Ramalan Kiamat Kalender Suku Maya

Kalender Maya Menunjukan Peradapan Yang Sangat Maju
Kalender Maya Menunjukan Peradapan Yang Sangat Maju

(Sebelum membaca artikel ini perlu di sadari bahwa kiamat yang mengatur adalah ALLAH SWT/Tuhan Pencipta Alam, Jadi mohon ini hanyalah sekedar informasi perilaku manusia mengenai keyakinannya terhadap Kiamat! yang kebenarannya belum tentu kebenarannya) Salam damai…..(Pandji Winoto)

Bangsa Maya Kuno hidup pada 2000 SM sampai 250 M, dan mengalami masa keemasan 250 M sampai 900 M di sepanjang pantai utara Semenanjung Yucatan Meksiko, yang kini dikenal sebagai Mek­siko Selatan, Guatemala dan Be­lize.

Dalam sejarah peradaban kuno dunia, Bangsa Maya bagaikan bangsa yang diturunkan dari langit, mengalami zaman yang cemerlang, kemudian lenyap secara misterius.

Mereka menguasai pengetahuan astronomi yang khusus dan mendalam, sistem penanggalan yang sempurna, perhitungan perbintangan yang rumit serta metode pemikiran abstrak yang tinggi. Kesempurnaan dan akurasi dari pada penanggalannya membuat banyak para ahli takjub!

Kakender suci bangsa Maya atau Tzolkin adalah pintu memasuki pemikiran suatu peradaban sangat maju di dunia Barat sebelum kedatangan bangsa-bangsa Eropa. Para ahli meyakini, astronomi Maya Kuno adalah pencapaian intelektual yang menakjubkan, setara dengan geometri Mesir Kuno dan filosofi Yunani.

Banyak orang percaya, kalender berusia 2.000 tahun itu lebih akurat dibandingkan kalender Gregorian yang digunakan sejak tahun 1582.

Bangsa Maya Kuno hidup pada awal milenium pertama sesudah Masehi di wilayah Mesoamerika, yang membentang dari Meksiko Utara ke Honduras, di utara Semenanjung Yucatan. Penduduknya berjumlah 5 juta sampai 14 juta orang, bermukim di kota-kota yang kini dikenal sebagai Meksiko Selatan, Guatemala, dan Belize.

siklus setiap 2000 tahun ada kejadian bencana besar
siklus setiap 2000 tahun ada kejadian bencana besar

Dalam The Mayan Calendar and the Transformation of Consciousness (2004), Carl Johan Calleman PhD menulis, selain kebudayaan yang tinggi di bidang seni dan arsitektur yang ditemukan di kawasan-kawasan piramida, seperti Palenque, Tikal, Copán, dan Chitchén Itzá, bangsa Maya Kuno sangat dikenal kemampuannya dalam ilmu astronomi dan matematika. Bangsa inilah yang pertama menggunakan angka nol (0).

Bangsa Maya Kuno terobsesi pada waktu. Menurut Lawrence E Joseph dalam Apocalypse 2012 (2007), mereka menciptakan sedikitnya 20 kalender, disesuaikan dengan berbagai siklus, mulai dari kehamilan hingga panen, bulan hingga Venus. Penghitungan orbitnya sangat akurat dengan selisih hanya satu hari setiap 1.000 tahun.

Reruntuhan kota-kota mereka, menurut Jared Diamond dalam Collapse: How Societies Choose to Fail or Survive (2005), baru ditemukan tahun 1839 oleh ahli hukum dari Amerika Serikat, John Stephens, bersama juru gambar asal Inggris, Frederick Catherwood. Eksplorasi itu menemukan 44 kota dan tempat.

Terobsesi siklus

Yang terpenting bagi masyarakat Maya Kuno adalah etos kosmis. Kedamaian berarti sikap harmoni dengan gerakan abadi alam semesta. Akibat terpaku pada siklus, mereka tidak menyadari perubahan di sekitar mereka.

Hal ini mungkin menjelaskan keambrukan bangsa itu. Meski ada yang meyakini mereka moksa, Jared Diamond secara metodologis menjelaskan, penyebabnya adalah hancurnya daya dukung lingkungan karena bertani dan membabat hutan secara berlebihan, serta pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi.

Pandangan itu dikonfirmasi penelitian Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang menemukan serbuk sari terperangkap dalam sedimen berusia 1.200 tahun—menjelang keruntuhan peradaban Maya—di sekitar wilayah Tikal. Itu pertanda deforestasi masif; pepohonan lenyap, tinggal rumput.


Penyebab lain adalah perang terus-menerus memperebutkan kekuasaan dan sumber daya alam. Kurang dari satu abad, jumlah penduduk berkurang 80-90 persen. Menurut Diamond, perhatian para pemimpin saat itu tampaknya berpusat pada masalah jangka pendek. Mereka serakah, gila kuasa, dan menindas.

Namun, keruntuhan dramatis itu tidak menihilkan kearifan bangsa Maya Kuno, khususnya tentang ramalan bencana yang belum tertandingi. Penyerbuan Spanyol atas perintah Roma tahun 1519 sudah diramalkan dengan bantuan bintang-bintang di angkasa.

Ramalan itu menyelamatkan teks-teks kuno—yang masih disimpan para tetua di pedalaman—di antara ribuan teks yang dibakar penjajah dan empat buku tentang Kalender Maya yang kemudian ditemukan di Eropa.

Sekarang Kalender Maya meramalkan kejadian di dunia pada 21/12/2012 Tetapi kita sebagai manusia beragama tentunya tidak boleh sepenuhnya percaya pada ramalan ini sebab hanya Tuhan yang tau dan yang berhak memutuskan kapan kiamat akan datang karena Jodoh,Ajal dan Kiamat merupakan hak Veto dan Rahasia ILLAHI! sumber: Kompas dan berbagai sumber

217 thoughts on “Ramalan Kiamat Kalender Suku Maya”

  1. Pingback: Kecerdasan « 9nasihat

  2. Nyante aj kiamat ga akan menghabiskan semua manusia kq dari smw umat manusia akan tersisa 1/3 aj jd tergantung qt ikut yg mana….

  3. itu tanda dari TUHAN……….
    supaya kata manusia harus segera bertobat sebelum kiamat datang……

  4. Pingback: Tips Membuat Promo Produk Melalui Kalender | Pandji Artikel

  5. Yup benarakan tetapi saya yakin semua ramalan manusia jika benar itu cuma kebetulan belaka semeua adalah Ketetapan dan hukum Allah yang berlaku

  6. klo pun ramalan bangsa maya itu benar terjadi….kita tetap harus mempercayai bahwa itu terjdi krn kehendak Allah Swt….jd bkn krn kehebatan bangsa maya itu. jd jgn sampai kita menjadi Syirik. oke?!

  7. tapi sebagian tanda2nya juga udah ada…
    salah satunya israel dan palestina udah mulai damai, auw auw auw tapi q cuma percaya pada Al-Qur’an

  8. Tollll betul sekali rahasia Tuhan yang tidak bisa terungkap adalah kematian,rejeki ,jodoh serta hari kiamat!!

  9. Sesuatu akan terjadi itu pasti. Semua ada dalam qodlo Alloh SWT. Qodar atau kenyataannya perlu bukti. Jadikanlah semuanya sebagai hikmah untuk mendekatkan diri pada Kholiq. Alloh Pencipta Alam semesta.

  10. suku maya bilang bentar lagi kiamat!!!!!!!!!!????????????? bukane gak percaya , tapi hormat pada pendapat suku maya, kiamat skarang ato besok gak jadi masalah bagi penjaga pintu neraka ato surga, satu tiket yang mereka butuhkan, yaitu AMAL BAIK N AMAL BURUK. kalo qt punya tiket ke surga tiba2 kiamat datang! knapa nggak!!!!

  11. DAN PADA INTI NYA………………………….
    ALLAH SWT LAH YANG MAHA MENGATUR KEHIDUPAN DI JAGAD RAYA INI…….
    BERBANYAK LAH BERIBADAH…….

  12. jangan percaya gitu2an……….
    kiamat itu ada di tangan Allah tau gag sih….
    wkwkwkwk

  13. jangan kiamat dulu tho………
    aku maish pengen pacaran……..
    pengen kuliah…………
    pengen kerja…………
    pengen………….
    he he he………..
    pengen married…………

  14. ASTAGFIRULLAH
    MAEBI NYAG BKN KALNDR NTU NGANTUK KALEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE.
    JADI CUMA AMPE TGGL SGT AJA KALE YEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

  15. MenurutQ, 2012 bukan kiamat, tetapi perubahan yang luar biasa di bumi. entah itu gempa bumi, meteor DLL.

  16. yg paSti suKu maYa Ga biLanG lau iTu kiaMat………………….
    HanYa peRganTian GeneRasi……………………………………………

    ToLonG baCaduNg cMua Na,Baru pRoTessssssssssss…………….

  17. ah…. itu boong kl kiamat allah yg nentuin gara2 pelem 2012 semua pd mengira hal itu akan ter jadi pokonya jangan per caya deh sama yg begitu

  18. Untuk Semua Muslim & muslimah…..Memang betul Heruul [email protected] berita kiamat ini adalah “fitnahnya Dajjal”. Sedikit saran : Jika ingin selamat dari Fitnahnya Dajjal hendaknya mempelajari dan memahami 10 ayat pertama Al Kahfi dan 10 ayat terakhir Al Kahfi.

  19. ahhhh…..gosip tentang kiamat menyebar….
    akibatnya yg gak rajin sembayang jari rajin banget sekarang…berarti ad si2 positifnya gosip ini..tp aq te2p percaya kalo yg namanya kiamat itu tak ada seorangpun yg tau….

  20. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaappppppppppppppppppaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    2012 kiamattttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt
    sukurin yang punya dosa banyak dan gak mau tobat

  21. ya allah, aq masih bnyak dosa, aq butuh waktu untuk bertobat…
    dan ijinkan aq merasakan nikmat dunia,tantangan dunia,dan menysukuri aemua apa yang EngkaU limpahkan….jadi bukakanlah mata hati mereka, agar mereka bisa melihat siapa sang pencipta bumi beserta isi-Nya…
    agar mereka tidak meyebarkan ISU seperti ini lagi..
    karena aku hanya percaya padaMU…
    allah is my got…

    for suku maya..woooy tobat…mumpung blum kiamat beneran…

  22. jangan percaya kyk gitoan donx……. percaya ja sama ALLAH SWT ,,,,,perbaiki diri kita mulai skrg……..???

  23. KNPA MSTI TAKUT MATI JKA QTA SUDAH BERBUAT BAIK . . .
    SURGA KHAN LEBIH BAEK DRPDA DUNIA INI . . .??????

  24. zzzst !!!!!!!
    HANYA ALLAH YG MAHA MENGHENDAKI SESUATU!
    TERMASUK MENHHENDAKI TENTANG DATANGNYA HARI KIAMAT.
    BUKANAH ORANG/SUKU MAYA.
    MEMENG KITA WAJIB MENGIMANI SAJA.TENTANG AKAN DATANGNYA HARI KIAMAT.
    HARI KIAMAT PASTI DATANG ! SO,IBARAT ORANG YANG AKAN BEPRGIAN JAUH.HARUS NMEMBAWA BEKAL SEBANYAK-BANYAKNYA. AGAR KITA SELALU SIAP KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA.
    AAAMIEN !

  25. Yang namanya ramalan manusia, hanyalah salah satu keyakinan mereka. Bagi kita yang berkeyakinan/beragama (khususnya umat Islam) memang jangan mempercayai keyakinan mereka (sebab kita beda keyakinan). Sebenarnya yang perlu kita waspadai (tentunya dengan penuh persiapan – bekal iman dan ketaqwaan kepada-NYA) adalah kiamat kecil (yaitu : kematian diri kita). Nah itulah yang memang harus kita tunaikan sekarang juga. Banyak-banyaklah berbuat kebaikan dalam iman dan taqwa, serta senantiasa menghindari jalan-jalan yang penuh kemaksiatan.

  26. PADA TANGGAL 21-12-2012 AKAN TERJADI LEDAKAN SOLAR DI MATAHARI, MENGUBAH SELURUH TATANAN SISTEM KEHIDUPAN DI GALAKSI BIMA SAKTI. YANG SECARA KEBETULAN PADA SAAT SEMUA PLANET DALAM KEADAAN SEJAJAR. MENYEBABKAN PERUBAHAN DRASTIS PADA BUMI YANG KITA TEMPATI. BENCANA MAHA BESAR AKAN TERJADI TAPI BUKAN KIAMAT. ITU CUMA SAAT DIMANA BUMI BEREGENERASI. JADI HANYA AKAN DATANG BENCANA BESAR MENYEBABKAN SELEKSI ALAM, UNTUK MEMILIH MANUSIA-MANUSIA YANG TANGGUH, MEMUSNAHKAN YANG LEMAH……………”.kayak yang pesimis akan mampus tahun 2012″(YANG TIDAK KUAT BERTAHAN)
    ITU BUKAN KIAMAT, KALAU KIAMAT SELURUH ALAM SEMESTA AKAN MUSNAH+SEMUA MAHLUK HIDUP, BAHKAN JIN, MALAIKAT, SETAN, IBLIS.
    JADI JANGAN TAKUT … SIAP-SIAP AJA. (SAAT DIMANA SEMUA RESTART LAGI, HUKUM ALAM BERLAKU YANG KUAT BERTAHAN, BUANG YANG LEMAH)

    “buat semua yang akan posting komentar, JANGAN BAWA-BAWA NAMA TUHAN !!! kalau cuma mau bilang PASRAH, Tuhan lebih suka pada ciptaannya yang kuat+optimis.

    ssssstt………!!!!!! tahun 2012 nanti aku baru lulus kuliah. jadi = habis lulus kuliah, keluar uang banyak, suruh mati ???? (ENAK AJAAAAAAA) POKOK’NYA PERSETAN APA YANG AKAN TERJADI DI 2012. AKU GAK AKAN MATI SIA-SIA TANPA BUAT SESUATU YANG BERARTI DALAM HIDUP…. MAU BUNUH AKU ?? ENTAH ITU BENCANA BESAR ATAU APALAH, SINIIII MAAJUUUU !!!!!!
    (OPTIMIS TEMAN-TEMAN JANGAN TAKUT) KECUALI KALO KALIAN PARA PENGECUT YANG MEMELAS MINTA AMPUN ATAS APA YANG BELUM TENTU TERJADI.

  27. . Eh…

    jamgam sampe dech kita umat ynag sekarang ngerasain yang namanya kiamat, karena cuma orang yang ga beriman yang ngerasain datangnya kiamat,,gtoloh??jadi aku lebih baik mati duluan biar termasuk orang yang beriman..

  28. jngn percaya ma ramalan klo kita percaya ama aja kita ngga percaya ma nabi muhammad saw………kiamat pasti terjadi tapi kita semua ngga tau cuma allah aja……….sooooooo kuat kan iman dan truz berdoa ma allah awt,key brooo

  29. Rosul SAW, aja gak tahu kapn kiamat! laa wong manusia biasa kok sok tahu,
    Allah berfirman kiamat pasti terjadi tapi tidak seorang pun yg tahu kpn terjadi..
    so lebih baik tingkatkan ibadah selalu taat pada aturan-NYA dan menjauhi larangan-NYA.
    wassalam…

  30. eh,kalian semua tuh kog g bisa nyerap makna dan arti dr penjelasan diatas yah??!!
    emank dasar pemikiran orang indonesia tuh gitu2 aja,
    g bisa berkembang!
    di baca lagi tuh paragraph terakhir,
    21-12-12 dia hanya menyebutkan “akan ada kejadian di dunia” bukannya kiamat!!!
    bisa ja kjadian itu berupa bencana alam atau pergeseran jajaran matahari ato bintang,atau apa saja…
    apalagi td tuh siapa g kenal gw,ada yg bilang kalo org luar cm mau ngedoktrin kita,alaaahhh itu mah lu’nya aja yg terlalu cetek punya otak…!
    justru org luar itu hanya sedikit memberi gambaran supaya nti sebelum terjadi bencana alam,kita harus sudah menyiapkan sesuatu untuk berlindung!!!
    dan tidak hanya itu saja,
    mereka jg sedikit membuka mata dan hati kita untuk mengingat kembali dengan yg Di Atas,
    untuk lebih mendekatkan diri lg dengan Tuhan karna Tuhan bisa melakukan apa saja….
    ya contoh kecilnya seperti yg di film 2012 itu!!!
    sekali lagi,org luar itu tidak meramalkan bahwa 2012 nti kiamat,tidak!!!

  31. Blh prcya y bkh g sbg s orng muslim yg baek,aq sih lbih pcya sma alqur’an,d stu bnyk penjelasannya loh,intinya jngan tkut,n setiap muslim paSti merindukan kematian coz itu merupakan pitu bertemu dng sang mha kuasa,from adi putra.palembang city. 😀

  32. kiamat kecil atau besar tidak bisa kita prediksi kapan terjadinya , tapi kiamat pasti datang ……. kapannya kita ngak tau tu.. yang penting iman dan taqwa hari demi hari harus di tingkatkan.

  33. Dear pandji…

    sebenarnya suku maya tidak pernah berkata tanggal 12/12/2012 itu adalah akhir dari dunia tetapi perhitungan kalender suku maya akan berakhir pada tahun itu,akan tetapi, itu bukanlah akhir dari segala-galanya…..bisa di cek di situs ini http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=21101:tetua-suku-maya-tahun-2012-bukan-hari-kiamat&catid=30:dunia&Itemid=55

    kalau mau kiamat…sekarang juga bisa kali….

    lagian di film 2012 itu kalau memang menceritakan ttg kiamat, masa ada yg selamat sih??? semua manusia itu pasti bakalan mati….tidak bisa terselamatkan semuanya…..

  34. iya tuh jangan sok tau cuma tuhan ko yang tau kalu kiamat itu, bisa ja 2009 bukan 2012. yang penting kita mempunyai keyakinan dari tuhan-NYA msing masing

  35. Suku maya itu sudah ada sebelum peristiwa nabi adam memakan buah KULDI yg menyebabkan ia di turunkan ke bumi sebagai hukuman dari allah swt…

    dan menurut kabar suku maya itu sudah ada sebelum jaman nabi muhammad…
    Jadi tidak menutup kemungkinan bila suku maya bisa tahu tentang kejadian masa depan,.manusia normal saja bisa tahu tentang kejadian masa mendatang(Dengan bantuan teknologi seperti satelit dan semacamnya)hanya saja baru 2 tahun terakhir ini manusia bisa memprediksi akan ada bencana besar yg dapat memusnahkan kurang lebih 60% populasi manusia dan hewan dunia.

    jadi menurut saya entah pada 21.12.2012 itu kiamat sugra ataupun kubro saya hanya berpasrahkan diri pada allah swt…..

    namun yg menjadi misteri untuk saya sebagai ahli geologi dan astronomi adalah, untuk apa allah menciptakan planet2 lain selain bumi, matahari, dan bulan..??jika tidak untuk manusia gunakan sebagai tempat tinggal kita disaat sudah tidak ada lagi planet BUMI.

    apa kalian tahu bahwa beberapa bulan setelah peristiwa hilangnya planet pluto ada satu planet baru yg muncul..!?(Mungkinkah itu tempat tinggal kita di masa mendatang.?)

  36. wew,aku pingin tau,awal mula nya suku itu bisa terbentuk itu kek apa sih??
    trs juga ap yg nyebabin suku maya tepat dlm hal ramalan??

  37. jngan dloe donx.gw kan msh mou nmbah dosa,kawin,tobat. . . lw prloe sech gw pngen idup 1000000000 taon lg. . .jd jngan kiAMAT doeloe xe . . .

  38. Pingback: Ramalan Kiamat Kalender Suku Maya « I Love My Google

  39. qta cm d hrskn percaya dgn tuhan,klo qta percaya ma ramalan suku maya berarti qta udah men duakn tuhan dan itu artinya qta akn mendapat azab yg sangat besar dari tuhan……jangan sampai qta mendapat laknat tuhan

  40. kalau di percaya berarti menambah rukun iman itu artinya syirik lbh baik ambil positifnya.lbh giat beramal dan berbuat kebajikan oke bro…

  41. Perhitungan berdasarkan kalender adalah hikmat yang diberikan Tuhan kepada manusia, kebetulan diberikan kepada suku Maya. Jadi Tuhan terlibat didalam terbentuknya kalender ini. Mungkin saja Tuhan memberi pesan melalui kalender ini tentang kiamat, manusia aja yang gak mau mengerti. Siapa yang bisa menjamin bahwa pada 2012 tida akan kiamat.

  42. sesungguhnya allah swt tidak akan memberi tahu kepada umatnya kapan hari akhir itu datangnya, oleh karena itu ramalan suku maya tentang hari kiamat itu hanyalah opini semata. yang penting sekarang kita harus siap sedia menghadapinya dg bekal amal baik kita di dunia

  43. bilang2 ngga percaya padahal pada takut lo semua.
    siap2 lo semua 2012,gw makan hidup2 lo
    huahuahuahuahuauhauhauhaha

  44. gue percay adanya kiamat tp kalw pastny gak prcy deh karena sbg orang beragama kt gblh n mendahului tuha (menykutukan thn)””””””””””’

  45. hiudp mati semua makhluk hidup termasuk manusia semuanya berada di Tangan ALLAH SWT.
    begitu juga dengan alam semesta ini, itu semua ALLAH SWT. yg mengatur, mungkin suku maya ini adlh suatu jalan yg mempunyai mksd tersendiri dari ALLAH SWT. yg kita sebut dengan rahasia ILLAHI…

    tp gak ada salahnya jika kita mempercayai bahwa adanya hari dimana semuanya musnah biar kita takut untuk melakukan sesuatu hal yg buruk, dan membuat kita menjadi manusia yg lebih baik dr yg sebelumnya…!!!

    tp INGAT,
    SEMUANYA ITU BERADA DI TANGAN ALLAH SWT, JD PERCAYALAH ALLAH MEMPUNYAI MAKSUD TERSENDIRI UNTUK KEBAIKAN KITA…!!!

    YA ALLAH, TOLONG AMPUNILAH KAMI YA ALLAH…
    AMIN YA RABB…

  46. muhammad suriansyah

    saya tidak percaya ramalan tentang kiamat, karena manusia memang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, kalau tahu, pasti sudah berjaga jaga atau menghindar, orang suku maya saja musnah, kan semestinya mereka dapat tetap eksis kalau mereka tahu apa yang akan terjadi.

  47. woi,kalian semua th harus percaya sama hari akhir/kiamat,tapi kiamat cuman allah yang tau,kalo mati bareng2 sh jgn ngajak2,lagian di hari kiamat itu yg hidup cuman orang kafi,yang beriman sudah pada mati…tapi jgn percaya sama ramalan,percaya sama allah

  48. kiamat sih tiap hari ada aja…. liat aja yg sudah mati karena bencana alam atau tragedi lainnya…. mati secara tragis. yang masih misteri itu dan memang sebagai misteri atau rahasia Tuhan, adalah akhir jaman…..

  49. mau kiamaT kek…..gak kek……trut kata peterpan dalam lagu kupu-kupu malam ja dech…”apa yg terjadi…………terjadilah yg ku Tahu haNya menyaMbung nyawa”…….

  50. suku maya memang keren, tapi kta liat itu jgn dari satu sisi aja, liat sisi lain, dengan kita mendengar isu KIAMAT yg sekarang ini, setidak nya kita sadar bahwa kiamat itu ada, jd ga leha2 kita jalanin hidup

  51. Kiamat itu rahasia besar ALLAH tidak ada satupun Mahluk Ciptaanya yg tau.buat isu itu untuk menembah kecintaan kita pada ALLAH,menjalankan perintahnya dan menjauhi laranganya.

    NB : Buat KORUPTOR2 INGET MATI Luuuuu…….ITU DUWIT RAKYAT TIKUS!!!Buat Pejabat/Bos2 Jangan jangan cakar2an Terus,Urus rakyat ini..Inget Mati Kalian semua.

  52. banyak tanda kiamat yang belum muncul kok….. masih juga terdengar adzan berkumandang di muka bumi…
    jangan sampai ah…
    waktu itu merupakan hari yang spesial terjadi..
    dimana belahan hatiku berulang tahun…
    tanggal 20-12. tahun 2012….. dia telah berusia 25 tahun, Seperempat abad……!!!!!

  53. gw stuju bgd tuh , krn kita gga boleh gtu aja percaya amaa yg mna nya ramalan
    apalagi ramalan yg blum tentu k’bnaran nya ..
    dan yg gw tau kiamat ithu yg tau cuma ALLAH smata dan gga akan ada 1 org pun yg tau kpn kiamat akn dteng ..!!!

  54. itu smua cuma ramalan . bagaimana pun namanya kiamat tidak ada yg tau kecuali ALLAH S.W.T .

  55. bukankah kiamat yang sebenarnya bermakna, hancurnya seluruh alam semesta???
    dan tiada seorang pun yang hidup???
    nabi aja ga’ tau kpn kiamat dtng???
    ramalan suku maya???
    PERCAYA???

  56. mana mungkin seorang penonton tau jalan cerita yang di susun oleh sutradaranya…………………

    manusia cuma penonton……………..

    Allah itu sutradaranya…………….

    nobody’s know what will happen tomorrow………………………

    just keep in pray…………….

  57. Percaya dengan Film 2012 berarti Anda Kafir… karena Kiamat adalah Ilmunya Allah, dan hanya Allah yang tau…
    Kalo Film Kiamat 2012 itu versi Hollywood dan sutradaranya orang Kafir 100% jika anda percaya maka anda juga K A F I R…!

  58. klo suku maya yang bilang klo 2012 akan kiamat aq ngak bakal percaya tapi klo luna maya yang bilang aq pasti percaya !!!!!!!!!!!! he……..he……….

  59. cuy itu g bnr,,,,,,,,, ktny kiamat trjd tgl30/31 des 2012!,gak tau lhhh,,,, yg psti kiamat tu terjdinya hari jumàt bkn minggu/senin

  60. orang yang takut mati ya pasti ketemu kematian.
    ngak ada orang yang hidup abadi.
    hanya Tuhan yang menenentukan hari akhir kehidupan.
    hanya orang yang bodoh ama ramalan.
    meramal itu haram. alias medahului Tuhan

  61. OI OI… INI bukan MASALH TUHAN YG TAHU ATW KIAMAT DAN NGGAK… INI cman ramalan kalender suku maya… mw percaya atw ga itu urusan msg2 individu lah… kl menurut suku maya se sperti ini…

    Masyarakat ini gmn to.. gmpank skali terjerumuskan ma hal2 kyk gni… apalagi terjerumus k media masa..weh2.. sadar2 men….kl emank ada brita kyk gni… seharusnya ini malah memperkuat iman Xan untuk lbh mEndekatkan diri PADA TUHAN…, INtrospeksi… bukan mengkritik malahan…..OK BOY

    Love N Peace

  62. yang pasti kiamat emang makin deket, gak mungkin makin jauh, tapi yang pasti cuma yang kuasa yang tau

  63. Menyikapi tentang ramalan kalender pendudu Maya,,,,,,itu semua kebenarannya kita serahkan kepada Allah Swt, karena semua yg akan terjadi itu Dia jugalah yg menentukannya…..jika Dia menghendaki mungkin detik ini, jam ini, besok hari, bulan depan atau tahun depan,,dst bis saja terjadi dengan “Kun fayakun…..” kalau saya pribadi sendiri untuk menyikapi hal tersebut saya sangat lebih yakina dengan isi surah Al- Qiaamah didalam Al-Qur’an yg telah di Firmankan Allah Swt….karena Dialah sang raja pemilik seluruh sekalian alam.

  64. Assiiik kiamat sudah dekat..berati kita bakal menuju ke kehidupan yg abadi dan sebenarnya..tinggal banyakin amal dan ibadahnya aja mpe thn 2012

  65. ya allah…ya tuhan kami panjangkanlah umur bumimu ini ya allah …berikanlah kesejahteraan pada bumimu ini agar manusia bisa banyak bertobatan nasuhha ,beribadah ,bertaw’adu bertaqwa kepadamu .ya allah tuhanku..yang maha agung…dan sadarkan pada kaum2 manusia..yang telah mendahului pengetahuan akan takdirmu ya allah…mereka hanya manusia biasa..dan tidak akan pernah bisa tau kapan akan terjadinya hari qiamat hanya kau lah yang maha mengetahui. ya allah.tunjukanlah kebesaranmu..pada mereka yang telah mencoba mengetahui akan takdirmu..wallahul’alam bi shoab…rasullullah saw.saja tidak tau kapan hari qiamat apalagi kita orang biasa.astaghfirllah hal adzim.

  66. ya allah …
    hnya ngkau lh yg tw dn brkehendak atas hari kiamat ………………………… suku maya itu mmng bnar ada sjak dlu.
    jdi bwat sya perhtungan suku maya itu sangat bagus dn wajar.
    krna dzaman kuno itu hal yg dilarang-larang istilahnya (pamali) bnar” akn terjadi.
    ttapi blm tntu hri kiamat itu bnar” trjadi pd thun 2012.

  67. kalender maya di buat ribuan th yg lalu trzzzz g’mna tahun nabi dulu??????????????????????????????????????//
    dan bener klo terjadi thn 2012 kiamatnya klo gak gimana????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  68. Bagi Orang yang udah mempunyai “bekal”, diharapkan menambah bekalnya, bagi yang belum punya bekal, kumpulkan mulai dari sekarang bekal tersebut, yang jelas bekal tersebut akan berguna bagi anda2 skalian
    Jadi ndak usah takut, buat apa takut, sembunyipun ndak akan berguna

  69. apa ya……………..sich.? padahal aku tuh kmarin dah diajari ilmu telepati ma guruku…trus telepatiku nyambung ke kepala suku maya,ternyata ramalannya gk da…..yang da ramalan tntng kedatangan 2 orang suku saiya ke indonesia……….yang nanti akan jadi presiden dan wapres…..

  70. masak siiihhhh…?
    kemarin aza kepala suku maya ke rumahku g omong apa2 tu??
    rasah percoyo,percoyo MUSRIK.!
    dosa, mlebu neroko

  71. xan smua cm mengafirmasi diri kalian sendiri!!!
    ngapusi kabeh
    mulai dari yg sok ngsh ceramah smp yg ketakutan semuanya bo’ong

  72. Sebenar nya antara percaya atau tidak dunia ini pasti akan kiamat.
    Tetapi kapan nya kita tdk akan pernah tahu kapan itu akan terjadi,mungkin film sekarang yang sedang beredar tujuan nya adalah supaya kita sebagai umat manusia saling bantu membantu dan kita harus lebih di tingkatkan lagi iman kita kepada YME.Karena tanpa kita sadari semua yang terjadi saat ini sudah di genapi di ALKITAB atau pun di kitab suci ALQURAN .Kalau memang ini harus terjadi kita sebagai manusia kita bs berbuat apa….
    Hanya saat ini yang bs kita lakukan adalah dr dalam diri kita masing! Maaf kalau saya ada kata2 yang kurang berkenan harap di maaf kan ya :p

  73. Ulah percaya , lamun urang sunda MAYA teh artina Mana aYa. jadi artinya ramanlan itu mana ada

  74. Gak usah mikirin Kiamat deh kawan2….pikirin aja 3 hal di kepala : 1. Mati 2. Sorga 3. Neraka. Tiga hal itu yg pasti akan kita hadapi. Jadi gak usah mikirin Ki Amat, Ki joko Bodo, Ki gendeng, dan Aki2 yg lainnya….Permisi.

  75. di comment ini bnyk yg munafik, bego dan sok tau. hai org2 munafik, klo secara ilmu lo ga percaya mendingan ga usah lo pake barang2 disekitar lo krn itu smua dr penemu dan ilmuwan. klo TUHAN tdk sayang ama umatnya dia ga membrikan kpd kaum yahudi sbg penemu/ilmuwan brguna utk smua org. Tp org yg munafik,bego dan sok tau di kasihnya ya perang terus. Contoh arab,irak,afganistan,palesti na dan negara udik lainya

  76. jangan percaya tentang isu kiamat karna hanya tuhan yang maha tau?emang bener kiamat pasti akan datang tapi ga tau bulan atau taun,yang gw tau kiamat datang pada malam ju,at?kalau menurut gw jangan percaya isu2 yang ta karuan kita liat aja nanti……..ya mudah-mudahan isu2 itu ta bener,dan yang terpenting kita harus berserah diri pada alloh saw.

  77. aku sih percaya ga percaya yah…
    tapi yang jeLas, yg namanya kiamat itu pasti bakaL terjadi entah besok/kapan pun kaLau Allah Yang Maha Kuasa menghendaki terjadi.. kita juga harus bisa menerimanya dengan ikhlas…
    menurut saya : ttg berita kiamat th 2012 itu jangan terlalu dipikirkan… mari, mulailah dari sekarang kita berkaca pada diri kita sendiri, kita perbaiki diri kita dan saling memperbaiki sesama kita, perbanyak amal & ibadah kita kepada Allah SWT, amiinn…
    wajar..sebagai manusia biasa, kita pasti merasa takut/gelisah akan hari kiamat..
    tapi semua itu kita pasrahkan kepada Allah SWT…
    dan jujur sebenarnya saya juga takuuuutttt… hiiiiii….

  78. apa salah nya kt percaya, toh itu baik bt kt biar kt bs mendekatkan diri KEPADANYA! mki nya mukai skr byk lah beramal! sapa tau kiamat itu sdh dekat, tp hrz di ingat lah suka Maya hebat dlm ramalanya! tapi yg menetukan tentu bkn mereka tapi YANG MAHA ESA! mrk hanya ingin kt sadar bahwa bumi kt sedang sakit! kt lah virus2 bg bumi, ada yg meusak ada jg yg menyembuhkan, tp hanya segelintir! kt hrz menjd virus2 yg bs melestarikan lingkungan alam yg ada di bumi< krana itulah jantung bg dunia yg kt cintai!

  79. omong kosong…
    apa c suku maya itu????
    siapa lo?? brani bgt lo bilang kiamat 2012???

    cuma tuhan gw yg tw..
    cuma ALLAH yg tw…….

  80. janganlah qt smua trllu percy, tp serahkanlah smuax pd TUHAN, karna cma TUHAN yg tau kpn trjdx kiamat,. tapi jika bner terjadi, pasti ad maksud dr TUHAN!!!

    Mudah-mudhan, org skrg bertobat smua,, krna skrg udh bxk org jahat!!

  81. The End Of The WOrld

    bagoess la..kiamat sudah dekat, manusia” memang btuh d musnahkah dan di kembalikan ke asal nya, dan d bentuk manusia” yang baru yang lebih baik lg. Dengan ada nya manusia yang baru dunia ini akan lebih tenang tidak ada lagi kejahatan, peperangn, ketidakadilan yg semena” dan moral” yg tidak terpuji..

  82. (Qs.33:21) Org yg mencontoh rasul yaitu org yg mengharapkan:
    1. Rahmat Allah
    2. KEDATANGAN HARI KIAMAT, dan
    3. Menyebut nama Allah.
    Di ayat ini kt dituntut mengharapkan hari kiamat. Brarti hrs diselidiki apa itu kiamat(kebangkitan). Kiamat bkan hancurnya bumi. Krna kiamat sudah pernah terjadi berulang2. (QS. Al-haqqah).

  83. andai idup w nyampe 2012.mulai krg w pgn tobat nasuha,,,
    Tiap hr w pgn k masjid,zikir baca al_quran,gag nntn bokep lg,anti zinah mata,,.

    No women no cry dweh ^_^

  84. kita jangan terlalu terpaku sama tahun 2012, tp kita sekarang pikir apa kita bisa hidup ampe tahun 2012?????apa kita masih bisa hidup esok hari??atau detik ini apa kita masih bisa hidup??kita tidak perlu takut akan kematian karena semua manusia tuh pasti balik lagi ama yang ciptain kita ke bumi kita tuh bakalan mati tpi kita tidak tahu kapan kematian kita itu mengancam kita…jadi kita harus tetep semangat dan berpasrah diri…

  85. ##########semoga ini sebagai pandangan kita kedepannya . sesungguhnya kebenaran itu ada di tangan allah swt semata .

  86. ah…ada2 ja
    ni cm kbar bisa ja yg sengaja dibesar-besarkan dgn tujuan membuat warga dunia menjadi ketakutan,,,memangnya yg menentukan datang nya kiamat tu manusia! Klo ada yg percaya dg gitu ketahuilah bhwa sebenarnya kamu telah menduakan Allah SWT. dan dosa menduakan Allah tidak ada ampunnya!

  87. syukur,,,biar ga lebih banyak dosa yang kita perbuat,,walopun 3 tahun ga cukup buat taubat…
    Ya..Alloh kuserahkan semuanya padaMU…hanya Kau yang tahu
    karena kapanpun, dimanapun, tak kan pernah bisa berpaling dari Qiamat…
    moga semua umat muslim mendapat kebahagiaan lebih di kehidupan abadi nanti…Amiiieennnnnnn…

  88. …..huh…Qt slalu mnganggap apa yg Qt lakukan itu benar…waloupun itu salah..kadang Qt terlalu mementingkan ego Qt dari pada kenyataan…mngkin krna Tuhan tak izinkan Qt berbwat dosa lagi kiamat akan terjadi…sebab Tuhan telah berfirman….
    …apa qmu pernah berfikir akan perbuatanmu????

  89. ooohhhh….Tuhan…….
    ….apa yang hrus Qt lakukan…
    …dh emg bner to…th 2012 ntuh kiamat….
    …lu tau dr mana?????
    …suku maya ntuh yang mana ntoh????

  90. kalo mikirin kiamat rasanya hidup jadi ga tenang.. tapi mau pura2 ga tau juga ga bisa.. jadi ya percaya aja dech apa yang bakal terjadi emang itu yang terbaik

  91. asu?aq seh pengen urip 10000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000 maneh
    ?aq drung kawen ,konco qu topik cenguk ndeli ii raine oyo gedek aq mesak ke

  92. mungkin kiamat tsb hanya terjadi d amerika saja, dan amerika yg SOK segalanya hilang dari muka bumi, AMIN

  93. Ya kita sbg manusia yg pntg beriman dan melakukan apa yang diperintahkan Tuhan serta menjauhi larangannya, tobat ! jika kita sudah melakukan itu, kiamat mau ntar sore, bsk pagi, hbs ini pun kita sudah siap menghadap Tuhan karena sudah melakukan hal-hal yang saya omongkan diatas comment ini ! OK ??

  94. Mslh kiamat sudah ada,mulai abad 19 sampai skr tanda2nya sudah ada..lihat dari karya Harun Yahya, jg tanda2 kiamat kecil dr khdpn kita mulai dr Alquran dan Hadist,salah satunya ayat alquran akan hilang..itu karena di dlm alquran skr sdh di gunakan tulisan latin,jd org sdh terbiasa dgn hal yg demikian..kalau mereka berfikir.
    Mari kita berlindung dan memohon ampun pada ALLAH SWT.

  95. komen aku tentang ramalan itu sih percaya nggak percaya soalx di dalam AL-QUARAN ada hadist yng mengatakan bumi akan hancur apabila di dunia tidak ada lagi yang mengucap nama ALLAH

  96. Dajjal – Isa Al Masih – Ya’juj-Ma’juj – Angin Dingin dari Suriah … tanda2 yang 100% akurat. Jangan diragukan dengan ramalan.

  97. sbenernaa yg namana kiamat ituu… ( mnurutQ siey..) gagh pna ad…
    mgkinn disinii yg namana kiamat ituu symboliss dr seleksii alam aj..
    Tuhann gagh akan byarinn dunia niey kosong gtuu ajj..
    pstii tetep ad khidupann..
    Tuhan pstii nglindungi qta smua sbagai umatnya..
    yg pnting qta te2p prcayaa tuhan ituu akan slaluu ad dimanapun umatna yg butuh pertolonganna..
    n.n

  98. KIAMAT??? Hmmmm…… Ngeri jg dngar na… Pi kt sbgai Manusia hrs ttp prcya ma Tuhan,biar bgaimnpun Dia lh yg mncptakn kt N yg mnentukn kpn kt Mati… So siap gag siap kt hrs ttp siap dunk…

  99. assalamu’allaikum. para sahabatku yang ada di seluruh penjuru indonesia. boleh kita percaya dengan adanya hari kiamat entah itu kiamat qubro/sugro. tapi untuk tahun 2012 kemungkinan memang akan terjadinya sebuah perubahan yang tidak kita ketahui. kenapa dapat disimpulkan seperti karena, terdapat sebuah sumber yang dapat kita jadikan pentujuk yaitu hasil penghitungan kalender SUKU MAYA dan badan LAPAN kita sebagaimana telah di sebutkan. jadi kesimpulannya adalah buatlah dirimu senyaman mungkin walaupun itu nyata dan intinya kita pasrahkan segala sesuatunya dengan sang rob ( ALLAH ) SWT. mudah – mudahan kita selalu telindungi oleh rahmatny dan curahan kasih dari nabi kita Muhammad saw. amin. wassallamu’allaikum wr. wb

  100. sblm kiamat kt hrus byk bertaubt,byk beribadah,byk bersedekah,dan bg org kaya jgn smbong ingatlah hri kiamat t

  101. hati2 dong ma omngan,mang suku maya tu tuhan,yg bsa n2tuin kpn hari kiamat,mang suku maya itu yg nyiptain Qta

  102. msk sich kiamat akan tiba? percaya sich percaya tp jgn d jdiin bhn omngan d intrnet dox ,g’baik th

  103. Herawati Anshary

    Begini aje deh, sudare-sudare …!
    Mo’ kapan kek tuh hari kiamat dateng kaga penting … !
    Nyang puaaaling penting adalah persiapan kite tuh buat ngadepin hari kiamat … ! betul kaga? Karena cepat atawe lambat hari yang telah ditentuin itu bakal dateng juga ….. !

  104. yudha yanuar prastio

    hmm…………………………

    menurutku, seandainya kiamat itu terjadi mungkinkah akan ada kehidupan di masa depan?………

    trus apa tujuan manusia hidup, jika pada akhirnya akan dimusnakan.

    aku berharap semua itu hanya omong kosong, meski ramalan suku maya kuno tidak meleset.

    aku hanya ingin sebelum kematian datang menjemput ku, aku ingin membahagiakan dan membuat banga kepada orang2 yg ada di dekat ku. terutama orang tua.

    aku tidak akan biarkan kiamat membuat harapan dan keinginanku lenyap atau sirna………….

    aku akan membuktikan, seandainya aku bisa, aku akan membuat ramalan itu tidak benar.,,,,,,

    di dunia ini tidak ada yg tidak mungkin.
    semuanya mungkin asal kita sunguh2 dan berkeyakinan teguh.

  105. Fachrisal ruyadi

    Ehm………
    Takjub dech ma suku maya….
    Karena pengetahuannya tentang astronomi dan Matematika
    tapi kayaknya kalu tentang kiamat……?
    I don’t know….

  106. aku hanya bisa berharap bahwa ramalan itu tidak benar .aku berharap bahwa itu hanya omongan biasa .amin….

  107. kepercayaan seseorang atas temuan adalah hak Demokrasinya,kalo mau percaya silahkan,tapi kalo tidak kaga ada yang larang. Semoga semuanya hanya ilusi dan hayalan tingkat tinggi,yang pada akhirnya tidak terbukti.karna semua adegan jagat raya ini ada yang mengatur ,yaitu Tuhan Yang Maha Esa. hanya keteguhan iman yang dapat menenangkan jiwa atas semua yang terjadi dan yang akan terjadi.GBU

  108. . skrepe ,,,,,,
    . jangan prcya ma gituan ….
    . prcya sma 4jj1
    . bsa jua bzog trjdiii ,,,
    . iiiiiiiia khannnnn ????????

  109. Astaqhfirloh….smoga itu g bnr dan meleset,,,dan yg gua tau suku maya punya mleset dr kalendernye itu sktr 1thn,,,smoga itu memang tdk terjadi,,,dan setelah gua liat itu terjadi pada hari jumat,,,dan diAl-Quran juga akan terjadi kiamat pada saat hari jumat,,,wahhh,,,ngeriii
    Ya Allah maav kan segala dosaku yg sengaja maupun tidak sengaja,,,amien

  110. ebat bgt eah suku maya bsa ngeramal kiamat . . .

    sdangkan malaikat ajha ga brani ngmng kiamat itu kpan . . .

    hnya YANG DI ATAS yang mengetahui smuanya . . .

    kita sbagai mahluk hidup hnya menjalankan apa yang sudah direncanakanNYA . . .

  111. yIa amPun
    gUe msIH mW iDuP 2000 tHn agE
    gUe kgak mw ISDeT DLu

    .
    .
    .jGn kIamT seH
    pRcY ajah lah sama yIanG dIatas…

  112. deril brantpild

    aq percaya dngn kiamat…….kt i2 butuh kiamat?????bgaimn mw msuk surga klo g kiamat????????????mari tingkatkan amal ibadah kita,md2han kt diberi ampunan dngn dosa2 kt yg telah kt perbuat…(amin………)

  113. gw liat d kalender hp tgl 21 desember 2012 itu hari jum’at,,trs kt sebagian orang kiamat itu hari jum’at hmmmmm……. gk tw deh ????
    yg penting trs tingkatkan pahala kita karena akhir2 ini bnyk terjd kiamat sughra lama-kelamaan terjadi kiamat kubra dah hiiiiii
    wallahu alam bih-shawab …….

  114. Agustin Ariani

    Lain mslh syirik, ambil hikmahnya spy qt lbh waspada & introspeksi diri. Mama Laurent jg prnh meramalkan hal serupa (th 2013). Kl ada ramalan spt itu, brarti Suku Maya jg pny cata2an sndri. Mnrt sy,makna kiamat tdk hny pd kerusakan alam/ bumi, bs jg kerusakan moral& budi pekerti manusia. Serahkan itu hanya kpd Tuhan YME.

  115. sepintar mana pun suku atau manusia, blom ada yang menandingi Tuhan.
    meskipun suku maya ahli dalam meramal, tapi aku yakin Tuhan merencanakan sesuatu yang indah, aku percaya Tuhan mencobai umatnya ..mungkin dengan ramalan itu lah, untuk melihat bagaimana kita menaggapinya ..
    yang penting Enjoy ajha, aku kan punya Tuhan.

  116. kalo memang benar… bisa aja ditunda… tapi kabarnya kejadian ini
    seharusnya terjadi pada tahun 2008…. yaitu meletusnya danau toba.,
    tapi…. ditunda sebabnya belum diketahui krn jadi rahasiaNya.

    kabarnya yg tadinya danau toba siap meletus… eh tiba2 lahar yg ada di dalamnya malah hilang…

  117. halah itu cuma isuh tanda2 kiamat itu 40 th sebelum nya tdk ada anak kecil
    dan gue denger2 imam ,mahdi muncul pada tahun 2015 gue gak percaya karna semua itu kan hanya allah yang tau

  118. emmmm….se andainya itu terjad g mna ia?emmm… saya baca novel katanya setelah melewati 2012 akan ada nich kehidupan bau(katanya),…hahahaha

    2012 itu umur saya pas 35 th,saya sich percaya2 saja tapi tdk sepenuhnya juga,waktu kecil kakek saya bercerita di tahun 2000’n nanti bakal akan ada kiamat kecil(tsunami)…dan kiamat,waktu itu saya mungkun baru berumur 9 th dan saya sama sekali belum tau tentang 2012 dan kake saya pastinya juga tidak tau,karena kake saya orang suku dayak yang hidup di pegununangan dan tidak ad buku,listrik,elektronik,dll
    kake saya tau itu dari dari orang tuanya,menurut kake saya berita tentang kiamat pd th 2000’n sudah turun temurun di beritahukan kepada anak2 mereka….tapi menurut versi dayak kapan itu terjadi tidak di ketahui,yang pasti itu terjadi di tahun 2000’n.

    ini hanya sebagai kisah yang saya dengar langsung dari kake saya,saya sebagai keturunan dayak kapul,cuma ingin menyampaikan cerita ini.

  119. apa salahnya kita mulai bertobat…
    beruntungkah kita yang sudah bisa menikmati internet.. 🙂

  120. memang banyak manusia yang dikarunia Allah dapat menafsirkan dan meramal masa depan tapi Ingat, KIAMAT Mutlak adalah Rahasia Allah dan tak seorangpun dapat menafsirkannya!!!!

  121. yA Allah…..aku belum pesen tiket kesyurga lho…………….

    aku percaya akan ramalan-ramalan, tapi soal kiamat ini………………..Alllohu’a’Lam Bissowab………..

  122. Yup jangan di percaya benar kata mas dv, tu namanya syirik anggap aja ini hanya sekedar informasi buatan manusia yang tidak ada apa-apanya di bandingan ciptaanNYA!!

  123. Gila aja..
    suku maya hebat bgt bisa ngeramal ampe ke tahun 2012…
    ck.ck.ck..
    mudah-mudahan ga beneran kiamat, cuma badai matahari ajahh..
    hiiii..

  124. Waduh mau gimana lagi,,,
    y sudahlah,, mau ga mau,,,
    gw mesti banyak bertaubat lah,,
    jadi rajijn beribadah de gw,,,

  125. ALLAH SWT menciptakan manusia semata-mata untuk menyembahnya, dan ALLAH SWT juga menciptakan manusia untuk berfikir, termasuk suku maya dan para ilmuwan.

    Kesimpulannya: manusia hanya bisa memprediksikan KIAMAT berdasarkan data dan tidak bisa menentukan kapan terjadinya, karna hanya ALLAH SWT yg berhak menentukan akhir dari segalanya (KIAMAT).

  126. kiamat dan kematian yg nentuin Allah SWT , jdi kayany ga usah terlalu dibawa takut bgt gmnaaaaa gtu ..
    biasa aja , ni kan ilmu …
    ok ??
    yakan ??

  127. kiamat yang dimaksud bukan akhir dari alam raya, tapi mungkin bencana besar, bagi yang mengalami tu dah kiamat. pergantian jaman barangkali perubahan peradaban manusia dari yang beringas mementingkan materi dan diri sendiri, kemudian beralih mementingkan dunia, memperindah dan mempercantik dunia (hamenghayu hayuneng bawono). ato barangkali perubahan iklim sehingga merubah pola hidup, cuaca, dan lain-lain.

  128. @rizma: Betul BRo…DIA adalah diatas segala-galanya MAHA pengatur pencipta dan pemusnah!!!

  129. sebenernya sih aku juga takut,,,,,

    tapi, aku sedikit percaya gak percaya sama ramalan suku maya itu,,,,

    menurut aku, yang bisa menentukan kapan terjadi kiamat itu hanya ALLAH aja yang menciptakan kita. ……….

    terus, kita juga boleh tetap waspada juga dengan ramalan itu,,,,

    dan kita harus berbuat baik pada orang lain agar pahala kita bisa tambah….

    jadi, buat kalian baik-baik aja yahh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  130. wah asik banget filmnya,tapi endingnya gak seru masak anaknya di bawa alien ke planet lain sedangkan bumi luluh lantah bagai di bom ribuan atom,berarti anak mereka jadi adam dan hawa kembali donk!!!tapi salut mereka punya imajenasi yang tinggi!!!

  131. Tapi, yang gw ga abis pikir, kenapa tanggal 21 Desember itu hari jum’at, yang pernah gw denger dari Majlis Ta’lim Ustadz gw, Hari Kiamat Akan hadir pada hari jum’at, tapi di Alqur’an pun tidak disebutkan tepatnya Hari Jum’at tanggal berapa???
    Masyallah,…..
    tapi, kita harus yakin dan percaya terhadap agama kita masing2, insyallah itu hanya lah sebuah ramalan dan bukan kenyataan,…
    Atau mungkin ini hanya isu yang bisa membuat kita para umat manusia dan umat beragama untuk lebih giat dalam beribadah, amin,….
    pesan gw, tetap HAQQUL YAQIN dan itu semua SUNATULLAH,…

  132. jhoni kaploek

    aq rqsa wajr klo kiamat taon 2012 kan asyik mati bareng2 jadi ga ngerasa sisksa kubur, makanya slagi kita msh hdp harus ingat akan mati. lagian bumi kita uda sangat ujur bro dan ga sanggup lagi menopang dosa manusia. bruntunglah kita manusia skrng yang dapat ngerasakan kiamat……;..?/?

  133. yup kematian adalah suatu kenikmatan itu kata para nabi tapi bagi manusia biasa kematian adalah suatu yang mengerikan!!! naudzubillah…………

  134. bussseeeeeeeeeettt………..”””
    IH……….. S3R3MMMMMM………….
    YA……………. ALLAH” AMPUNILAH SEMUA DOSA – DOSA-KU……….
    amienn…………………………….”””

    ehh… kt pak guru, mati itu tadir broooo…………
    santai aja”…………..

  135. JGN PERCAYA AMA KIAMAT DAH ITU CUMA PERBUATAN YAHUDI AMA AMERIKA BIAR KT K DOCTERIN doank

  136. pandjiwinoto

    @ririn: Yup betul sekali,kita jangan mudah percaya apalagi menurut ajaran islam yang mengetahui rahasia KIAMAT hanyalah ALLAH,nabi dan para malaikat saja tidak mengetahui tentang kapan terjadinya kiamat apalagi haya bangsa astek sebagai manusia biasa!!!

  137. hemmmmm…
    jgn prcya dlu lah…
    yg pntg skrg kita introspeksi diri kita,,,
    pokoknya jalankan perintah tuhan n jauhi larangannya..
    ok sob???

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *