Suku Maya Membantah Ramalan 2012 Kiamat!

afced130-c270-4250-b545-ab2c0bee3625Beberapa saat yang lalu kami menampilkan suatu artikel ramalan dari bangsa/suku maya tentang kiamat yang diramalkan melalu kalender suku maya yang sangat terkenal. Beberapa ada yang pro dan ada yang kontra tentang ramalan ini. begitu juga beberapa kepala suku dan pimpinan bangsa maya yang secara tegas membantah bahwa tanggal 21 desember 2012 bukan merupakan kiamat tapi pada tanggal atau tahun ini memang ada beberapa peristiwa besar yang menurut sejarah merupakan peristiwa yang terjadi dalam beberapa ribu tahun sekali dan meraka membantah 2012 BUKAN AKHIR DUNIA dan ini merupakan perkiraan barat yang dikaitkan dengan peninggalan bangsa kami.

Apolinario Chile Pixtun bosan dihujani pertanyaan mengenai kalender Maya yang memperkirakan kiamat pada 21 Desember 2012. Menurut tetua Indian Maya itu, berita tersebut tidak benar. ”Saya kembali dari Inggris tahun lalu dan mereka membuat saya muak dengan hal itu.”

Keadaan bisa bertambah buruk baginya. Bulan depan film Hollywood berjudul 2012 akan diputar di bioskop, yang memperlihatkan gempa bumi, hujan meteor, dan sebuah tsunami mencampakkan sebuah kapal induk ke Gedung Putih.

Di Universitas Cornell, Ann Martin, yang mengelola situs internet Curious? Ask an Atronomer, mengatakan, orang- orang telah ketakutan.

”Sayang sekali bahwa kita mendapatkan e-mail dari siswa-siswa SD yang mengatakan bahwa mereka terlalu muda untuk mati,” kata Martin. ”Ada juga seorang ibu dua anak kecil yang takut dia tidak akan hidup untuk melihat mereka dewasa.”

Chile Pixtun, warga Guatemala, mengatakan, teori-teori hari kiamat itu datang dari gagasan Barat, bukan Maya.

Sebuah periode waktu yang penting bagi orang Maya memang berakhir pada tanggal itu, dan orang-orang telah menemukan serangkaian penjajaran astronomis yang menyebutkan pada tahun 2012 akan ada kejadian langka bagian dari siklus setiap 25.800 tahun.

Namun, sebagian besar ahli arkeologi, astronomi, dan suku India Maya mengatakan, satu-satunya yang mungkin akan menghantam Bumi adalah hujan filsafat New Age dan kabar angin soal kiamat di internet. Dengan kata lain, hari kiamat itu tidak benar.

Ramalan kiamat tahun 2012 terdengar seperti skenario kiamat yang bermunculan dalam beberapa dekade terakhir. Namun, ”ramalan” Maya ini agak lain karena disebutkan mempunyai beberapa dasar arkeologis.

Salah satu conrohnya adalah Monumen Enam. Monumen ini ditemukan di Meksiko selatan saat pembangunan jalan raya tahun 1960-an. Lapisan batu di monumen itu nyaris musnah. Sebagian besar situs itu tertutup aspal dan bagian-bagian dari batu itu telah dijarah.

Namun uniknya, ada bagian batu masih tersisa, yang mengandung padanan angka 2012. Pesan yang tertangkap pada lembar batu itu menyebutkan akan terjadi sesuatu pada tahun 2012. Perkiraan itu melibatkan Bolon Yokte, salah satu dewa Maya yang misterius yang dihubungkan dengan perang dan penciptaan. Erosi dan retakan pada batu itu membuat bagian akhir dari tulisan itu nyaris tak terbaca.

Ahli arkeologi Guillermo Bernal dari Universitas Otonomi Nasional Meksiko mengartikan bagian akhir tulisan yang sudah terkikis itu mungkin menyebutkan, ”Dia akan turun dari langit”.

Peradaban Maya mencapai puncak kejayaan dari periode tahun 300 Masehi sampai 900 Masehi. Mereka juga mengembangkan astronomi.

Kalender Hitungan Panjang milik Maya dimulai tahun 3114 sebelum Masehi. Kalender ini menandai siklus 394 tahunan sebagai Baktun. Angka tiga belas adalah angka penting dan sakral bagi Indian Maya. Suku ini memercayai Baktun ke-13 berakhir sekitar 21 Desember 2012.

Namun, ada yang mengatakan hal itu tidak menyimpulkan soal kiamat. ”Itu merupakan ulang tahun khusus soal penciptaan,” kata David Stuart, seorang spesialis epigrafi Maya dari Universitas Texas di Austin, AS. ”Orang Maya tidak pernah mengatakan dunia akan berakhir, tidak pernah mengatakan sesuatu yang buruk akan terjadi. Mereka hanya mencatat peringatan masa depan di Monumen Enam.”

Bernal mengatakan bahwa kiamat merupakan sebuah konsep ”yang sangat Barat, Kristen” yang diproyeksikan kepada orang Maya”.

Namun, sebagian orang mengatakan orang Maya mengetahui sebuah rahasia lain: poros Bumi bergoyang dan mengubah posisi bintang-bintang setiap tahun. Sekali dalam setiap setiap 25.800 tahun Matahari menjajarkan diri dengan pusat Bima Sakti. Ini sekaligus menandakan Matahari berada pada titik terendah di kaki langit. Itu akan terjadi pada 21 Desember 2012. Saat itu pula Matahari terbit di tempat yang sama dan pusat galaksi menjadi terang benderang.

Teori lain memang menyebutkan penjajaran itu atau gangguan magnetik bisa menimbulkan pergeseran kutub. Ilmuwan mengatakan, kutub-kutub mungkin bergeser satu derajat selama satu juta tahun. Namun, dikatakan juga, tak ada tanda-tanda itu akan terjadi pada tahun.

sumber: Kompas

26 thoughts on “Suku Maya Membantah Ramalan 2012 Kiamat!”

  1. “Namun, sebagian orang mengatakan orang Maya mengetahui sebuah rahasia lain: poros Bumi bergoyang dan mengubah posisi bintang-bintang setiap tahun. Sekali dalam setiap setiap 25.800 tahun Matahari menjajarkan diri dengan pusat Bima Sakti. Ini sekaligus menandakan Matahari berada pada titik terendah di kaki langit. Itu akan terjadi pada 21 Desember 2012. Saat itu pula Matahari terbit di tempat yang sama dan pusat galaksi menjadi terang benderang.

    Teori lain memang menyebutkan penjajaran itu atau gangguan magnetik bisa menimbulkan pergeseran kutub. Ilmuwan mengatakan, kutub-kutub mungkin bergeser satu derajat selama satu juta tahun. Namun, dikatakan juga, tak ada tanda-tanda itu akan terjadi pada tahun.”

    pikir lagi apa yang bisa disebabkan panas matahari?

  2. Pingback: An Ironic Moment from the Michigan GOP Debate

  3. moga-moga dunia cepat kiamat !!!!!!!!!! Amin Ya Robbal Alamin Semoga Allah SWT mengabulkannya Secepatnya !!!!! Amiiinnn Yaa Robbal Alamin !!!!!!

  4. wah………………………….. ada brita buruk nih,,,,,,,,,,,,,,,! katax 2012 akan terjadi kiamat tpi aku tdk prcy tuhhhhhhhhhhhhh

  5. ga usah bigung ma kiamat……kan nanti pastinya kita mti jg,jd bertobatlah wahai umat manusia……….he……..he………inget ma Allah SWT….

  6. Jangan percaya ama tukang ramal yang tidak ada kepastian kebenarannya.. percaya ama teknologi pasti.. ada bukti ? ada keterangan pasti dari para ahli bahwa dunia akan kiamat pada tahun 2012 ? ada ?? kalo tak ada cuma ramal2 only talking no meaning la…,…..!! ..!!!!!!!!……….!!!!!!..????????……..!!!!!!!!!!!!!

  7. daripada mikirin kapan kiamat datang??yang pastinya klo kiita orang yang beragama pasti percaya akan adanya kiamat karena itu salah satu rukun iman….dalam islam…jadi mending kita ngaji n solawatan aja yoooo….rame2…

  8. just commenting… di kalimat… “Bernal mengatakan bahwa kiamat merupakan sebuah konsep ”yang sangat Barat, Kristen” yang diproyeksikan kepada orang Maya”. Ko da nyebut2 agama lain siii?? pdhl ga da agama yg bs ngeramal kapan kiamat. klo ni cm komersialisme yg dibuat ma barat sii emg bener, tapi klo da embel2 ‘kristen’, I think its too provocative..
    thx

  9. gimana kalo kita percaya aja 21 Desember 2112 emang kiamat?
    karena itu mulai sekarang kita bertobat, bersedekah, berbuat baik. kalo emang bener kiamat, kita sudah punya tabungan, kalo salah, toh itu kan emang berpahala dan bakal jadi bekal kita di akhirat kelak.
    betul gak?

  10. Pingback: dunia anjari » Blog Archive » 2012

  11. sekarang jaman komputer ko masih percaya ramalan bangsa maya primitif… berarti kita lebih konyol dibanding jaman majapahit hueueu

  12. ngapain kita nyesel ttg boongnya berita kiamat ?? toh Tuhan bsa bwt kiamat kpn aj ?? ea g ?? Lakukan hal-hal positif, berdoa n jgn lpa selamatkan bumi dari kerusakan (penipisan lapisan ozon, tanah longsor, banjir, dll) 

    mnrt q ea g ad pengaruhnya sich kutub bergeser 1 derajat tiap 1 juta tahun ???

  13. Ternyata kesimpulan dari 1 sisi saja toh!? Subyektif bianget!
    Huallah membuat tegang orang sejagat raya aja.
    Setidaknya, membuat perasaan orang yang baca jd sedikit lebih tenang akan gencaran ramalan 2012.
    Tapi ga ada salahnya, untuk menjaga bumi walau agak telambat.
    Selamatkan bumi!
    STOP pemakaian benda, zat” yang merusak bumi termasuk di dalamnya OZON, UDARA, dan AIR.
    But anyway, apa yg terjadi jk kutub bergeser 1 derajat tiap 1 juta tahun?

  14. wakakaka ternyata bangsa maya marah juga ya ternyata ramalannya hanya perkiraan bangsa barat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *