Undur-Undur Sebagai Obat Diabetes Millitus

Mungkin waktu kecil kita sering bermain dengan hewan kecil berwarna kecoklatan berbentuk seperti kutu dan jalannya mundur yang sering di sebut sebagai undur-undur yang nama latinnya Myrmeleon sp (mungkin penamaannya berdasar gayanya berjalan yang selalu mundur) Dalam bahasa mandarin hewan ini bernama di-gu-niu dan dalam bahasa Inggris disebut Antlion. Binatang ini biasa bersarang di tanah yang berpasir dengan membuat kawah-kawah kecil di pasir sebagai sarang yang berfungsi juga sebagai alat perangkap hewan-hewan kecil yang sering di jadikan sebagai santapan mereka seperti semut,serangga dll. Dulu hewan ini tidak begitu terkenal karena tidak memiliki manfaat akan tetapi setelah undur-undur di teliti dan dapat digunakan sebagai salah satu obat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh manusia maka undur-undur menjadi salah satu binatang populer sebagai penyembuh penyakit diabetes militus dan kolesterol.

Undur-undur darat adalah kelompok binatang holometabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Tahapan dari daur serangga yang mengalami metamorfosis sempurna adalah telur, larva, pupa, dan imago. Larva adalah hewan muda yang bentuk dan sifatnya berbeda dengan dewasa. Pupa adalah kepompong dimana pada saat itu serangga tidak melakukan kegiatan, pada saat itu pula terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ. Imago adalah fase dewasa atau fase perkembangbiakan. Berdasarkan ciri sayap dan alat mulutnya, binatang ini merupakan ordo Neuroptera Ordo Neuroptera adalah serangga bersayap jala. Ciri serangga ini adalah mulut menggigit, dan mempunyai dua pasang sayap yang urat-uratnya berbentuk seperti jala. Contoh: undur-undur, metamorfosis sempurna (siklus hidupnya: telur, larva, pupa (kepompong), imago).

Berdasarkan penelitian diketuai Tyas Kurniasih dari Universitas Gadjah Mada Jogjakarta berjudul Kajian Potensi Undur-Undur Darat (Myrmeleon sp) 2006, binatang ini mengandung zat sulfonylurea.
Kerja sulfonylurea pada undur-undur adalah melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Karena, ketika insulin dalam tubuh manusia menurun sementara kadar glukosa darah meningkat, maka terjadi ketidakseimbangan. Di mana insulin sebagai penghasil energi tubuh terus berkurang. Akibatnya, tubuh mudah terserang penyakit.

Pemilih Toko Obat Wan Fu Dang di Kapas Krampung, Koh Eddy, mengakui undur-undur sejak lama dikenal masyarakat Tiongkok untuk pengobatan diabetes. Biasanya, undur-undur mentah dimasukkan ke dalam kapsul atau dicampur bahan herbal lain lalu ditelan. Cara pengobatan alternatif ini kini mulai diburu pasien diabetesDr Huang Lie Ying dari Klinik Hwato Medicine, Gubeng, mengungkapkan bahwa di-gu-niu memang digunakan di Tiongkok sebagai obat diabetes, dan nyatanya manjur. Namun, penelitian klinisnya dan pemakaian secara klinis di Tiongkok belum ada, tukas Huang yang asli Tiongkok dan hanya bisa bahasa Mandarin ini, Jumat (27/10)..

Hewan undur-undur ini telah di jadikan ladang emas sebagai penghasil uang dan telah di budidayakan oleh masyarakat hal ini di karenakan undur-undur memiliki nilai ekonomis yang tinggi sebagai binatang berkasiat obat, pemeliharaannya tidak memakan biaya dan modal yang bersar tidak dibutuhkan perlakuan khusus dan hewan ini memiliki daya tahan hidup yang tinggi dan tidak mudah mati bila dikirim dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh

3 thoughts on “Undur-Undur Sebagai Obat Diabetes Millitus”

  1. pandjiwinoto

    To miss mardiana(diana) from singapura
    We can help you request, please give you ponsel number or email and please send to my ponsel no 081270321679 or email to : [email protected] we can discuss prices
    Please we wait your reply letter

    regard

    Pandji w

  2. I’m diana, from singapore want to know how to order this undur-undur alive… please get back to me as soon as possible.thk you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *