Rahasia Umur Panjang

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki tingkat kehidupan manusi berumur panjang nomor satu didunia rata-rata umur penduduk jepang menbcapai 76 untuk laki-laki dan 83 tahun untuk wanita bahkan banyak dari penduduk jepang yang sampai berusia 100 tahun lebih. Okinawa adalah nama salah saru Provinsi di utara Tokyo ini adalah surga manusia lanjut usia. Ketika Prof Hardiansyah melakukan riset di Okinawa 20 tahun silam, ia menemukan banyak penduduk berusia 140 tahun di situ. Bahkan, kata dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) itu,”Ada yang sampai 160 tahun,

Penelitian yang sempat dilakukan oleh DR YUKIO YAMORI di berbagai daerah di belahan dunia menemukan ada negara-negara yang atau bagian dari negara yang memiliki masyarakat yang berumur panjang dan ada beberapa yang memiliki usia penduduknya pendek seperti :

Suku Masai

Suku masai adalah nama salah satu suku di tanzania,afrika DR Yokio Yamori mendapatkan hasil yang sangat mengejutkan ketika melakukan penelitian terhadap suku ini yaitu hampir tidak ada orang yang menderita tekanan darah tinggi, menurut penelitian suku masai suka sekali meminum susu, setiap harinya rata-rata penduduk suku masai mengkonsumsi susu sapi sebanyak 3 – 10 liter perhari, dalam 10 liter ais susu terdapat 1000mm gram protein ini berarti tidak kurang dari 300mm gram-1000mm gram protein telah dikonsumsi oleh setiap orangnya.dan dalam susu terdapat kalium,dan kalsium yang dapat mencegah kolesterol dan menurunkan tekanan darah, disamping susu suku masai juga jarang mengkonsumsi garam.

Vilcabanba

Vilca banba adalah nama salah satu daerah yang terletak di pegunungan andes di daerah Ekuator, anerika selatan, didaerah ini juga memiliki usia rata-rata penduduknya berumur panjang. Penduduk vicabanba sering mengkomsumsi susu sapinbuah-buahan, jagung,keju bernama keso,kacang-kacangan yang diberi nama dan buah-buahan. Susu sapi mfngandung kalsium,kalium dan protein yang dapat mencegah penumpukan kolesterol dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, Jagung mengandung banyak serat dan kalium yang berfungsi menekan efek negatif dari garam,kacang chochos mengandung protein dan kalsium yang sangat tinggi.

Suku Kazakh

suku kazahk terletak di propinsi Xinjiang Uygur bagian barat RRC di kenal masyarakatmya berumur panjang. Suku ini dari kebiasaan yang dilakukan gemar sekali buah-buahan dan sayur mayur,mereka sangat jarang mengkonsumsi garam dalam setiap masakannya air yang mereka konsumsi tiap haripun banyak mengandung mineral yaitu kalsium yang berfungsi menyetabilkan tekanan darah.

Okinawa

Okinawa adalah salah satu daerah di jepang yang sangat terkenal dengan usia penduduk berumur panjang, hal ini terletak pada pola makan dan kebiasaan penduduk okinawa, masakan yang paling digemari oleh masyarakat adalah daging babi yang dioleh dengan cara membuang seluruh lemak yang terdapat pada daging babi setelah itu baru diolah dalam beberap[a makanan, masyarakat okinawa juga sering mengkonsumsi ganggang laut yang banyak mengandung mineral.sering mengkonsumsi kacang-kacangan yang banyak mengandung protein nabati dan jarang mengkonsumsi garam.Warga di sana tak mengenal kata gorengan, Semua pangan dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau dibakar. Inilah rahasia umur panjang penduduk Okinawa : pola makan bebas lemak . Seperti mengamalkan slogan back to nature, penduduk Okinawa amat doyan sayuran dan umbi-umbian. Mereka memetik sendiri sayuran di depan rumahnya sebagai makanan sehari-hari. Sayuran-sayuran ini tanpa pestisida. Adapun sumber pangan utama adalah ubi merah, tanaman lokal yang tumbuh subur di daerah tersebut. Sebagai menu tambahan, penduduk Okinawa menyantap ikan laut, rumput laut, dan buah paria. Tak ada junk food. Tak ada produk makanan olahan dalam kaleng.

Jadi dari uraian diatas rahasia hidup sehat adalah pola makan dan pola hidup sehat berpengaruh sekitar 61% dari usia manusia (tentunya terlepas dari Takir Ilahi).selain itu faktor lingkungan dan kebiasaan hidup. di bawah ini merupakan saran dari DR. Yanori:

1. Mengurangi Zat garam dalam Tubuh

2. Berhati-harilah terhadap Lemak hewani jangan dikonsumsi terlalu banyak

3. Makanlah banyak sayur-sayuran dan buah-buahan

4. Mengkonsumsi banyak susu sapi, yogurt atau hasil olahan susu yang lainnya

5. sesering mungkin mengkonsumsi kacang-kacangan dan menjaga pola makan yang seimbang kandungan gizi dan vitamin serta banyak bergerak(Berolah raga)

semoga bermanfaat

sumber : Gatra

2 thoughts on “Rahasia Umur Panjang”

  1. Pingback: Apakah kamu sudah siap menjadi Tua dan tetap sehat? | Pandji Artikel

  2. Pingback: Rahasia Panjang Umur Kura-kura dan Bangau | Pandji Artikel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *