Memanfaatkan Hoby Sebagai Mesin Uang Anda

Hobi barangkali in adalah suatu jenis kegiatan yang dilakukan manusia dengan perasaan senang walaupun waktu yang tersita sangat banyak. Dengan menjaankan hobi yag kita punya dapat mengusir kepenatan,Stress, atau melepaskan sejenak beban yang terdapat dalam hidupkita. Setiap akhir pekan atau setiap ada waktu luang, hobi adalah hal yang menyita waktu Anda untuk Anda lakukan secara senang hati dan tanpa rasa bosan.

Walaupun hanyalah kegiatan sampingan atau diaggap suatu kegiatan yang memanjakan hidup kita, jangan memandang remeh hobi karena dibalik hobi yang benar-benar tertata atau dilakukan dengan cara yang bersungguh-sugguh akan menciptakan karya-karyabesar dan menghasilkan gudang duit yang berlimpah. kita ambil contoh thomasalfa edison atau woft gang amadius mozart atau banyaklagi tokoh dunia yang terkenal karenamengganggap hobi adalah uang atau hobi memilikinilai tambah untuk hidup kita.

Sudah banyak usahawan dan enterpreanur yang sukses “menyulap” hobinya menjadi bisnis. Mulai dari gerai makanan, butik, salon dan tempat olahraga atau Game komputer,mendirikan rental dll. Tak jarang, bisnis-bisnis ini yang dimulai dengan modal kecil kemudian tumbuh dengan pesat dan menjadi bisnis besar bahkan berskala raksasa.
Contohnya yang dilakukan lorence Low pendiri PT addpluss tec Ind. Perusahaa perakitan PCB ini mula-nula dari keisengan dan kegemarannya untuk membuat PCB-PCB yang ternyata mendapat respon dari PT kenwood yokohama hingga sekarang PT tersebut menjadi perusahaan yang besar dan salah satu perusahaan pembuat PCB terbesar di asia tenggara.

Untuk lebih menggali dan mencari potensi hobi Anda ke arah bisnis, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah meluangkan waktu lebih banyak waktu untuk mendalami hobi. Dengan begitu, Anda akan lebih banyak menghasilkan hasil karya berkualitas yang benar-benar Anda pahami detail produknya, terutama nilai jualnya. Apalagi jika banyak orang yang menekuni hobi yang sama, tentunya produk Anda harus memiliki nilai lebih dibandingkan produk sejenis.

Jika Anda telah menemukan potensi dan nilai jual dari hobi Anda, waktunya untuk melakukan perencanaan yang matang. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah hal ini yang ingin Anda lakukan hingga 10-20 tahun lagi? Karena sekali saja Anda bosan dan tak tertarik lagi pada hobi, maka berarti bisnis Anda pun akan menemui titik stagnan dan tak akan berkembang. Setelah itu, barulah Anda harus melakukan perencanaan teknis seperti jumlah produksi, distribusi produk, promosi dan modal awal.

Permasalahan modal awal tentunya bukan hal yang mudah, mengingat tidak sedikit biaya yang Anda butuhkan untuk memulai dan menjalankan usaha ini. Banyak bank yang menyediakan fasilitas pinjaman namun seringkali prosesnya lama dan berbelit-belit. Karena itu, pilihlah bank yang menyediakan pinjaman yang mudah dan cepat, tanpa persyaratan yang sulit, dengan angsuran yang ringan.

Masih banyak yang harus Anda siapkan dalam mempersiapkan bisnis Anda selain penggalian potensi nilai jual dan persiapan teknis. Anda juga harus melakukan akselerasi terus-menerus terhadap ketrampilan Anda seperti dengan mengikuti kursus, bergabung dengan komunitas, dan terus memperkaya diri Anda dengan strategi pemasaran yang efektif.
Kata Kunci sukses……….”Hoby adalah Kemampuan Lebih yang dimiliki oleh setiap Orang karenaitu adalah karunia Ilahi yang tidak dapat ditirupleh manusia manapun”Selamat mencoba!
sumber: http://ads2.kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *