Kontrasepsi Sistem Kalender (KB Kalender)

Keluarga Berencana adalah suatu sistem untuk mengatur dan merencanakan kapan dan berapa jumlah anak yang diinginkan dalam sebuah perkawinan (keluarga). Hal ini sangat dianjurkan dan memang banyak manfaat yang dirasakan bukankah kuantitas sedikit tapi lebih bermutu itu lebih baik dari pada kuantitas banyak tapi mutunya kurang. dengan KB kita dapat memplayning masa depan anak dan juga tentang gizi anak tentunya lebih terjamin karena sudah ada perencanaannya.

KB sistem kalender ini adalah” usaha untuk mengatur kehamilan dengan menghindari hubungan badan selama masa subur seorang wanita. Sebab pembuahan memang hanya terjadi pada saat masa subur, atau lebih tepatnya 12-24 jam setelah puncak masa subur (sel telur dilepas). 12-24 jam ini dari masa hidup sel telur rata-rata.” Sehingga tidak masalah berapa kali hubungan badan dilakukan, bila bukan selama masa subur ini dengan sendirinya pembuahan tidak terjadi dan kehamilan bisa dihindari. Sebaliknya meski hanya sekali, bila kebetulan hubungan badan dilakukan pada puncak masa subur, maka kemungkinan terjadi kehamilan akan jauh lebih tinggi.

Berbeda dengan sistem kontrasepsi lainnya, sistem kalender menjanjikan aneka kelebihan dan karena itu banyak yang lebih menyukainya. Pertama, dari segi kesehatan sistem kalender ini jelas jauh lebih sehat karena bisa dihindari adanya efek sampingan yang merugikan seperti halnya memakai alat kontrasepsi lainnya (terutama yang berupa obat). Dari sudut ekonomi, sistem kalender ini tentu saja sangat ekonomis karena gratis. Dan terakhir dan adakalanya penting adalah masalah psikologis, yaitu sistem kalender ini tidak mengurangi kenikmatan hubungan itu sendiri seperti bila memakai kondom misalnya. Meski tentu saja dilain pihak dituntut kontrol diri dari pasangan untuk ketat berpantang selama masa subur. Dilain pihak, adakah sisi negatif sistem kalender ? Tentu saja ada, yaitu kemungkinan kegagalan yang jauh lebih tinggi. Ini terutama bila tidak dilakukan pengamatan yang mendalam untuk mengetahui dengan pasti masa subur.

The CCTV System

Sebelum menggunakan metode ini, tentunya pasangan suami istri harus mengetahui masa subur. Siklus masa subur pada tiap wanita tidak sama. Untuk itu perlu pengamatan minimal 6 kali siklus menstruasi. Berikut ini cara mengetahui dan menghitung masa subur :

Bila siklus haid teratur (28 hari) :

  • Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
  • Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

contohnya sebagai berikut : Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 11 Januari. Tanggal 11 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 22 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 26 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 22 Januari hingga tanggal 26 Januari. Pada tanggal-tanggal tersebut suami isteri tidak boleh melakukan hubungan dengan istri (Hubungan badan). karena bila melanggar kemungkinan sang istri hamil sangat besar.

Bila siklus haid tidak teratur :

  • Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
  • Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus :

  • Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
  • Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh : Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya). Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid. Pada masa ini suami isteri tidak boleh bersanggama.setelah lewat dari itu baru boleh.

Kelebihan sistem KB Kalender adalah :

  1. Ditinjau dari segi Ekonomi : KB kalender dilakukan secara alami dan tanpa biaya sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli alat kontrasepsi!
  2. Dari segi Kesehatan :sistem kalender ini jelas jauh lebih sehat karena bisa dihindari adanya efek sampingan yang merugikan seperti halnya memakai alat kontrasepsi lainnya (terutama yang berupa obat).
  3. Dari segi psikologis :yaitu sistem kalender ini tidak mengurangi kenikmatan hubungan itu sendiri seperti bila memakai kondom misalnya. Meski tentu saja dilain pihak dituntut kontrol diri dari pasangan untuk ketat berpantang selama masa subur

Sedangkan sisi negatif dari sistem ini adalah :

  1. kemungkinan kegagalan yang jauh lebih tinggi. Ini terutama bila tidak dilakukan pengamatan yang mendalam untuk mengetahui dengan pasti masa subur. karena tidak ada yang bisa menjamin ketepatan perhitungan sebab masa suburpun terjadi secara alami,
  2. selain itu kedua pasangan tidak bisa menikmati hubungan suami istri secara bebas karena ada aturan yang ditetapkan dalam sistem ini.

11 thoughts on “Kontrasepsi Sistem Kalender (KB Kalender)”

  1. Pingback: Kecerdasan « 9nasihat

  2. bru mulai blajar systm kb kalender ini, kesalahan perhtungan cukup mengganggu jga. Sya kira hrs dibarengi dngan system yg lain spt kondom ato system cabut. Trims artikelnya. Mau dicoba sya perdlam lge. Kasian is3 dri 50 kg skrng dah mau 75 kg. Sapa tau kb ini bisa membntu.

  3. saya bingung…kalo saya mens tangal 1 maka tngal 12 hinga 16 dalam masa subur…
    berarti tangal 17nya saya suda tidak subur….apakah begitu

  4. sya mau tanya kl saya haid pada tanggal 28 dan tanggal 12 sya melakukan hub dengan suami saya.kemungkinan besar jd g y?

  5. Sy ba aja mengalami kegagalan kb sistem kalender… Stlh siklus haid 6 bulan terakhir, rutin di 34 -35 hari, sy merasa yakin dlm menentukan jadwal ms subur & tdk…. Dan yakin sekali tdk berhubungan di masa/ mendekati ms subur… jd wktu telat haid pun tenang2 saja.. Ternyata hsl test pack positif… Sy jd gak percaya ld dg sistem ini.

  6. jika belum yakin dengan kalender bisa di bantu dengan pendeteksi LH pada air seni jam 10.00PM s/d 22.00 PM. produk yang saya tahu bernama fertitest

  7. sebaiknya untuk masalah ini anda diskusikan dulu aja dengan suami anda!!!apabila siklus haid anda normal atau teratur (tidak ada kelainan) anda dapat mencoba hal ini sebab hal ini sudah diuji oleh para ahli dalam bidang kedokteran,tapi yang lebih penting adanya kesepakatan kedia belah pihak!!

  8. pengen banget ngikutin sistem kalender ini..tapi aku takut gagal…karena kehamilanku dan proses kelahiranku yang pertama, membuat aku tak bisa menanggung resiko untuk hamil lagi dalam waktu kurang lebih 3th.benar2 amankah sistem kalender ini?

  9. hallo semuanya baik2 ya…kasih tau aku dong cara sistem kaleder
    kalo istri ku datang bulannya atau mentruasi setiap tanggal 13 atau 14 trus jadwal masa suburnya tanggal berapa aja ? tolong kasih hitung2annya ya..tanggal berapa aja aku hrus pake kondom dan tanggal berapa aja aku tidak menggunakan kondom….makasih banget nih atas infonya ya…kirim ke email aku : [email protected] benar lho aku tunggu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *