Atlas Nasional Pertama Indonesia Di Luncurkan

Untuk kali pertama sejak kemerdekaan tahun 1945, Indonesia mempunyai atlas nasional resmi yang diluncurkan pada tanggal 05 Februari 2008! What……Tentunya banyak para pelajar dan mahasiswa serta seluruh masyarakat seolah tidak percaya Indonesia yang selama ini memiliki teknologi yang tidak kalah canggih dengan negara-negara lain di asia tenggara BARU SAJA MENERBITKAN ATLAS NASIONAL PERTAMA, jadi selama ini satelit yang kita gunakan untuk apa? kita telah memiliki satlit Palapa mendahului negara-negara lain di asia tenggara, Tapi kok???jadi selama ini kita belajar geografi tentang wilayah indonesia, dengan sumber-sumber daya mineral,sumber tambang, sumber flora dan fauna sumbernya dari mana??

Ternyata Selama ini atlas nasional resmi Indonesia adalah atlas yang dibuat oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1938.walah ndalah terus apabila kita mengalami perubahan karena kejadian-kejadian alam seperti sunami dan gunung meletus pemerintah kita tidak bisa up to date. dan bagaimana penyelesaian batas wilayah negara kita dengan bangsa lain seperti papua nuegini, malaysia, dan brunai darusalam? ternyata kita masih berpegang pada perjanjian kolonial belanda dengan Inggris…….wah perjanjian tersebut sudah berapa puluh tahun yang lalu yang pasti sebelum kemerdekaan.

Jadi selama ini badan yang mengurusi tentang pemetaan di negara kita kerjanya apa??apakah hanya mengamati dan cuma mengira-ngira wilayah indonesia, wah berita yang satu ini bukan berita yang membanggakan tetapi berita yang sangat memprihatinkan selama 1945 – 2009 indonesia baru berhasil membuat atlas Nasional pertama kalau dihitung-hitung sudah 64 tahun indonesia baru bisa meluncurkan atlas pertama nasional.

Dalam acara peluncuran Atlas Nasional Indonesia di Hotel Sahid, Kamis (5/2), Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto Kadiman menekankan pentingnya akses di dunia mobile. Menurut Menristek, saat ini zaman yang sangat membutuhkan kecepatan di segala bidang dan segalanya yang serba mobile.

Mobile is our lifestyle now,” tukas Menristek ketika memberi sambutan dalam acara tersebut. Atlas tersebut sebisa mungkin dapat diakses mudah dari ponsel di jaringan telekomunikasi.

Sejalan dengan arahan Menristek tersebut, pihak Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) memang telah mempersiapkan versi web dari Atlas Nasional Indonesia agar dapat diakses melalui internet. Namun, sampai saat ini hal tersebut masih menjadi wacana. Bakosurtanal belum memiliki website yang menampilkan Atlas Nasional Indonesia tersebut.

“Kegiatan pembuatan atlas ini masih akan terus berlanjut hingga tahun 2010, termasuk perampungan web atlas nasional,” ujar Kepala Bakosurtanal R W Batinas. Lebih lanjut, ia mengatakan optimistis dengan target utama dari program ini, yaitu menjadikan atlas ini masuk ke dunia mobile dapat berhasil.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Menristek juga mengingatkan agar Atlas Nasional Indonesia ini terus menerus direvisi. Menurutnya, atlas yang merupakan informasi gambaran atas suatu wilayah bukanlah hal yang stagnan atau tidak pernah berubah.

—–dari berbagai sumber——

5 thoughts on “Atlas Nasional Pertama Indonesia Di Luncurkan”

  1. maaf, satelit palapa itu bukan satelit penginderaan jauh, tapi satelit komunikasi, trimakasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *