Batik Masuk Dalam Budaya Warisan Dunia, 2 Oktober Sebagai Hari Batik Dunia

batik4Jogjakarta, Bangsa Kita patut berbangga dan lega karena Kurang sehari lagi yakni, 2 Oktober 2009 nanti, UNESCO akan mengukuhkan dan nmenetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) di Prancis. Kebanggan bagi bangsa ini dan jangan sampai momen istimewa ini terlewat dan dilupakan begitu saja!ini merupakan suatu moment sejarah bangsa kita yang memiliki beragam kebudayaan yang termasyur didunia.

Beberapa waktu yang lalu malaysia sempat mengclaim bahwa batik adalah merupakan budaya bangsa malaysia yang sudah ada pada jaman kerajaan malaysia terdahulu. Dan raja-raja malaysia selalu menggunakan batik, corak batik yang di claim adalah corak parang rusak.

Mendengar berita batik indonesia akan di jadikan sebagai warisan budaya dunia menteri kebudayaan malaysia mengajukan protes kepada UNESCO ia mengatakan bahwa sebenarnya batik merupakan budaya malaysia yang sudah diugunakan sejak lama oleh para raja-raja di malaysia walaupun teknik dan cara pembuatan yang berbeda, bahkan singapura dan India juga memiliki batik walau namanya berbeda.

Kalau ditinjau dari sejarah telah tercatat dalam History of java karya thomas stanford raffles yang pada saat itu merefleksikan batik sebagai pakaian kebangsaan orang jawa/bangsawan jawa yang kala itu dijadikan sebagai pakaian resmi untuk upacara-upacara adat. Buku ini di karang pada tahun 17oo san pada saat rafles menjabat sebagai gubernur di tanah jawa. Bahkan beberapa dari peninggalan sejarah pada masa pra sejarah motif batik telah ada hal ini dikatakan oleh Drs Suparman, Mantan dosen sejarah Universitas Cendrawasi Papua dan pensiunan dosen sejarah Universitas veteran bangun nusantara. beliau juga menegaskan bahwa batik dapat di buktikan ada sejak berabad-abad lampau hal ini dibuktikan dengan ditemukan motif-motif batik yang terdapat di beberapa candi tua yang ada di indonesia seperti beberapa candi yang ada di jawa timur dan di jawa tengah.

Sebagai ujud kebanggan serta rasa syukur yang mendalam sejumlah daerah pada “Batik Day atau pada hari batik sedunia yang ditetapkan jatuh pada 2 Oktober besok Presiden telah menginstruksikan agar semua rakyat , pegawai negeri sipil dan pegawai di BUMN BUMD di seluruh indonesia untuk mengenakan pakaian batik selama tiga hari berturut-turut mulai dari besok tanggal 2 oktober. Bahkan sebelum ada informasi mengenai mengukuhkan batik Indonesia oleh UNESCO Pemkab Banyumas sudah melangkah lebih dulu dengan himbuan yang sama.

Bahkan wajib batik dikenakan tidak hanya pada Jumat tapi, Kamis, Jumat hingga Sabtu .”Dulu pakain batik hanya dikenakan pada Jumat namun sejak Oktober nanti PNS wajib selama tiga hari,” kata Kepala Humas Pemkab Banyumas Agus Nur Hadie.

Pada saat pengukuhan batik sebagai World Heritage, tidak hanya PNS, karyawan BUMD dan BUMN namun masyarakat umum juga dihimbau untuk mengenakan batik. “Kita sudah sosialisasikan melalui media, radio, kantor kecamatan sampai kelurahan/desa agar masyarakat juga menyambut Batik Day sebagai wujud kebanggaan terhadap warisan budaya,” jelasnya.

Besok kita bisa melihat bangsa malaysia akan gigit cari karena aksi atau program pemalingan budaya dari Indonesianya terkandas dan tidak berhasil dilaksanakan! tapi jangan senang dulu sebab banyak budaya kita yang perlu dipertahankan dari tangan jail Bangsa maling budaya Malaysia! Waspadalah…..waspadalah!!

2 thoughts on “Batik Masuk Dalam Budaya Warisan Dunia, 2 Oktober Sebagai Hari Batik Dunia”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *