Operasi caesar, Keuntungan dan kekurangannya

Ada dua macam cara ibu melahirkan bayinya, yaitu melahirkan secara normal atau operasi caesar. Pada umumnya wanita lebih memilih melahirkan secara normal, tetapi karena beberapa sebab akhirnya mereka terpaksa menjalankan operasi caesar. Penyebab yang mengharuskan ibu hamil menjalani operasi caesar bisa karena kondisi bayi dan bisa karena ibu itu sendiri. Kondisi bayi yang mengharuskan dicaesar adalah air ketuban pecah namun belum ada kontraksi akan melahirkan, bayi terlilit tali pusar sehingga tidak dapat keluar secara normal, usia bayi belum matang (prematur), posisi bayi sungsang, dan lain-lain. Sedangkan kondisi ibu melahirkan yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal adalah panggul sempit sedangkan bayi besar, ibu kurang kuat mengejan, riwayat caesar sebelumnya, pre eklamsia, dan sebagainya.

Operasi caesar hendaknya tidak dilakukan kecuali jika benar-benar dibutuhkan karena resiko operasi caesar cukup serius. Meskipun demikian, operasi caesar memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding dengan melahirkan secara normal.

Kelebihan Operasi cecar  antara lain:

  1. Ibu melahirkan tidak merasakan sakit ketika melahirkan bayinya karena efek obat bius.
  2. Wanita bisa memilih tanggal kelahiran bayi sesuai dengan yang diinginkan seperti tanggal penting yang dianggap berkah bagi keluarga.
  3. Jalan lahir utuh sehingga organ kewanitaan sama seperti sebelum melahirkan(artinya alat organ reproduksi ibu akan normal tidak sobek atau mengalami kerusakan akibat proses perrsalinan).
  4. Sangat dibutuhkan untuk wanita dengan riwayat melahirkan caesar, pinggul sempit, hipertensi, persalinan lama, atau ibu tidak kuat mengejan
  5. Operasi cesar dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga proses persalinan yang lama bisa dihindari, dengan operasi ini juga dapat meminimalis terjadinya kecelakaan yang biasa terjadi pada proses kelahiran normal sehingga bayi cacat bisa dihindar

Sedangkan kekurangan rseiko dari operasi caisar adalah:

  1. Rasa sakit yang sangat pada bagian perut dan rahim akibat robekan saat operasi. Hal ini tidak dirasakan oleh ibu melahirkan secara normal.
  2. Kemungkinan terjadi infeksi rahim dan perdarahan yang lebih banyak daripada persalinan normal.
  3. Kemungkinan trauma pada organ tubuh yang lain.
  4. Membutuhkan masa pemulihan yang lebih lama daripada persalinan normal, bahkan efeknya masih dirasakan hingga bertahun-tahun.
  5. Biaya yang dikeluarkan untuk melahirkan dengan cara caesar jauh lebih besar.
  6. Ada bekas operasi pada perut bagian bawah.
  7. Biaya pembedahan relatif tinggi antara 6 – 12 jtan

Kesimpulannya, secara umum melahirkan secara normal tetap lebih baik, namun operasi caesar sangat dibutuhkan untuk kondisi-kondisi tertentu dengan tujuan menyelamatkan ibu melahirkan dan bayi yang dilahirkan.

 

 

5 thoughts on “Operasi caesar, Keuntungan dan kekurangannya”

  1. This is a fantastic blog, would you be interested in doing an interview concerning just how you produced it? If so e-mail me personally!

  2. whoah this weblog is fantastic i love studying your articles. Stay up the great paintings! You know, many individuals are looking round for this info, you can aid them greatly.

  3. Undeniably consider that which you stated. Your favorite reason appeared to be on the net the easiest thing to be mindful of. I say to you, I certainly get irked while folks think about issues that they just do not understand about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the entire thing without having side-effects , other people can take a signal. Will probably be back to get more. Thank you

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *