Makam Kaisar Caligula Di Temukan

Caligula dikenal sebagai kaisar Romawi yang kejam. Bagi anda yang masih ingat, sosoknya pernah dibuat film (hanya untuk dewasa) pada tahun 1979, dibintangi oleh Helen Mirren, Peter O’Toole and Malcolm McDowell.

Dalam sejarah, kekejaman dan kegilaannya ditunjukkan dengan meniduri adik kandungnya sendiri, membunuh beberapa orang yang dicurigai dan mengubah istana sebagai bordil. Ia sendiri dibunuh dengan brutal oleh budaknya pada umur 28.

Minggu lalu, kepolisian Italia mengklaim telah menemukan makam Caligula. Makam tersebut dipercaya terletak di Danau Nemi, wilayah selatan Roma tempat kekaisaran Romawi pada masa Caligula memiliki villa.

Klaim tersebut muncul menyusul penangkapan seorang perompak makam yang akan mencuri patung dari makam. Karena patung terbuat dari marmer Yunani, bermahkota dan jubah, maka polisi memercayai itu berasal dari makam Caligula.

Patung Caligula yang hendak dicuri tampak mengenakan caligae, sepatu boot kecil militer Roma. Nama Caligula, yang sebenarnya adalah Gaius Julius Caesar Augustus Germanicus, diambil dari nama sepatu itu.

Meski polisi yakin itu adalah makam Caligula, namun profesor sejarah Cambridge University, Mary Beard meragukannya. Ia menulis di The Times of London bahwa tidak mungkin Caligula memiliki makam di Danau Nemi, meski benar bahwa kekaisaran Roma memiliki villa di sana.

Kaisar caligula dilahirkan pada 31 Agustus 12, Bilau naok tahta pada tahun 39 sampai dibunuh oleh serdadunya yang berontak pada tanggal 24 januari 41

Ayahnya Germanicus meninggal dunia pada tahun 19 di wilayah Timur dalam keadaan mencurigakan. Ibunya Vipsania Agrippina maior, yang bertahun-tahun membela suaminya yang dibunuh dan akhirnya menuduh Tiberius akhirnya dibuang oleh Tiberius dan tewas kelaparan. Lalu Tiberius juga menyuruh membunuh kedua kakak Caligula (Nero dan Drusus). Caligula sendiri tidak dibunuh oleh Tiberius karena ia masih muda. Kala itu Caligula harus secara terpaksa hidup dengan pamannya; Tiberius di capro

Sudah jelas Caligula menderita pada masa kecilnya. Oleh karena itu salah satu perintahnya ketika menjadi kaisar ialah mengambil abu ibunya dan diarak pada sebuah kereta mengelilingi Roma. Lalu ia memerintahkan untuk mencetak uang koin demi memperingati peristiwa ini (MEMORIAE AGRIPPINAE – mengingat Agrippina). Abu kedua kakaknya dan ayahnya juga diambilnya.

sumber:Kompas dan Wekopedia Indonesia

2 thoughts on “Makam Kaisar Caligula Di Temukan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *