Kolesterol Musuh Dalam Selimut Yang Siap Menyerang Kapanpun

kolesterol_hdl_ldlPada saat saya menyusun artikel/info ini bapak saya dalam keadaan tidak sadar di ruang ICU rumah sakit Medical Mulya wonogiri, akibat terkena serangan stroke yang diakibatkan penyempitan/pengerutan jaringan otak akibat kolesterol.

Kolesterol adalah senyawa lemak yang memang di butuhkan oleh tubuh yang berasal dari manusia itu sendiri (diproduksi dalam tubuh manusia itu sendiri) atau dari protein hewani (nabati tidak ada), jadi jelas SEMUA munyak non kolesterol. Kolseterol bahan untuk hormon. Tubuh secara normal membuat kolesterol 1 gr/hari (kalo usia kita 50 puluh tahun makan kolesterol itu ……………) 365 x 50 x 1 gram = 18.250 gr atau 18 kg (weih berat juga, makanya olah raga). itu yang di produksi tubuh sedangakn menurut literatur (kaya yang suka baca). Kolesterol 2/3 disintesa tubuh dan 1/3 dari makanan. Maka bila kita usia 50 tahun 18,25kg dari tubuh dan 12.17 dari makanan maka berat total 30 kg (weih makin berat).

Untuk perbandingan dalam tubuh manusia Kolesterol yang diproduksi oleh tubuh manusia berjumlah 80% sedangkan 20% lagi diproduksi oleh  zat-zat diluar tubuh manusia yang berbentuk makanan (http://pedulikolesterol.com).

Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan
kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat.

Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai ‘pembawa'(carrier) kolesterol dalam darah.

Jenis kolesterol

1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)
Jenis kolesterol ini berbahaya sehingga sering disebut juga sebagai kolesterol jahat. LDL sangat berbahaya karena lemak yang terkandung dalam kolestrol ini dapat menempel pada permukaan pembuluh darah dan dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.
Kolesterol LDL mengangkut kolesterol paling banyak didalam darah.
Tingginya kadar LDL menyebabkan pengendapan kolesterol dalam arteri. sehingga dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh, apabila ini terjadi resiko terserang stroke sangat besar selain itu Kolesterol LDL juga merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner sekaligus target utama dalam pengobatan.

2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein).
Kolesterol ini tidak berbahaya. Kolesterol HDL mengangkut kolesterol lebih sedikit dari LDL dan sering disebut kolesterol baik karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati atau dengan kata lain HDL dapat melarutkan LDL yang menempel di pembuluh darah, untuk diproses dan dibuang.
HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

3. Trigliserida
Selain LDL dan HDL, yang penting untuk diketahui juga adalah Trigliserida, yaitu satu jenis lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ dalam tubuh.
Meningkatnya kadar trigliserida dalam darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah seperti kegemukan, konsumsi alkohol, gula, dan makanan berlemak.

Proses Terjadinya Penyumbatan Pada Pembuluh Darah

Kolesterol yang berlebihan dalam darah akan mudah melekat pada dinding sebelah dalam pembuluh darah. Selanjutnya, LDL akan menembus dinding pembuluh darah melalui lapisan sel endotel, masuk ke lapisan dinding pembuluh darah yang lebih dalam yaitu intima. Makin kecil ukuran LDL atau makin tinggi kepadatannya makin mudah pula LDL tersebut menyusup ke dalam Iintima. LDL demikian disebut LDL kecil padat.

LDL yang telah menyusup ke dalam intima akan mengalami oksidasi tahap pertama sehingga terbentuk LDL yang teroksidasi. LDL-teroksidasi akan memacu terbentuknya zat yang dpat melekatkan dan menarik monosit (salah satu jenis sel darah putih) menembus lapisan endotel dan masuk ke dalam intima
disamping itu LDL-teroksidasi juga menghasilkan zat yang dapat mengubah monosit yang telah masuk ke dalam intima menjadi makrofag.

Sementara itu LDL-teroksidasi akan mengalami oksidasi tahap kedua menjadi LDL yang teroksidasi sempurna yang dapat mengubah makrofag menjadi sel busa. Sel busa yang terbentuk akan saling berikatan membentuk gumpalan yang makin lama makin besar sehingga membentuk benjolan yang mengakibatkan penyempitan lumen pembuluh darah.

Keadaan ini akan semakin memburuk karena LDL akan teroksidasi sempurna juga merangsang sel-sel otot pada lapisan pembuluh darah yang lebih dalam (media) untuk masuk ke lapisan intima dan kemudian akan membelah-belah diri sehingga jumlahnya semakin banyak.

Uraian tersebut diatas menunjukan bahwa terjadinya sumbatan pada pembuluh darah tidak semudah yang kita bayangkan. Kadar kolesterol yang tinggi perlu diwaspadai karena merupakan cikal bakal proses penyumbatan pembuluh darah, terlebih lagi bila yang meninggi adalah kadar kolesterol LDL, yang kita kenal sebagai lemak “jahat”. Kalau kita lihat mekanisme pembentukan sumbatan pembuluh darah diatas, LDL semakin berbahaya bila mempunyai ukuran kecil dengan kepadatan tinggi atau yang kita kenal sebagai LDL-kecil-padat.

Ukuran Kandungan Kolesterol sebagai Patokan Kondisi dalam Tubuh

HDL (“Kolesterol Baik”)
Kurang dari 40 Rendah
Lebih dari 60 Tinggi
Total cholesterol (TC)
Kurang dari 200 Yang diperlukan
200-239 Batas normal tertinggi
Lebih dari 240 Tinggi
LDL (“Kolesterol jahat”)
Kurang dari 100 Optimal
100-129 Mendekati optimal
130-159 Batas normal tertinggi
160-189 Tinggi
Lebih dari 190 Sangat Tinggi
Triglycerides
Less than 150 Normal
150-199 Batas normal tertinggi
200-499 Tinggi
Equal to or higher than 500 Sangat tinggi

Source: National Heart, Lung, and Blood Institute

Cara Mengobati Kolesterol Tinggi dengan Sinar Biofir

Dari hasil penelitian klinis, sinar biofir memberi efek memecah molekul air menjadi gugus-gugus yang lebih kecil dan lebih aktif.

Sinar biofir memiliki daya tembus yang luar biasa, menembus berbagai macam materi kecuali logam. Sinar bio fir memiliki sifat juga sebagai gelombang elektromagnetik, sebagaimana gelombang radio, handphone, dll yang dapat menembus dan terpancar ke segala arah.

Pancaran sinar biofir dari kalung dan batu tersebut kira-kira sejauh 40 cm yang berarti dapat mencapai seluruh rongga dada saat dipakai. Sinar bio fir tersebut berarti akan mengenai organ seperti jantung dan pembuluh darah di daerah leher, dada, kepala, punggung hingga perut dan lengan tangan.

Prinsip kerja yang lain adalah sinar bio fir memberikan efek pemanasan dan resonansi. Pemanasan artinya memberikan efek hangat, paparan energi terhadap sel-sel tubuh, cairan tubuh, organ dan darah. Resonansi berarti memberi efek ikut bergetarnya molekul-molekul zat pembentuk tubuh (ingat: 70% pembentuk tubuh adalah air).

Sinar bio fir yang dipancarkan kalung tersebut saat dipakai adalah mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi kadar garam dan mengurangi kadar asam darah. Selain itu memberikan energi tambahan terhadap sel-sel tubuh, dan membuat molekul-molekul dalam tubuh kita lebih aktif. Molekul air dapat lebih terserap dengan baik. Akibat selanjutnya metabolisme di dalam tubuh kita menjadi semakin lancar, yang berarti juga badan kita lebih sehat.

Efek lain dari sinar bio fir adalah membunuh bakteri, menetralisir racun, membersihkan kotoran. Setiap saat darah dipompa keluar masuk jantung. Darah mengalir melalui pembuluh darah. Sinar bio fir dari kalung yang kita pakai senantiasa memberikan paparan sinar bio, energi dan resonansi sebagaimana yang dijelaskan di atas.

Produk kami menawarkan solusi sehat tanpa obat dengan menggunakan kalung biofir, silahkan kunjungi menu order untuk mendapatkan harga special.

Sumber: Peduli kolesterol,http://www.biofir-treatment.com, dan sumber lain

Kandungan Kolesterol Dalam Makanan

Jenis Makanan Kolestrol
(mg/10 gr)
Kategori
Jenis makanan yang aman dikonsumsi karena kadar kolestrol yang rendah
Putih telur ayam 0 sehat
Teripang 0 sehat
Susu sapi non fat 0 sehat
Daging ayam / daging bebek pilihan tanpa kulit 50 sehat
Ikan air tawar 55 sehat
Daging sapi / daging babi pilihan tanpa lemak 60 sehat
Daging kelinci 65 sehat
Daging kambing tanpa lemak 70 sehat
Ikan ekor kuning 85 sehat
Jenis makanan yang boleh dikonsumsi sekali-kali
Daging asap (ham / smoke beef) 98 sekali-sekali
Iga sapi 100 sekali-sekali
Iga babi 105 sekali-sekali
Daging sapi 105 sekali-sekali
Burung dara 120 sekali-sekali
Ikan bawal 120 sekali-sekali
Jenis makanan yang perlu diperhatikan untuk dikonsumsi karena kadar kolestrol yang cukup tinggi
Daging sapi berlemak 125 hati-hati
Gajih sapi 130 hati-hati
Gajih kambing 130 hati-hati
Daging babi berlemak 130 hati-hati
Keju 140 hati-hati
Sosis daging 150 hati-hati
Kepiting 150 hati-hati
Udang 160 hati-hati
Kerang 160 hati-hati
Siput 160 hati-hati
Belut 185 hati-hati
Jenis makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang tinggi.
Santan 185 berbahaya
Gajih babi 200 berbahaya
Susu sapi 250 berbahaya
Susu sapi cream 280 berbahaya
Coklat 290 berbahaya
Margarin / Mentega 300 berbahaya
Jeroan sapi 380 berbahaya
Jeroan babi 420 berbahaya
Kerang putih / tiram 450 berbahaya
Jeroan kambing 610 berbahaya
Jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang sangat tinggi.
Cumi-cumi 1170 pantang
Kuning telur ayam 2000 pantang
Otak sapi 2300 pantang
Otak babi 3100 pantang
Telur burung puyuh 3640 pantang

4 thoughts on “Kolesterol Musuh Dalam Selimut Yang Siap Menyerang Kapanpun”

  1. Maaf baru bisa ngasih koment: to pak imam,Terimakasih atas ucapannya, mohon doanya agar bapakku diterima disisinya dan diampuni segala dosanya, oh ya trimakasih atas kedatangannya dan maaf apabila pelayanannya kurang memuaskan atau ada kesalahan!!We are family!!!

  2. Pak Pandji, turut berduka. Innalilalhi wa innailaihi rojiun…
    Semoga segala amal baik Bapaknya diterima Allah Swt.

    Maaf gak bisa melayat, sebenarnta pingin waktu itu..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *