan fisik yang berat harus dikurangi selam satu bulan Intinya selama perawatan dilarang naik motor dan duduk terlalu lama atau dengan kata lain jangan melakukan aktifitas yang menekan daerah “Miss V” karena sifat dari jaringan tersebut adalah lentur dan tipis serta sangat peke terhadap tekanan.
Untuk mendapatkan hasil yang ideal dan baik dibutuhkan waktu selama 3 bulan pasca operasi.
Selain Hymenoplasty ada lagi operasi pemulihan selapu dara yang bernama Vaginoplasty Untuk artiekl ini dapat anda baca pada arttikel selanjutnya.
sumber: Tabloid Nyata eisi


11 thoughts on “Operasi Hymenoplasty perbaiki kembali Selaput Dara”

  1. pda saat melakukan hub pertama kali apa harus keluar darah di miss V? sy g perna melakukan hub dg org sblumnya tp knpa pd saat hub,itu terjadi g kluar darah?knpa ya ?
    makasih ya …:)

  2. mau tanya klo operasi hymen apa bisa membantu para korban pemerkosaan dan dampaknya apa?? dirumah sakit mana yg bisa?? terima kasih

  3. biayanya beragam mbak brata-rata 3-20 Juta, tergantung dari kasus dan juga daerah yang dioperasi serta tingkat kesulitan rajutan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *