Kereta Api Transportasi Paling Murah, Keamanan Tanggung Sendiri

(sebuah Opini)

Kereta Api atau KA merupakan alat transportasi termurah yang berada di negeri ini, selain termurah KA dianggap sebagai sarana transportasi cepat dan transportasi paling aman.

Meski sudah menjadi idola warga namun dari sisi pelayanan apa yang disajikan oleh PT. KAI masih jauh dari pelayanan prima. Sebagai perusahaan yang masih memegang hak monopoli tidak seharusnya berleha-leha membenahi pelayanannya.

Dengan tarif yang sudah beberapa kali naik khususnya pada waktu peak session dan berani mengiming-imingi warga dengan undian menarik berhadiah mobil maupun motor di akhir tahun harusnya menjadi pelecut segenap kru PT. KAI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga. Jangan sampai visi-misi maupun budaya pelayanan yang terpampang hanya sebagai pemanis belaka. Para warga butuh bukti bahwa perjalannya dengan kereta api nyaman dan aman.

Berbicara masalah keamanan dan kenyamanan, bukan hanya infrastruktur yang harus diperbaiki. Saat ini ada kondisi yang membuat warga yang naik kereta api khususnya kelas eksekutif dan bisnis harus ekstra hati-hati. Hal ini dikarenakan ada oknum penumpang yang sebenarnya berprofesi sebagai maling.

Hampir tiap perjalanan kereta api eksekutif  maupun bisnis selalu ada yang kehilangan barangnya. Yang cukup favorit adalah laptop dan Black Barry. Meski dimasukkan dalam tas namun malingnya sudah ahli dan hanya mengambil laptopnya saja digantikan dengan beberapa buah majalah atau buku. Canggih!

Sebagai antisipasi atau kewaspadaan para warga, diharapkan pada waktu jam-jam tidur khususnya sekitar jam 00.00 sampai dengan 04.00 harus lebih meningkatkan kewaspadaannya. Menurut informasi Polsuska yang pernah menangkap pelaku, para maling yang beraksi biasanya tiga sampai dengan empat orang. Mereka seperti penumpang kebanyakan, hanya kadang-kadang yang beraksi anak muda, orang tua bahkan termasuk wanita.

Para maling itu biasanya memilih tempat duduk yang berada di dekat jalanan bukan yang dekat jendela, kalaupun mereka dapat dekat jendela biasanya akan minta tukar dengan penumpang lain. Ini mungkin untuk memudahkan aksinya. Sebagai bentuk kehati-hatian maka waspadalah apabila ada yang mau tukar tempat duduk. Sikap mereka juga cuek terhadap penumpang yang lain, misalnya kalau mendapatkan selimut langsung buat kerubut supaya tidak ada komunikasi dengan penumpang lain sehingga penumpang tidak mengenalnya maupun biar cepat tertidur.

Untuk kehati-hatian para warga dapat menyimpan barang-barang berharga didekat tempat duduk tidak meletakkan tas di atas rak yang tersedia. Apabila ke kamar mandi atau jalan-jalan lebih baik tas dibawa. Terutama pada jam-jam dimana para penumpang banyak yang sudah tertidur lelap.

Untuk pihak PT. KAI, kalau memungkinkan tiap gerbong ada petugas keamanan yang selalu siap siaga menjaga keamanan. Dan sekali-kali membuat jebakan kepada para maling yang selalu beraksi di atas kereta api, sehingga sedikit demi sedikit komplotan maling ini dapat ditangkap. Hendaknya Polsuska juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar penadah barang-barang curian dari kereta api ini dapat dibongkar kejahatannya.
Hejadian penjambretan terjadi lagi pada tanggal 5 Agustus kemarin, pada kereta api Mutiara selatan jurusan Surabaya – Bandung, Kejadian itu menimpa 2 orang perempuan (Kemungkinan Ibu dan anak), pada saat kereta api mutiara selatan sedang transit dan berhenti dengan alasan di stasiun balapan ada rel yang anjlok, Kejadian sekitar jam 20.00-23:00 digerbong 5. Kejadian sangat cepat penjamret langsung merebut tas dan langsung loncat pada saat kereta mulai berjalan.
Yang anehnya pada saat ibu yang kejambretan tadi berteriak-teriak, para keamanan kereta api sama sekali tidak ada yang bereaksi, ternyata di gerbong no 5 dan 4 (bahkan mungkin gerbong no 6 dan 3) sama sekali tidak terdapat petugas keamanan!

Semoga selanjutnya ada perhatian dari pihak PT. KAI dan warga penumpang kereta api dapat menikmati perjalanannya dengan lancar, aman dan nyaman.

Dan terakhir, mohon para maling yang beraksi di kereta api untuk menyadari kekhilafannya dan berhenti dari profesi jahat tersebut. Secara fisik sampeyan dapat barangnya namun tidak mendapatkan barokahnya.

Kepada para warga, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tetapi juga karena adanya kesempatan. Waspadalah, waspadalaaah!!!

http://citizennews.suaramerdeka.com/?option=com_content&task=view&id=484

3 thoughts on “Kereta Api Transportasi Paling Murah, Keamanan Tanggung Sendiri”

  1. KERETA API .
    membuat transportasi lebih irit , mudah ,dan efesien .
    sehingga dapat mengurangi tingkat kemacetan dijalan raya dan lebih terjangkau untuk para menengah kebawah.

  2. KERETA API .
    membuat transportasi lebih irit , mudah ,dan efesien .
    sehingga dapat mengurangi tingkat kemacetan dijalan raya dan lebih terjangkau untuk para menengah kebawah .

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *