Sisik Trenggiling Bisa Dibuat Sabu

Pada beberap penelitian, mengatakan bahwa sisik yang dimiliki trenggiling bisa digunakan untuk membuat sabu karena pada sisik trenggiling terdapat bahan aktif yang biasanya digunakan untuk membuat sabu! Waduh kalau sampai hal ini diteliti dan disalah gunakan untuk membuat sabu maka nasib trenggiling akan semakin langka dan akhirnya punah!! Padahal selama ini daging trenggiling lezat dan sudah banyak dikonsumsi dan dibuat untuk obat!

Pakar lingkungan hidup dan kesehatan Universitas Riau menyatakan sisik trenggiling (Manis javanica) mengandung zat aktif Tramadol HCl. Zat ini merupakan partikel pengikat zat yang terdapat pada psikotropika jenis shabu.

“Tramadol HCl juga merupakan zat aktif yang merupakan salah satu obat analgesik yang digunakan untuk mengatasi nyeri hebat baik akut atau kronis dan nyeri pascaoperasi,” kata Ariful Amri, kemarin.

Trenggiling adalah binatang pemakan semut atau dalam bahasa asing dikenal dengan ant eater. Di dalam tubuh trenggiling terdapat unsur yang dapat menjaga kekebalan tubuh yang sangat tinggi. Menurut Amri, hal itu bisa dilihat dari sisik trenggiling yang dapat melindungi tubuh binatang tak bergigi itu.

“Jadi, percaya atau tidak, di negara lain seperti Singapura, sisik trenggiling dijual dengan harga jutaan bahkan puluhan juta per kilogram. Hal itu karena tersiar kabar kalau di sana sisik trenggiling digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan berdosis tinggi termasuk psikotropika jenis shabu,” jelas Amri.

Ia mengatakan banyak metode yang digunakan untuk membuat tablet lepas lambat yang juga terdapat pada psikotropika. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem matriks, dimana obat bercampur homogen dengan bahan matriks.

Matriks etil selulosa menurut Amri adalah matriks yang tidak larut di dalam air dan memberi rintangan untuk penetrasi cairan kedalam matriks, juga difusi obat akan menjadi lambat. Sistem matriks merupakan sistem yang paling sederhana dan sering digunakan dalam pembuatan tablet lepas lambat.

“Pada sisik trenggiling, kandungan matriks etil selulosa dapat dipastikan sangat tinggi, sehingga pemanfaatannya sangat luas. Dan untuk diketahui, matriks etil solulosa juga terdapat pada sabu-sabu sebagai pengikat unsur zat kimia yang terkandung di dalamnya

Selama ini trenggiling dalam masyarakat dianggap banyak manfaat diantaranya adalah :

  1. SISIK TRENGGILING dalam jumlah terbatas. Sisik trenggiling bermanfaat sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, bahan campuran kaca agar anti pecah, sebagai hiasan, ornamen dan ada juga yang digunakan untuk penglaris. Dan yang paling istimewa, sisik Trenggiling dapat menyembuhkan penyakit kuning, tumor payudara, disentri, dll.
  2. LIDAH TRENGGILING yang telah dikeringkan. Lidah Trenggiling dipercaya bisa digunakan untuk penglaris. Ada juga yang menggunakannya untuk balita yang sulit berjalan.
  3. EMPEDU TRENGIILING yang telah dikeringkan. Empedu Trenggiling ini berkhasiat untuk obat mandul dan untuk stamina pria dewasa. Jika mengkonsumsi empedu trenggiling, dipercaya badan akan selalu sehat dan tahan terhadap cuaca dingin dan bermacam-macam penyakit.

Diambil dari berbagai sumber.

6 thoughts on “Sisik Trenggiling Bisa Dibuat Sabu”

  1. Wah sayang saya gak doyan Shabu atau trenggiling
    Meski hrganya mahal OM. ๐Ÿ™‚

    Medingab Sate Ayam wae..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *