Tips,Trik dan Resep Pacaran Jarak Jauh

Sukses menjalin hubungan Pacaran Jarak Jauh
Sukses menjalin hubungan Pacaran Jarak Jauh

Menjalin cinta jarak jauh atau long distance love biasanya memang menimbulkan banyak dilema bagi mereka yang menjalaninya. Padahal dengan berbagai kecanggihan teknologi yang ditawarkan, seharusnya jarak bukan lagi menjadi persoalan utama. Lantas bagaimana cara menjalin cinta jarak jauh yang langgeng dan aman?..

Banyak yang tak kuat berlama-lama menjalin cinta jarak jauh. Berbagai alasan tentu saja menjadi hal yang sangat menguatkan pernyataan tersebut. Tapi sebenarnya, asyik-asyik saja dilakukan dan ada kenikmatan tersendiri. Meski tentu hal ini tak semudah dibayangkan, dan perlu banyak pengorbanan.


Pacaran jarak jauh juga dapat menguji kesetiaan dan keserasian pasangan serta dapat mengantisipasi dan memperkuat hubungan yang telah di jalin, Beberapa Trik ini diambil dari saran beberapa pakar Psikologi dan tidak diragukan lagi karena saran dan trik serta tips sebelumnya telah diteliti dari beberapa sample pasangan yang menjalani hubungan aau cinta jarak jauh diantaranya:

1. Jelaskan ekspektasi sejak awal
Jangan bertele-tele, rencanakan masa depan sejak dini. Menurut Dr. Greg Guldner, direktur Center for the Study of Long-Distance Relationships, yang membedakan antara pasangan yang berhasil dan tidak berhasil menjalani LDR adalah: peraturan dasar. Dr. Guldner menjelaskan, sekitar 70% pasangan LDR yang tidak mengatur perjanjian sejak mula, rata-rata putus hubungan setelah 6 bulan. Tentunya yang terpenting untuk dilakukan adalah membicarakan peraturan dasar, seperti: apakah hubungan ini eksklusif atau terbuka? Setiap berapa kali sehari memberikan kabar, lewat e-mailkah, lewat SMS-kah? Kapan jadwal bertemu?

2. Ekspresikan Diri
Pasangan yang tinggal berdekatan saja sering mengalami kesulitan untuk bertemu dan mengekspresikan cinta kasih mereka. Jadi, bayangkan bagaimana sulitnya pasangan LDR untuk bertatap muka apalagi bersentuhan. Dr. Gary Chapman, penulis The Five Love Languages for Singles mengatakan, “Penting untuk mengetahui cara membuat pasangan kita merasa dihargai dan dicintai. Terlebih lewat kata-kata. Misalnya, ‘Jika kamu ada di sisiku saat ini, aku akan memberimu ciuman di keningmu’.” Ia juga menyarankan untuk saling berbagi kisah yang dihadapi sehari-hari kepada pasangan. Ini perlu dilakukan untuk menjaga kedekatan, sehingga ketika Anda dan pasangan bertemu ada hal-hal yang bisa diceritakan dan menghindari keadaan yang membuat Anda merasa seperti orang asing. Tak hanya lewat e-mail, surat konvensional pun sama serunya untuk membuat hubungan Anda terasa lebih personal dengan membaca goresan tangannya. Selipkan potongan surat kabar yang lucu atau puisi karangan Anda yang ditulis di atas daun. Anda bisa lebih kreatif melalui surat konvensional.

3.Buat/Beri sebuah kejutan
Kejutan seringkali menjadi penyegar suatu hubungan. Untuk yang jarak jauh bisa memanfaatkan jasa pengiriman. Sesekali mengirim bunga bisa menjadi penawar rindu yang romantis. Jika memang ada waktu yang cukup untuk liburan kejutkan dia dengan datang ke kotanya. Tapi ingat juga kesibukannya, jangan terlalu banyak menuntut waktunya. Jika memungkinkan, cari tahu dulu jadwal dia pada hari itu. Kunjungan anda juga tak perlu lama-lama, yang penting perasaan rindu sudah terobati.

4. Nikmati kebebasan Anda
Hidup terlalu berdekatan dengan pasangan pun bisa jadi hal yang menyulitkan untuk masing-masing bisa bertumbuh secara pribadi maupun profesional. Hidup terpisah memang sulit, namun memberikan ruang kita secara pribadi untuk bertumbuh tapi tetap berada dalam sebuah hubungan. Seiring waktu berjalan, Anda akan saling mempelajari sikap dan sifat pasangan, hingga pada akhirnya jika memutuskan untuk hidup bersama, hal ini bukan lagi menjadi sebuah “pengorbanan” namun sebuah kompromi.

5.Percaya dan Sabar
Ketika sudah berkomitmen untuk hubungan jarak jauh, kepercayaan pada pasangan sangat penting. Jika tak bisa percaya pada pasangan sebaiknya anda berpikir dua kali sebelum menjalani hubungan jarak jauh. Anda bisa lelah sendiri disiksa kecurigaan dan kecemburuan karena tak bisa selalu mengawasi sang kekasih. Jika ada perasaan curiga atau gelisah, langsung ungkapkan kepadanya. Jangan dipendam sendiri dan berkembang menjadi masalah.

Keadaan emosi memang sulit dikontrol. Kadang kesal sedikit bisa jadi masalah. Khusus untuk pasangan jarak jauh, kesabaran adalah aspek yang penting. Seperti dilansir lovearticle, Rabu (21/9/2005), emosi pasangan pada hubungan jarak jauh lebih mudah meledak. Padahal seharusnya pasangan tersebut sangat menghargai saat-saat ketika mereka bertelepon atau bertemu.

Karena itu, jika timbul masalah sebaiknya coba bersabar dan jangan langsung meledak. Ingat, pertemuan dan komunikasi yang cukup sulit sebaiknya diisi dengan hal-hal yang menyenangkan supaya hubungan lebih mesra. Selalu akhiri pembicaraan dengan kata-kata yang manis.

6. Buat jadi lebih menyenangkan
Anda bisa membuat keadaan lebih menyenangkan dengan membuat kejutan-kejutan untuk si dia. Bisa dengan memberikan hadiah-hadiah yang dikirimkan sewaktu-waktu. Ini penting untuk membuat ia merasa bahwa Anda memikirkan dia. Namun perlu diingat: beri jarak waktu. Jangan sampai ia merasa Anda membombardirnya. Berikan hadiah-hadiah yang dibuat personal, seperti buku yang sudah lama ingin ia baca, video berisi pesan, cokelat yang Anda buat sendiri, foto Anda berdua, liontin kunci, puisi buatan Anda sendiri, perhiasan bergrafir, bunga berisi pesan, dan lainnya. Semakin personal hadiah yang Anda buat, semakin besar dampak yang akan diterima oleh si dia.

Siapa yang tak suka kejutan manis? Kejutan bisa jadi menyenangkan karena tak disangka-sangka dan melambangkan betapa si pemberi kejutan sangat memerhatikan orang itu. Coba: buat iklan di koran nasional atau koran lokal tempat si dia yang isinya betapa Anda sangat menyayangi dia. Atau buat perjalanan mendadak ke tempatnya. Atau buat video pesan yang menyatakan perasaan Anda dengan cara tersendiri. Atau kirimkan hadiah ke rumahnya saat ia sedang mengunjungi Anda, hingga begitu ia sampai di rumahnya, hadiah tersebut sudah menunggunya. LDR bisa berhasil jika Anda dan pasangan bersedia menyiapkan waktu dan usaha untuk membuatnya berjalan baik.

Tapi inti dari semua resep diatas adalah KEPERCAYAAN,KASIH SAYANG dan KESABARAN

Sumber : KOMPAS dan dari berbagai sumber

This article specialis for Iin Fortina

20 thoughts on “Tips,Trik dan Resep Pacaran Jarak Jauh”

  1. Skrg q lg ngjlnn LDR ud 2blan qt knl q iseng ambil nomor d FB q mcoll eehh nyambung hehehe eh dia von blik… Dri stu q sering sms dia n dia ngrespon suatu hri dia sms ngjak merid q tnpa rsa rgu q jwb ya…. Krn q yakin dia bkal yg trbaik bwt …1 oktbr 2o11 q ngresmiin hub qt mnjdi spsang kksih q sllu mnyakn kpn pulg …
    Skrg q cm bs brsbar n brsbar subhknallh nikmat’y ksbran ntu luar biasa’y bgt krn mnguji qt dr sisi yg lain…
    Qt komunikasi gk setiap hri krn tuntutan tugas cowo q sebgai abdi negara yg gk selalu stand bay buat q tp stand bay buat negara tp tak ap…..krn q ykin dia pasti inget q…
    Bln januari ni dia pulg dia jnjji bkal nemuui q..q bhrap tu bner… Dn q pgn berkomitmen buat hub qt
    flen smua mnta doa’y ya…agar qt berdua mlngkah kjnjang prnikhn amin….
    Thanks

  2. That’s right
    yang paling utama rasa saling percaya jg keterbukaan
    alhamdulillah hubungan aq sama pacar q bisa bertahan sampai sekarang
    doain terus y 🙂

  3. alhamdulillah…that’s really nice artikel…tp tentu sj yg menjalaninya yg akan lebih tau…aq juga salah satu yang menjalin long distance…dan skrg udah 1 tahun lebih kami jalaninya…klw bicara soal pertengkaran…gag terhitung deh udah berapa kali perang dunia tejadi di antar kami….hahaha  tp cukup banyak yang bisa dipelajari dari hubungan long distance…sangat banyak malah…aq salut banget ama mereka yg bisa bertahan hingga akhir (married)…semoga kami pun begitu…amin.

  4. Saya saat ini memang lg LDR udh 2 thn, soalny pekerjaanlah yang memisahkan sementara tapi itu bukanlah persoalan buat kami berdua. inti dari LDR biar tetap langgeng ama pasangan kita yaitu: jujur, setia, saling percaya, saling memahami & mengerti, serta komitmen kita utk kedepannya seperti apa bos?

  5. saya juga long distanc dah setahun dan sya rasa apbla ad slng kprcayan psti smua baek aj
    hrn sy org nya bosanan lw jrk dkat mrsa krang ditantang

  6. yah ku pacaran pertama kali tetangga dah putus, sekarang pacaran jarak jauh.. wah hati gak pernah istirahat, setiap detik ku terus kepikiran, merasa curiga, apa laggi kalo nomor sibuk, uhhhh rasanya hati ini tak dihargai, berfikir negatif, tp kita sebagai manusia kita harus sabar, dan saling mempercayai selama tidak tahu yang sebenarnya…. pacaran jarak jauh sebenere menyakitkan, tapi kalo pcaran jarak dekat sering berantem, bosen, berarti semua ada dampaknya, yang penting keduanya saling berusaha menghibur, dan selalu kirim kabar, kalo merasa kagen, segera ungkapkan dan yang di kangeni harus respon ungkapkan juga rasa kangen, itu akan merasa lebih tenang. ketika berantem janggan sekali kali curhat ke lawan jenis, kalo cowok curhat juga ke cowok, cewek juga curhat ke cewek, karna kalo beda jenis itu nanti membawa dampak negatif… itu yang aku yakinkan, dan itu semua pengalaman saya smoga bermanfaat bagi sobat2.

  7. Assalamu’alaikum … Inspiring banget tips nya,, ^^
    Kebetulan saat ini saya lagi ngejalanin LDR, udah 2 taun jauh2an kaya ginih..
    Awalnya gak biasa jadi terbiasa … Cuman selalu gak enak ajah saat salah satu pasangan lgi ngerasa jenuh … *biasa 1 kota skrg beda pulau 🙁
    Intinya memang kepercayaan, komitmen, kreatif …
    Cuman memang susah klu setiap kali berantem … Langsung meledak *kaya bom atom deh … •_•
    Capek siih … Berasa harus selalu ada yg ngalah … Tapi di situlah seni nya menjalin hubungan … Yang pasti semoga Allah mengakhirkan ini semua pada waktunya menjadi indah, bahagia dunia-akhirat amien 🙂

  8. asal satu sama laen sllu memegang komitmen tujuan dari PJJ itu sendri’pasti semua akan lancar2 ajah ^_^

  9. Pacaran jarak jauh sering aku alami so,.. ada yang sampai lama ada juga yang sebentar aja,intinya kalau di saya jaga komitment aja,baik sikap,cara bicara,perhatian dan yang terpenting beri kabar setiap hari walaupun cuman sms. saya yakin guys cinta datang dari kita sendiri kalu kita ikhlas dan sabar pasti allah kasih jalan yang terbaik kedepannya.Selamat mencoba…..

  10. Pacaran jarak jauh memang sangat indah apabila kita saling percaya dan setia dan saling menghargai komitmen yang kita buat. Aku pernah pacaran jarak jauh, semula terasa indah dan benar2 dari hati, namun apabila salah satu diantara keduanya ada yang cuek dan tidak peduli itulah yang menghancurkan hubungan itu sendiri. Pengorbanan itu memang dituntut, saya setia, rela menunggu dia, dan menolak orang yang menyatakan cinta yang lainnya, bahkan terkadang selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi dia, tetapi setelah berjalan 9 bulan dia mulai tidak mau tau, cuek dan tidak setia pada komitmennya. Pada suatu saat aku tanyakan kenapa sih kok gak pernah mau sms atau angkat tlp lagi? jawaban itu menyakitkan, dia mengatakan klu dia sudah dua bulan ini punya pacar baru disana……..rasa kecewa karena aku merasa tulus mencintainya apa adanya….. tapi aku merasa cinta itula adalah pengorbanan…

    Sekarang Tuhan mengijinkan aku untuk pacaran jarak jauh lagi……aku tetap setia pada janjiku …….klu ini memang kehendaNya biarlah tuhan yang memberikan jalan yang terbaik….hingga hubungan ini sampai ke pelaminan. Thanks God

  11. Lucky sibolga

    Q jg mnglami hbungan jarak jauh..q jlani ampe 1thun 8 bulan gk prnah jumpa..ne smua brawal dri asal pejetin nomor hp he.hehe…

    .99%indah’a pcaran dri hati q rasakan..
    Saling terbuka..saling mrasakan ap yg di alami…
    Ksdihan q ksdihan dia juga…sblik’a bgtu..,
    Stiap q ad msalah..dia psti bri solusi..n ampe kluarin air mata…subhanallah…sungguh besar anugerah yg di brikan tuhan kpd q…

    q stia sma dia..stia bgt..,smua ne bsa di jlani hrus dgan ktulusan hati…1thun 8 bln kami gk mengenal wajah…dia mau krim foto q tolak..bgtu jg dgn aq..,q ne ngrasa yakin n prcaya..dia yg trbaik untukku…

    Q tinggal di sibolga..,pcar q tinggal di aceh langsa…jauh kan..he.he..

    1 mggu kmri kami dh jumpa..
    Tau gk gmn yg q rasain…wuih..smua gmetar…ha.ha.

    24 jam sblum brtemu kmu..
    q sudah glisah tdk mnentu..
    Menanti dgn hrap2 cmas..
    Sprti ap dri mu nanti..
    Apkah q mngenalimu.?
    Apkah q bsa mnjadi saksi dri sjarah msa lalu?
    Dan skian prtanyaan y mulai hilir mudik dlm bnakku…
    Bbrapa jam sblum ktmu..q di serang panik..
    Entah mengapa mnjumpaimu sprti mnjumpai tahta trtinggi di bumi ne…
    Q bsa mrasakan dtak jantung q kian cpat n nafas q mburu spanjang prjalanan k tmpat mu…
    q bhkan tdk ad kfkran untuk pnampilan q di dpan mu..
    q ingin kmu mlihat q dlm keadaan baik..
    Ktika tiba di tmpat itu…
    q menghela nafas q panjang2 brulang x…
    Glisah sdah bkan mnjadi kata yg tepat..
    Rokok jg bkan solusi…
    Aq hnya ingin sgera brtemu kmu untuk mdapat kan jwban2 penting bgi hidup q…
    Jwban yg q nanti2 skian thun q hidup..
    Pnyebab jiwa q sakit..
    Pnyebab air mata q kering..
    Pnyebab hti q patah..
    Pnyebab sayap hrpan q pupus…
    q melangkahkan kaki q…
    Brusaha tnang di sela kegugupan q…

    Itu lah yg q alami…
    Tp skrg ne hati cemas udh gk ad lg…kmi saling menerima kekurangan n klebihan msing2…
    Insya allah dlm tahun 2010 ne kami merid….
    q butuh do’a klian smua friends…..

    Sangat lah mulia jika cinta dari hati k mata…cinta yg tulus kan kita dpt kan…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *