Kuda Telah di Manfaatkan Manusia Sejak 5500 Tahun Yang lalu

kuda telah dimanfaatkan manusia sejak 5500 tahun yang lalu
kuda telah dimanfaatkan manusia sejak 5500 tahun yang lalu

Kuda! binatang yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, Kuda pada masa lampau digunakan untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari,selain digunakan sebagai kendaraan penarik kereta kuda juga digunakan untuk bercocok tanam mengolah lahan pertanian. Selain itu kuda juga digunakan sebagai lambang kekuatan, atau juga digunakan sebagai satuan ukuran kecepatan pada benda-benda otomotif.


Baru-baru ini dengan mengadakan suatu penelitian arkeologi para ilmuwan dapat memastikan bahwa manusia memanfaatkan kuda sebagai hewan peliharaan dan memanfaatkannya sejak 5500 tahun yang lalu.
Tim peneliti arkeologi di Inggris menemukan bukti bahwa manusia sudah menjinakkan dan mengeksploitasi bangsa kuda sejak 5500 tahun lalu—atau 1000 tahun lebih awal daripada yang diperkirakan selama ini. Bukti itu didapat dari masyarakat Botai di Kazakhstan.

“Intinya disini mereka bukan sekadar memelihara, tapi satu paket penuh mulai dari memakan dagingnya, meminum susunya dan mengendarainya,” ujar Alan Outram dari University of Exeter yang memimpin penelitian. “Kalau dihitung sekadar memelihara bisa jadi mundur lagi dari 5500 tahun lalu.”

Mundurnya penanggalan domestifikasi pertama terhadap bangsa kuda ini dianggap penting dalam memahami kapan konsep masyarakat mulai terbangun. “Domestifikasi kuda penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi, (kuda-kuda) memajukan komunikasi, transportasi, produksi pangan dan juga peperangan,” jelas Outram.

Outram dan timnya meneliti tulang belulang dan gigi-gigi kuda yang ditemukan di sebuah situs di timur Pegunugan Ural di Kazakhstan sebelah utara. Mereka juga menggunakan teknik novel untuk menemukan residu lemak susu kuda yang tersisa pada gerabah di situs yang sama.sumber Kompas

4 thoughts on “Kuda Telah di Manfaatkan Manusia Sejak 5500 Tahun Yang lalu”

  1. Di budaya cina, gambar delapan kuda melambangkan kekuatan dan kekuasaan. Susu kuda Sumba juga terkenal khasiatnya untuk kesehatan. Kuda memang binatang yang banyak manfaatnya bagi manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *