Gersen/Talok Tanaman Obat berkasyat besar

Gersen/kersen atau talok nama tanaman ini sangat akrab bagi kita yang masih tinggal di daerah pedesaan,tanaman ini sejenis tanaman perdu yang mampu mencapai tinggi 12 meter walaupun rata-rata tingginya hanya 1-4 meter,memiliki nama ilmiah Muntinga Calabura, berbuah bulat kecil jika masak buah berwarna merah dan joika masih muda buahnya berwarna hijau,berasa manis dan memiliki biji-biji kecil yang banyak seperti pasir, Cabangnya mendatar dan membentuk naungan yang rindang.

Buah kersen di daerah srilangka sering diawetkan dan dibuat selai jam fruit. buah ini sangat digemari di mexico dan umumnya di jual pada pasar-pasar tradisional dalam jumlah yang banyak. Jus buah kersen sangat bermanfaat dan memiliki kandungan yang lebih jika dibandingkan dengan berbagai larutan isotonik yng kini banyak beredart di pasaran. Kandungan buah kersen setiap 100 gram kersen terkandung : air (77,8 gram),protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 mg), fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), karoten (0,019g), tianin (0,065g), ribofalin (0,037g), niacin (0,554 g) dan kandungan vitamin C (80,5 mg) nilai energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram. sedangkan daun kersen telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional yang digunakan sebagai obat sakit kepala dan anti radang oleh masyarakat Peru.

Data Ilmiah kersen

Pada tanaman kersen sudah banyak dilakukan penelitian-penelitian ilmiah yang menghasilkan data-data ilmiah tentang kandungan yang dihasilkan oleh tanaman ini diantaranya:

Antiseptik

Kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkasiat sebagaipembunuh microba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik. Dari penelitian yang dilakukan oleh penelitian herbal dari malaysia didapat hasil bahwa rebusan daun Kersen dapat digunakan untuk membunuh bakteri C.Diptheriea, S. Aureus, P Vulgaris, S Epidemidis dan K Rizhophil pada percobaan yang dilakukan secara invitro

Antiflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki kasiat anti radang atau mengurangi radang (antiflamasi) dan juga menurunkan panas, ini data dari hasil penelitian dengan menggunakan hewan tikus sebagai objek penelitian.

Antitumor

Kandungan senyawa flavonoid yang dikandung daun kersen ternyata memiliki kasiat dapat menghambat perkembangan sel kanker (mouse hapatoma) secara laboratoris yang dilakukan para ilmuwan dari peru

Penyembuh asam Urat

di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat denga cara mengkonsumsi bauh kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.

sumber ;Dra Wiwied Ekasari, Apt, MSi dari departemen farmakognosi dan Fitokimia fakultas farmasi Univ airlangga

11 thoughts on “Gersen/Talok Tanaman Obat berkasyat besar”

  1. maksih atas info nya…sangat membantu bagi masarakat kecil.di tempat ku pohon itu banyak,tapi sayang gak ada yang tau tentang info itu..

  2. mksh infoy, didaerahku banyak thu buah kayak gtu, emmm… nant nyari ahhh, trnyta bnyk ea manfaaty…

  3. Tmks infonya, saya sudah mulai nanam lagi disekitar rumah. Karena saat ini saya punya satu byg pohon, setiapa pagi/ sore , anak anak maupun orang tua pada rebutan ambil buahnya, sampai sampai cabanynya pada doyong/ patah karena ambilnya ngawur pake diarik tarik . sekarang saya sediakan bambu untuk songgek buahnya.

  4. Info yang bagus Gan… di kampungku banyak yang menanamnya dan jg digunakan sebagai pohon peneduh, selain enak ternyata banyak khasiat dan manfaatnya..kecil-kecil cabe rawit..hehe..thanks infonya..

  5. Artikel yang bagus.
    Memang benar, sudah saatnya kita beralih menggunakan tanaman obat. Selain lebih sehat dan aman, dengan menggunakan obat tradisional berarti juga turut melestarikan warisan leluhur.CINTAI PRODUK INDONESIA !

  6. hahahahahh………………dulu menurut mbahku pohon talok banyak demitnya!!pohon talok sekitar rumahku habis di babat untuk makanan kambing!!

  7. mantaps bro… q punya pohon talok di rumah… gede… buahnya gede2…. muanis.. jadi sasaran anak2 kampung buat rebutan ma burung tiap sore….
    ternyata gede juga manfaatnya… ya…

    thanks….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *