Operasi Kepala Dengan Bor Bangunan

artfacesurgeryclinicBiasanya Operasi dilakukan dengan prosedur-prosedur tertentu dan dilakukan di ruang yang steril dan bersih serta peralatannya terjaga dari kuman atau bakteri yang membahayakan yang dapat menyebabkan infeksi,dan alat-alat operasi tersebut biasanya di sterilkan terlebih dahulu guna pencegahan terhadap infeksi,tetapi langkah yang mengejutkan dan terpaksa untuk menyelamatkan pasien seorang dokter di australia melakukan operasi dengan menggunakan Bor yang digunakan untuk bangunan untuk mengoperasi tengkorak kepala dari seorang pasiennya.


Langkah itu diambil karena sang pasien mengalami penggumpalan darah di otak, sementara rumah sakit kekurangan peralatan medis yang diperlukan dan langkah yang dilakukan oleh dokter ini harus secepat mungkin bila menunggu atau mengalami penundaan beberapa syaraf Otak pasien akan rusak dan dapat mengakibatkan kematian.

Langkah yang penuh resiko yang diambil oleh dr Rob Carson melakukan operasi terhadap Nicholas Rossi (13), setelah anak itu jatuh dari sepeda dan kepalanya terbentur. Yang terpikir oleh dr Rob Carson adalah bagaimana bertindak cepat untuk menyelamatkan nyawa dari pasiennya tanpa mempedulikan bagaimana kalau operasi yang ia lakukan gagal!

Ayah pasien mengatakan bahwa keputusan dokter untuk melakukan improvisasi peralatan operasi berhasil menyelamatkan anaknya. “Ini bukan prestasi pribadi, ini hanya melakukan tugas saja,dan yang terpenting adalah nyawa seorang anak manusia dapat terselamatkan” ujar dr Carson.

Nicholas Rossi tampak dalam keadaan stabil sesaat setelah jatuh dari sepedanya. Namun, ibunya yang seorang perawat melihat bengkak dan memar di kepalanya dan memutuskan untuk membawa dia ke rumah sakit setempat. Sesampainya di rumah sakit, Nicholas mengalami masa kritis antara dalam keadaan sadar dan tidak sadar.

“dr Carson datang dan mengatakan, ‘Saya harus membuat lubang di tengkoraknya untuk membuang tekanan di otaknya akibat dari darah yang membeku .’ Kita hanya punya satu kesempatan,” ujar ayah pasien itu.

Rumah sakit kecil tidak memiliki alat operasi khusus sehingga tim medis harus mempergunakan alat bor bangunan yang sebelum digunakan telah di sterilkan terlebih dahulu.dan anda jangan beranggapan perasalan yang di pakai oleh dokter carson untuk membedah adalah peralatan yang sudah digunakan atau peralatan second

dr Carson menelepon seorang ahli bedah saraf yang memberi bantuan kepadanya dalam melakukan operasi tersebut dengan memberi tahu lokasi di kepala untuk dibor dan seberapa besar kedalam pengeboran. Setelah operasi ini, Nicholas Rossi dibawa ke rumah sakit yang lebih besar di Melbourne dan dirawat secara insentif.Untung saja dr Carso berinisiatif dan berinprofisasi dengan peralatan darurat yang akhirnya menyelamatkan nyawa dari seseorang, bagaimana kalau hal tersebut terjadi di Indonesia????wah mungkin pasiennya keburu meninggal dan dokter yang melakukannya aka di hujat oleh sebagian masyarakat!!!

3 thoughts on “Operasi Kepala Dengan Bor Bangunan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *