Menyingkap Misteri Parfum Cleopatra

Kecantikan yang melegenda sang ratu cleopatra
Kecantikan yang melegenda sang ratu cleopatra

Wangi Tubuh merupakan suatu daya pikat tersendiri yang dapat menarik lawan jenis atau dapat menimbulkan kembali memori masa lalu dari sebuah plot kenangan tertentu.

Kita sudah tidak asing lagi dengan nama cleo patra,ratu mesir yang dapat menaklukan raja besar dengan menggunakan pesona dan kecantikannya. Bagaimana dengan wangi tubuhnya,bau wangi apakah yang digunakan sang ratu untuk dapat menaklukan lawan jenisnya di masa lalu?tak ada yang tahu secara pasti.Mungkin dapat berupa wangi kasturi, bunga mawar, atau melati atau harum akar-akar wangi yang menyegarkan….ini masih berupa mesteri yang belum terpecahkan

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan akan merekonstruksi parfum yang dipakai ratu Mesir kuno. Target pertama parfum yang dipakai Hatshepsut, ratu Mesir yang berkuasa selama 20 tahun sejak 1479 sebelum Masehi.

Hatshepsut yang dipilih pertama bukan Cleopatra karena di makamnya ditemukan guci logam yang mungkin bekas wadah parfumnya karena bertuliskan nama sang ratu. Tim ilmuwan dari Museum Mesir Universitas Bonn Jerman menemukan residu yang diduga sisa parfum yang mengendap di dasar guci tersebut.

“Jika sukses, ini untuk pertama kalinya parfum Firaun diciptakan kembali,” ujar Michael Hoveler Muller, kurator museum. Ia yakin dapat mengungkap kembali bau yang telah hilang selama 3.500 tahun-an karena guci yang dipakai untuk wadah saat ditemukan dalam kondisi baik dan tertutup rapat.

Langkah yang masih dilakukan saat ini adalah menganalisis komposisi bahan-bahan yang dipakai. Parfum tersebut diperkirakan dibuat dari bahan kemenyan yang diimpor dari wilayah yang kini disebut Somalia. Saat itu, kemenyan sangat bernilai dan hanya dipakai di lokasi pemujaan dan kerajaan. dan apabila ini bisa tersingkap oloeh para ilmuwan maka lembar demi lembar misteri dari masa lalu dapat tersingkap dan kita dapat melihat gaya hidup, perawatan kecantikan dan kebiasaan yang paling pribadi yang di lakukan sang ratu. Sumber : Kompas 27 Maret 2009

4 thoughts on “Menyingkap Misteri Parfum Cleopatra”

  1. wah wah wah..makin canggih neh..klo dah jdi parfumnya kira2 dijual berapa ya…duh ga sabar pngen ngerasan gmna jdi ratu kecantikan…..abad milleniumm..

  2. hhaha…………saran yang bagus bagaimana kalau yang di teliti produk lokal om seperti bau kentutnya jayabaya atau bau kentutnya patih gajah mada…….ada-ada aja!!!!!!

  3. kalau wamgi dah biasa om,bagaimana kalau kentut! apakah kentut kleopatra baunya…………,kan bisa di teliti dari makanan yng di makan,lebih simpel…..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *