Senyum Monalisa Mengidap Kolesterol Tinggi

oil_painting_mona_lisa_by_leonardo_da_vinci_9674Ada kabar yang mengagetkan dan sekaligus membuat orang tertawa, Kita tahu bahwa kemenawanan lukisan leonardo da vinci yang berjudul monalisa terletak pada senyumnya yang anggun dan menawan, konon abapila kita memandangi lukisan ini secara serius maka lukisan tersebut akan seakan-akan hidup.

Ada apa dengan senyuman monalisa yang membuat lukisan ini sebagai lukisan teranggun dan termahal didunia? Ada beberapa ahli yang meneliti raut muka seseorang,atau gerak tubuh/bahasa tubuh, termasuk senyuman dapat menggambarkan kondisi seseorang yang sebenarnya. Seperti pandangan mata seseorang yang menipu,atau seseorang yang jatuh cinta dapat kita lihat dengan jelas,dan ini tidak bisa menipu karena ini menunjukkan keadaan jiwa seseorang tadi.

Menurut analisis medis seorang dokter ahli di Italia, lukisan itu(Monalisa) juga mengisyaratkan bahwa Mona Lisa mengidap masalah kolesterol yang kelewat tinggi,……..hahahah memang pada lukisan tersebut terlihat monalisa agak sedikit gemuk!

Dr Vito Franco, pakar dari Universitas Palermo, menilai gadis cantik dalam lukisan itu dalam kondisi yang kurang sehat. Dalam pandangan Franco, ada tanda-tanda yang jelas  terhadap penumpukan asam lemak di bawah kulit Mona Lisa, yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang sangat tinggi.

Dr Franco juga mengindikasikan bahwa Mona Lisa tampaknya mengidap lipoma pada mata kanannya. Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada di bawah kulit yang terdiri dari lemak. Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), tetapi juga dapat dijumpai pada anak-anak.

Menurut Dr Franco, analisis medis yang dilakukannya dapat mengungkap banyak hal ketimbang tinjauan secara artistik. “Penyakit itu terdapat di dalam tubuh, tidak memiliki dimensi metafisik atau supranatural,” papar dr Franco seperti dikutip surat kabar La Stampa.

“Orang yang digambarkan lewat karya seni menunjukkan ciri fisiknya, menyampaikan kepada kita sisi lemah kemanusiaannya tanpa dipengaruhi kesadaran seniman terhadapnya,” tambahnya. Dr Franco, profesor anatomi patologis di Universitas Palermo, memaparkan temuannya dalam konferensi kedokteran di Florence.

Tapi sekali lagi ini hanya merupakan dugaan kalau anda mau tahu tentang kondisi kesehatan monalisa pada saat itu tanyakan aja pada leonardo davinci!soalnya dia adalah orang terakhir yang melukis monalisa pada saat itu.

Sumber: Kompas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *