Rahasia Panjang Umur Kura-kura dan Bangau

toothless-chinese-manKita telah kenal bahwa kura-kura merupakan salah satu hewan yang memiliki umur panjang, Kura-kura bis a mencapai umur 350 tahun (kura-kura raksasa galapagos) dan konon burung bangau pun memiliki umur panjang,tapi tidak sepangjang umur kura-kura!bandingkan dengan tingkat umur manusia yang kebanyakan hanya mencapai usia 60-80 tahun!
Di china konon kaisar-kaisar dulu memiliki umur yang pendek rata-rata hanya mencapai usia 40 – 50 tahun, Kaisar-kaisar lalu memanggil seorang tabib yang memiliki ilmu yang tinggi. Para tabib tersebut di tugaskan  untuk  menyelidiki dan mencari tahu rahasia di balik umur panjang kedua hewan itu(Kura-kura dan bangau).

Rahasia itu akhirnya dibongkar mereka mengkaji gerak,makanan dan gaya hidup kedua hewan tersebut serta meramu dan mencari tau apa yang menyebabkan kedua hewan ini berumur panjang. Berdasarkan kajian si tabib, rahasianya ada pada gerakan kaki (seperti kesimbangan kaki burung bangau) dan putaran leher (kura-kura saat berjalan). Kedua gerakan itulah yang diadopsi dalam olah tubuh ala taichi sampai saat ini.

Taichi adalah termasuk dalam salah satu jenis olah raga olah tubuh warisan kuno Cina yang mengutamakan gerakan lemah gemulai dan anggun, napas yang dalam, dan konsentrasi mental untuk mendapatkan harmoni antara badan dan jiwa. Ke seimbangan jiwa sangat di tekankan dalam taichi termasuk keseimbangan antara Ying dan Yang

Karena taichi adalah aktivitas yang tidak keras, maka taichi sangat dianjurkan bagi manula yang sedang mengalami penurunan kesehatan atau persoalan fisik lainnya tujuannya adalah untuk mengolah dan membangkitkan energi-energi positif dan meminimalkan energi negatif dalam tubuh. Taichi juga olahraga yang mudah dilakukan di mana saja, tidak memerlukan peralatan khusus, dan bisa dilakukan kapan saja dan yang terpenting tidak memerlukan ruang dan biaya yang mahal.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan manfaat taichi bagi para warga senior, antara lain menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan sendi, serta mengurangi lemak tubuh, selain itu taichi juga dapat memperlancar jalannya aliran darah ke otak serta menambah daya konsentrasi serta kebugaran tubuh.

Karmaka Surjaudaja (76), adalah salah satu penggemar olahraga taichi. CEO Bank NISP ini setiap hari tak pernah absen melakukan taichi di lapangan GOR Pajajaran, kota Bandung. Kegiatan olah tubuh itu sudah 12 tahun dilakoninya, yakni sejak ia melakukan tranplantasi lever pada tahun 1997.

“Taichi membuat fisik saya lebih kuat, bahkan setelah saya menjalani cangkok ginjal 23 tahun lalu,” kata pria yang memang masih terlihat bugar dan tegap ini. Dengan kedisplinan tinggi dalam melakukan olahraga pernapasan itu, Karmaka mampu bertahan dari hari ke hari, meski kini tubuhnya telah digerogoti kanker hal ini membuktikan tai chi dapat memperlambat tumbuh kembangnya penyakit kanker dan dapat mengolah dan menciptakan keseimbangan dalam tubuh sehingga reproduksi sel baru dapat berjalan lancar dan memperpanjang umur.

Awam akan melihat taichi seperti tarian yang indah, dengan gerakan yang lambat, mengalir dan tak berkeputusan. Namun justru dalam kelembutannya tersembunyi tenaga yang kuat. “Kalau habis berlatih badan bisa basah oleh keringat karena gerakan taichi banyak yang bertumpu pada lutut,” papar Karmaka.

Taichi menekankan pernapasan perut yang dalam, sehingga paru-paru terpakai maksimal dibandingkan pernapasan dada pada umumnya. Taichi juga meningkatkan detak jatung sehingga bisa membantu kesehatan jantung dan paru.

Walaupun gerakan lambat, sebenarnya siapa pun boleh melakukan taichi. Satu kali latihan terdiri dari 20 menit pemanasan, 24 menit latihan taichi, dan 10 menit pendinginan.

dengan taichi kita dapat memanfaatkan energi bumi,Tumbuhan dan alam yang dapat diolah dalam tubuih dan dimanfaatkan kembali dalam bentuk energi,baik energi kekuatan atau energi lain yang sangat bermanfaat dalam tubuh manusia dan memperpanjang umur

Nah kalau sudah nyata khasiatnya mengapa gak mencoba!!!!

Sumber Kompas

8 thoughts on “Rahasia Panjang Umur Kura-kura dan Bangau”

  1. Pingback: Are you ready to be old and stay healthy? | Social and Human Life

  2. Pingback: Apakah kamu sudah siap menjadi Tua dan tetap sehat? | Pandji Artikel

  3. “Ia yang merasa tahu tidak luas pengetahuannya, yang luas pengetahuannya tidak merasa tahu”

    Merasa lebih tinggi dari yang lain adalah awal keruntuhan.

  4. pandjiwinoto

    Yup aku sangat setuju dan mendukung sekali mas umur udah ditentukan TUHAN tapi bukan berarti manusia tidak boleh berusaha!!!ALLAH SWT paling senang bila umatnya beriktiar dan berusaha!!!! begitu juga dalam hal kesehatan, semakin kita berumur panjang semakin banyak kesempatan kit untuk meningktkan ketakwaan kita kepadaNYA ,shalat memng merupakan gerakan yang sempurna dan menurut penelitian bisa menyehatkan dan memperpanjang umur,tapi gak ada salahnya jika kita mencoba hal lain yang tidak ada unsur haram dan tidak bertentangan dengan ajaran ISLAM adalah agama yang menerima pruralisme Jangan hanya fanatik kedalam bung!!!! sebab Nabipun mengajarkan kita untuk Hablul MINAULLAH dan hablulminanas dan ini hanayalah informasi semoga bermanfaat!!

  5. “”””””””Soal umur sudah ditentukan Tuhan kadarnya, persoalannya adalah bagaimana kita hidup dalam umur tertentu bisa dalam keadaan sehat. Pencapaiannya yang sempurna untuk itu dengan olah gerak lahir dan batin adalah shalat (rukin Islam yang ke 2). Taichi belum seberapa bung!””””””””””””” tai asuk nih orang sok sok an banget …..

  6. Soal umur sudah ditentukan Tuhan kadarnya, persoalannya adalah bagaimana kita hidup dalam umur tertentu bisa dalam keadaan sehat. Pencapaiannya yang sempurna untuk itu dengan olah gerak lahir dan batin adalah shalat (rukin Islam yang ke 2). Taichi belum seberapa bung!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *