MIsteri Penemuan Candi Bawah Laut Terpecahkan

Baru-baru ini pengguna Twitter dikejutkan foto penemuan candi bawah air yang disebutkan berada di perairan Selat Bali.Jika di tarik ke sebuah pemikiran berdasarkan logika seharusnya candi tersebut tidak berada dibawah laut karena pada masa orang indonesia bisa membuat candi adalah pada masa Hindu dan buda berkembang pesat di Indonesia.

Nah pada jaman itu Pulau jawa sudah seperti pulau jawa yang saat ini kita lihat dalam arti pulau jawa dan pulau bali telah berpisah/dipisahkan oleh selat.

Foto tersebut telah sampai ke pihak Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sejak 1-2 bulan lalu. Menanggapi foto tersebut, Dirjen Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Hari Utomo Drajat meragukan kebenarannya.

Dan ternyata benar, misteri candi bawah laut tersebut kini telah terpecahkan. Candi tersebut memang benar ada, tepatnya di daerah Pemuteran, perairan Bali utara. Namun, candi tersebut bukanlah peninggalan arkeologis melainkan candi buatan yang sengaja dibangun di kawasan konservasi terumbu karang.

Hal tersebut dikatakan Paul M Turley, pemilik Sea Rover Dive Center yang mengambil foto-foto kontroversial tersebut, seperti dilansir situs the Jakarta Globe. Candi buatan yang diberi nama Taman Pura itu dibangun mulai tahun 2005 pada kedalaman 15-29 meter.

Kawasan tersebut merupakan bagian dari proyek konservasi terumbu karang Reef Gardiners yang mendapat dukungan dana dari Australian Agency for International Development (AusAid). Di sana terdapat 10 patung dan sebuah struktur candi yang kini sudah diselimuti karang.

5 thoughts on “MIsteri Penemuan Candi Bawah Laut Terpecahkan”

  1. subhahanallah ..
    sungguh luar biasa da pnemuan sperti itu , meskipun d ktakan sbg buatan manusia sajha , tappi begitu realnya jika d lihat ,
    saya yg pertma kali melihatnya , mengira bhwa tu mmang asli pningglan zaman purba, namun stelah sya bca lagi , trnyata itulah aste qta .. ^_^

  2. wooow kereeeeeeeeeeeennnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    yahoooooooooooooooooooooooo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ๐Ÿ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *