Julian Paul Assange “WikiLeaks” Robin Hood Modern Pembela Kebenaran

Saat Julian Paul Assange (39 tahun) penderi situs WikiLeaks yang berisi tentang pembocoran dokumen-dokumen rahasia di tangkap polisi Inggris pada hari selasa 7 desember 2010 lalu. Tak sedikit orang mengira ini hanya merupakan permainan politik saja.

Assange ditangkap kepolisian Inggris atas permintaan pengadilan swedia karena kasus pemerkosaan ada pemaksaan ilegal yang diduga dilakukan Assange di swedia. Namun pengacara Assange, Mark stephens menyebutkan peristiwa ini hanya merupakan permainan semata.

Karena beberapa bulan terakhir kliennya menjadi sorotan dunia karena berhasil membocorkan Informasi sensitif dan sangat rahasia milik pemerintah AS.Mulai dari yang berkaitan dengan Iran,Afganistan hingga Cina

Sejak Informasi pembocoran rahasia di publikasikan banyak pihak yang kebakaran jenggot dengan pemberitaan ini, misalnya mantan calon Wapres AS sarah palin dengan menyebut Julian Paul Assange pantas untuk diburu layaknya Osama bin leaden.

Berbagai reaksi datang dari belahan dunia banyak yang membencinya dan tak sedikit yang membelanya dan menganggap Assange sebagai pahlawan. Bahkan ada yang mengusulkan  Assange diberikan penghargaan berupa hadiah Nobel.

Beberapa akibat yang dilakukan Assange mengundang reaksi dari berbagai kalangan negarawan dunia seperti yang dilakukan oleh Fidel castro yang telahy membaca dokumen rahasia AS yang menyebutkan bahwa tokoh Osama Bin Leaden adalah tokoh fiktif yang memang di rancang untuk kepentingan kejahatan ekonomi dan perang di afganistan. Osama sendiri menurut dokumen tersebut merupakan agen rahasia AS FBI, dan hal tersebut sangat diyakini oleh fidel castro, seraya berkata “Apa Sich yang tidak bisa dibuat oleh AS, Segala kelicikan dan scenario bisa di buat dalam waktu singkat.

Di Australia yang merupakan tanah kelahirang Assange banyak warga Australia yang mendesak pemerintah untuk membela Assange hal ini dilakukan oleh ratusan pendukung Assange dengan menggelar pawai pada hari jum’at (10/12) lalu.

Sementara para komunitas aktifis Hacker (Hacktivist) mendukung Assange dengan aksi besar-besaran yang dinamakan aksi balas dendam yang digelar lewat dunia maya. Dengan menghacker atau mengobrak-abrik situs informasi dari beberapa pihak yang dianggap memusuhi WikiLeaks.

Sementara situs WekiLeaks sendiri tidak gentar dengan ditangkapnya pemimpin mereka. Situs yang para pengurusnya bekerja secara sukarela dan tidak menerima bayaran dan terdiri dari para hacker ini berjanji akan terus membocorkan dokumen rahasia yang berisikan tentang kecurangan-kecurangan di bidang ekonomi,pertahanan,dan kejahatan-kejahatan perang.

Gerilyawan Informasi

Sebenarnya siapakah Assange sebenarnya?Pria yang terkenal beberapa bulan belakangan ini yang berhasil membocorkan dokumen-dokumen rahasia itu justru merahasiakan identitas dirinya.

Pria Australia ini sangat tertutup dan sangat susah untuk ditemui wartawan. “Untuk apa?” supaya kalian bisa menulis berita bagaimana saya mengangkat alis?” tanya Assange kepada wartawan dengan gaya melucunya.

The New Yorker adalah salah satu media yang berhasil mewawancarai Assange dan juga berhasil mewawancarai Ibu Assange yang mereka samarkan namanya dengan sebutan “Claire” (Nama sebenranya adalaha Cristine Assange)

Wanita berumur 55 tahun itu tinggal didekat Noosa Australia. Dia bekerja dengan membuka teater boneka, dan beberapa Sekolah Dasar menggunakan Jasanya. Bagai seorang dalang lakon favorit yang biasa dibawakan oleh Cristine adalah Drama Putih salju.

Cristine melahirkan Assange dalam usia belasan tahun dan sama sekali tidak pernah menyebutkan siapa identitas ayah assange jadi hingga kini siapa ayah kandung Julian Assange tidak pernah terungkap. Cristine sendiri adalah seorang dengan jiwa pemberontak, usia 17 tahun cristine pernah minggat dari rumah dengan membawa motor setelah membakar semua buku sekolahnya.

Sejak Assange masih bayi Cristine menikah dengan seorang sutradara teater. Namun pernikahan tersebut berantakan ketika Assange berumur 8 Tahun. Dan Cristine menikah lagi kali ini dengan seorang musisi bernama Brett Assange dan sejak itu Assange di sematkan sebagai nama akhir Julian.

Namun hal tersebut tidak berlangsung lama karena beberapa saat kemudian cristine berpisah lagi dengan suaminya karena adik Assange menjadi perebutan antara kedua orang tuanya Cristine membawa lari anaknya dan tinggal berpindah-pindah disejumlah tempat diAustralia. Hal ini dilakukan untuk menghindar dan menyembunyikan diri.

Terhitung sudah 37 kali Assange semasa kecil berpindah-pindah bersama ibunya dan karena hal tersebut Assange selalu berada dalam lingkungan yang baru sehingga Assangepun tidak sempat merasakan pendidikan formal. Dan jadi Ousider dilingkungan anak-anak.

Assange kecil pun sibut dengan dunianya sendiri dari menjadi anak yang gemar membaca alias kutu buku hingga penggemar gila komputer saat dia menginjak remaja. Dan inilah lembaran hidup baru Assange menjadi penggila komputer sampai akhirnya menjadi seorang Hacker alias Peretas.

Bersama kedua temannya Assange mendirikan The International Subverseves. Semacam forum dan perkumpulan anak-anak muda penggemar hacker. Kelompok ini berhasil membobol sistem-sistem keamanan danb sistem komputer di Australia, Eropa dan juga AS termasuk sistem keamanan data Depertemen Pertahanan dan Keamanan AS. Nama sandi yang digunakan Assange adalah “Mendax”

Assangepun menetapkan aturannya sendiri dalam meng-Hack sistem komputer yaitu: Tidak merusak sistem komputer, Tidak merusak atau menghilangkan data. Tidak mengubah informasi yang didapat dan bagikan semua informasi yang kau dapat!

Pada usia 18 tahun hidup Assange mulai berwarna. Pacarnya yang berusia 16 tahun melahirkan putra pertama mereka yang diberi nama Daniel Assange (Kini berusia 21 tahun),nah putra pertama mereka inilah sekarang menjadi satu-satunya pewaris ilmu Assange didunia hacker.

Setelah berdiri beberapa tahun Mandax mulai tercium oleh polisi dan polisi berusaha membongkar identitas mandax yang telah beberapa kali membobol sistem keamanan dan komputer pemerintah Australia.Beberapa polisi sempat kagum dan simpati dengan kemahiran assange membobol sistem komputer pemertintah hal ini diungkapkan oleh Ken Day seorang pimpinan Investigasi terhadap kelompok Assange dengan mengatakan “ Dia  (Assange) memiliki motiv kepahlawanan tertentu, dia percaya semua orang seharusnya memiliki akses ke segala informasi,semua berhak tau informasi apa yang dikeluarkan berhak dipublikasikan kata Day.

Akibat perbuatannya ini Assange dijatuhi 31 tuduhan jeratan hukum yaitu kejahatan komputer dan Hacking. Walaupun demikian Assange tak pantang menyerah. Tiga tahun setela itu Assange dapat lolos dari jeratan hukum. Enam tuduhan digugurkan dan tidak ada hukuman fisik untuk kasusnya. Dia Cuma mendapat beberapa denda atas perbuatannya.Hakim mengatakan kasus dan motiv dari Assange Cuma keingin tahuannya tentang suatu informasi dan juga ini merupakan Hoby dan kesenangan dengan kata lain Assange Cuma menjalankan Hoby dan kesenangan sementara tidak meninggalkan atau merusak sebuah sistem komputer komentar sang hakim, dan Assange pun bebas.

Menggemparkan

Wikileaks sendiri mulai muncul di internet sekitar tiga setengah tahun yang lalu.  Beberapa bocoran dokumen rahasia di situs ini sempat mengejutkan dan menggemparkan bukan saja di kalangan dunia maya akan tetapi di kalangan masyarakat dunia. Namun yang paling mengejutkan adalah Video yang mereka unduh pada bulan april lalu.

Video tersebut berisikan peristiwa yang menggamberkan sebuah Hellikopter milik Amerika menembaki  orang-orang Iraq disebuah jalan di bagdad. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2007 yang nampaknya dilakukan dengan sadis dan dingin.

Video tersebut langsung menggegerkan dunia!karena video tersebut dapat diakses melalui You tube lebih dari sejumlah penggemar internet yang berhasil melihat dan mengunduh hasil rekaman tersebut. Dan AS sempat mendapatkan kecaman dari dunia internasional sejak saat itu WikiLeaks sangat populer kususnya dikalangan dunia maya.

Tujuan kamai adalah membeberkan fakta-fakta dan kejadian yang sesunggunya yang perlu diketahuii oleh publik. Masyarakat demokratis membutuhkan informasi yang aktual dan media yang kuat dan WikiLeaks merupakan bagian dari media ungkap Assange kepada CNN.

Media membantu pemerintah untuk berbuat jujur dan membantu rakyat/masyarakat untuk mengetahui hal-hal yang terjadi tanpa ada kekangan atau rahasia. WikiLeaks membantu untuk membeberkan dan menelanjangi beberapa kebenaran yang tersembunyi tentang perang Iraq dan afganistan serta membongkar cerita tent6ang korupsi korporasi. Lanjutnya

Orang-orang WikiLeaks berasal dari berbagai kalangan yang berasal dari latar belakang yang berbeda akan tetapi memiliki idealisme yang sama. Ada wartawan, akademis, pakar teknologi, dan pakar matematika dari berbagai negara. Situs ini juga menggunakan teknologi yang membuat lokasi asli file yang tidak dapat dilacak Via WikiLeaks.

Situ ini membocorkan informasi rahasia sensitive dalam bentuk Asli atau mentah.Langsung berupa file,tidak ada filter atau penulisan ulang (Editing) apalagi diplinter dan direkayasa.Beberapa file yang sempat menghebohkan adalah laporan 110 halaman dari badan penyelidik international kroll tentang korupsi besar-besaran yang terjadi di Kenya. Adapula file standar prosedur operasi AS untuk Camp delta diteluk Guantanamo  yang salah satunya adalah menyembunyikan beberapa napi dari Komite Palang Merah Internasional (ICRC).hal ini berarti AS telkah melanggar Hak azasi manusia.

Terang saja aksi Julian Assange dan kawan-kawan ini membuat banyak pihak berang termasuk pemerintah AUSTRALIA.. Sejak tertangkap dilondon lalu Julian Assange dapat dikatakan tidak memiliki rumah. Saya tinggal dibandara akhir-akhir ini katanya dalam suatu wawancara oleh sebuah media. Hidup Assangepun masih berpindah-pindah dari suatu negara ke nagara lain dari suatu rumah teman ke rumah teman yang lain. Hingga saat ini Julian Assange memiliki perpuluh ribu teman dan pendukung yang rela untuk menyembunyikannya ndi tempat mereka.

Bagi pendukungnya Julian Assange adalah seorang pahlawan pejuang kebenaran yang gagah berani bak Robbin Hood. Akan tetapi bagai para pengkritiknya mengatakan Jualian Assange membahayakan banyak orang dengan beritanya dan dapat menimbulkan perang atau sengketa antara suatu negara dengan negara lain.

Assange kini terancam menghadapi masalah hukum yang semakin berkembang dengan ulahnya dari berbagai penjuru dunia. AS telah menyatakan bahwa mereka  sedang melakukan penyelidikan apakah Assange telah melanggar undang-undang tentang spionase. Untuk berlidung dari ancaman tersebut Assange sempat ingin meminta suaka politik ke swiss akan tetapi negara Equador telah dahulu menawarkan suaka politik padanya pada tanggal 6 desember lalu.

Kami siap memberikan perlindungan dfan tempatt tinggal yang aman di Equador,tanpa masalah dan tanpa syarat bagi Julian Assange kata menteri Equador Kintto Lucas….mungkin tawaran tersebut terlamabat.

Sumber: Nyata Edisi 2058

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *