Fatwa MUI Melarang Peredaran Film 2012

2012sky_500Film fenomenal yang menggambarkan betapa dasyatnya kehancuran dan bencana yang terjadi di muka bumi (Bukan kiamat) yang baru-baru ini beredar diIndonesia 2012 pada hari ini sabtu 21 Nopember 2012 ditarik dari peredaran khususnya di Indonesia melalui Fatwa yang dikeluarkan MUI (Majelis Ulamah Indonesia)

Film yang ide dasarnya diambil dari ramalan kalender suku maya tentang akan terjadinya hari akhir atau terjadinya suatu siklus perputaran peradapan dan dunia baru. MUI memberikan alasan bahwa film ini meresahkan banyak orang (masyarakat) dan dapat merusak akidah dan bertentangan dengan agama. MUI juga mempermasalahkan tentang waktu yang diceriterakan dalam film 2012 tentang hadirnya kiamat sudah ditentukan yaitu tanggal 21 desember 2012. Selain itu kehancuran yang disajikan dalam film ini sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat karena itulah MUI memberikan fatwa bahwa 2012 tidak boleh beredar atau ditarik dari peredaran film di Indonesia.

Kalau Kita Lihat secara detail apa yang dipermasalahkan oleh MUI sebenarnya merupakan alasan kurang tepat untuk menarik film 2012, karena ceritera yang di sajikan justru dapat dijadikan gambaran dan motivasi untuk masyarakat memperbaiki aklaknya dan sebagai motivasi yang menggambarkan betapa dasyatnya peristiwa yang terjadi kalaupun kita lihat dalam Al quran dan hadis yang ada mengatakan bahwa gambaran kiamat lebih dasyat dari apa yang digambarkan oleh film ini. Kita seharusnya melihat dan menonton secara langsung bahwa alur yang disajikan di Film 2012 bukan merupakan gambaran dari Kiamat(Karena dalam film ini ada beberapa/sejumlah manusia yang selamat) akan tetapi ini merupakan gambaran dari bencana yang divisualkan dalam bentuk kreatif imajenasi yang dituangkan dalam teknologi animasi kreatif.

Keputusan MUI ini menunjukan bahwa bangsa kita/Masyarakat kita belum siap atau belum bisa menerima suatu karya Imajenasi kreatif yang ditunjukan oleh film ini, Anehnya lagi film-film atau tayangan yang benar-benar membahayakan aklak dan mengandung unsur MUSRIK sama sekali lepas dari pengawasan MUI seperti film-film yang berbau horor indonesia seperti Kuntilanak 1,2,3 ,Tali Pocong perawan, Suster Ngesot dan lainnya serta tayangan Misteri yang biasa di tayangkan di TV swasta atau film-film dewasa yang mengumbar nafsu,erotisme dan berkualitas rendah ini juga lolos dari pengawasan MUI.

Kalau Mungkin yang dipermasalahkan adalah unsur SARA (pada adegan 2012 menggambarkan banyak mesjid-mesjid yang hancur sedangkan gereja banyak yang masih kokoh berdiri ) ini masih bisa dimaklumi,akan tetapi masyarakat yang menonton sama sekali tidak mempermasalahkan hal ini dan mungkin hal ini sama sekali gak terlintas dari benak mereka yang mereka lihat adalah unsur seni yang digabungkan dengan unsur teknologi yang menggambarkan fiksi ilmiah yang terlihat dasyat!

Tapi setidaknya dari fatwa MUI ini sedikit banyak kita bisa ambil nilai positifnya bahwa manusia tidak usah cemas akan terjadinya KIAMAT karena waktu yang menentuka TUHAN manusia seharusnya tidak percaya terhadap ramalan baik itu dari ahli ramal kelas wahit dan kalender maya karena KIAMAT mutlak adalah Urusan Allah dan tak seorangpun bisa menafsirkannya,kita manusia hanya Update ketakwaan dan keimanan kita kearah yang lebih baik!

5 thoughts on “Fatwa MUI Melarang Peredaran Film 2012”

  1. inilh indonesia yg selalu ga bs nerima seni n budaya dluarnya.100% lw begini ters indonesia akn makin tertinggl dr bangsa ln. sampe film yg merupakn crt fiksi dr imajinasi ssorg must dtanggipn bgtuan.cb liht sinetron yg beredar dr pagi amp malam, dr mlm ampe pgi tuh apanya yg bermanfaat bgi kita justru mlh membt qt makin bodh ga berkembng..

  2. inilah sekelompok orang yang tidak mengerti seni, kn film 2012 tujuannya bukan untuk menakut nakuti siapapun, tetapi jadi pelajaran untuk kita semua untuk selalu berbuat baik sesuai ajaran agama masing masing, kalau pikiran2 orang indonesia kaya gini terus, kayanya indonesia bakal terus tertinggal oleh bangsa-bangsa lain di dunia, jayalah indonesiaku

  3. Itulah contoh orang yg gag bisa mengapresiasikan seni dan gag mau belajar untuk mengerti…cobalah liat dan perhatikan alur cerita film itu kemudian pahami isi ceritanya…100% bukan pilem kiamat….perbanyak surfing di internet, gali informasi dari berbagai narasumber…minta pendapat dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia…..klo perlu bikin poling…setuju pa ga pilem itu ditarik….

  4. Td mlm a lihat tu filem,, di dvd ,, gak ada yg menekutkan,, malah bikin ketawa,, masak kiamat ada orang yg masih hidup,, di filem tu bencana terjadi karna pergerakan lempeng dan aqirnya muncul benua baru,, semua mati,, kecuali yg ikut masuk ke kapal selam/kubah kiamat di kutub

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *