Cara mengatasi Tegangan PLN Turun Naik

Tegangan Listrik AC yang bersumber dari PLN. Pernah mengalami tegangan listrik di rumah atau kantor tidak stabil. Kadang naik kadang turun. Tegangan normal untuk indonesia untuk 1 fase ada 220 Volt. Saya beberapa waktu yang lalu teganggan di kantor pernah tidak stabil, naik turun dari 190 – 230 Volt. Setelah kami cek memang masalah berada diluar insnatalasi jaringan rumah. Kami lapor ke PLN untuk diperbaiki.

Teganggan yang tidak stabil sangat mengganggu bahkan bisa merusak peralatan elektronik. Pernah kejadian ada Komputer (CPU) dan UPS yang rusak dan terbakar atau hanya bau-bau mau terbakar. Seoranhg teman juga pernh Rusak stabilizer/regulator Laptopnya karena lonjakan tegangga listrik AC sesaat. Berdasarkan apa yang kami ketahui ada beberapa Penyebab Tegangan tidak stabil (naik turun) antara lain :

Penyebab Internal :

  • Kelebihan beban di rumah kita
  • Jaringan Listrik menggunakan kabel yang tidak standar
  • Terdapat kerusakan pada jaringan Listrik internal

Penyebab Eksternal :

  • Kelebihan beban di Luar jaringan kita
  • Trafo penurun tegangan PLN yang tidak stabil
  • Terdapat kerusakan pada jaringan Listrik di jala-jalan PLN

Mencari penyebab (akar masalah) gangguan listrik

Akan lebih baik jika kita tahu apa sebenarnya penyebab gangguan listrik di rumah kita. Ada cara mudah menggalisa namun harus menggunakan alat seperti Multimeter (Voltmeter). Coba test jika saat tidak ada beban (lampu/perangkat listrik) jika kondisi listrik sudah tidak stabil maka besar kemungkinan masalah bukan di jaringan listrik di rumah. Titik pengujian bisa dilakukan di panel MCB (jika MCB menggunakan panel. Namun perlu diingat pengujian perlu dilakukan secara hati-hati karena tengangan cukup tinggi. sebaiknya didampingi oleh orang yang paham Sistem jaringan Listrik.

Jika memang teganggan belum stabil namun kita tidak bisa meninggalkan listrik. Ada cara yang lebih aman supaya perangkat elektronik kita terlindungi. Beberapa solusi yang bisa dilakukan adalah :

  • Menggunana Stabilizer teganggan AC (Stavolt), stavolt hanya menstabilkan tengganan saja, tidak menyimpan Energi lsitrik.
  • Menggunakan UPS untuk perngakat seperti Komputer. UPS memiliki keunggulan karena selain membaut listrik lebih stabil, juga bisa menyimpan Energi Listrik cadangan. UPS yang bagus umumnya bisa bekerja dalam rentang teganggan yang tidak stabil. Bisa dibaca spesifikasi sebelum membeli UPS.

Tags:

tegangan listrik naik turun,  cara mengatasi listrik yang tidak stabil,  tegangan listrik turun,  listrik naik turun,  

25 thoughts on “Cara mengatasi Tegangan PLN Turun Naik

  1. bagi para agan2 yg pada jengkel ama PLN mungkin saya bisa sedikit bantu,
    saya sekarang lagi di samarinda memenuhi panggilan untuk pembuatan Genset tanpa BBM. kecil sih dayanya cuma 1000w sampai 5000w tapi alhamdulillah bisa untuk keperluan listrik rumahan.
    kalo para agan ada yg minat insyaallah saya bisa bantu untuk perakitannya & dan untuk info lebih jelasnya silahkan kirim pesan via email, atau lgsg aja tlf nomor ada ko di email

    trimakasi

  2. Tegangan di tempat qw 180 V tapi terkadang turun menjadi 120 V dan MCB menjadi turun apakah itu penyebab nya karena tegangan turun..?

  3. SOLUSI NYA !!!!!!

    TUTUP PLN NYA….. GANTI PAKE PATROMAX’S AJA GAN…!!

    NGGAK DI JAWA, NGK DI SUMATRA, NGK DI BALI SEMUANYA DI INDONESIA
    PLN BIYARPET……

    KARENA BANYAK YANG SUKA…..?

  4. pak pln di kampung saya aliran listrik klw jam 6 sore sampe jam 11 ga stabil shingga saya sbgai konsumen ga nyaman malah rugi saya pnya komputer ga bisa nyala klaw malam hari

  5. dua cara itu cara yang masih layak untuk umum sedangkan pada praktiknya masih banyak stavolt abal abal murahan yang ga bisa untuk stabilkan listrik…jadi yg salah bukan artikelnya tapi pabrik stavolt murahannya….trims artikelnya….PLN tolong dengar keluhan keluhan masyarakat indonesia…tuuuulllluuunnnggg

  6. jiah, di daerah gwe parah banget, keknya trafo PLNnya benar2 udah kelebihan beban, masa pas maghrib tegangannya cuma 50v doang, kadang kurang malah. gx pernah normal 220v, paling banter 150v (tengah malam). hadeh…

  7. ada sbgian lampu yg sering bgt ptus. merek sma smua, tp hny 2 lmpu it aja yg umur ny lbh pendek dr yg lain,

    apa penyebbny lstrik tdk stbil?
    atau ada yg lain?

    mhn jwbn ny admin.
    tnxs.

  8. pln bangsat TDL sudah naik keluhan pelanggan ga di denger
    daerah saya tegangan voltase ga mencukupi, kalo malam daerah sya cuma dpt 170 vol. yang enak di bakar aja kantornya’

  9. Suhu, Ane mo nanya ni, sejak ane ganti MCB ama PLN listri dirumah malah jadi sering turun, padahal sebelum diganti ga pernah turun. sekarang AC dirumah rusak kompresornya, apakah itu terpengaruh dari penggantian MCB ya.
    Terimakasih atas perhatiannya.

  10. Kenapa pada saat di masukkan arus,lampu menyala tidak normal,berkedip-kedip & di kabel min dan kabel grounding ada arus juga.
    Kira2 ada permasalahan di mana ?

  11. dirumah saya sudah pake stavolt tapi kok listriknya masih naik turun, dan sampai merusak perabot elektronik saya. mohon dijawab, thank you

  12. yg terhormat bapak tecknisi,,saya mengalami gangguan pada instalasilistrik di rumah saya,tegangan listrik di rumah saya 240V.jd ada 3 kabel dan kabel grounnya ada listriknya,jadi apa penyebabbnya,mohon penjelasannya,terima kasih

  13. wow,, bermanfaat sekali artikelnya.

    warnet ane komputer nya pda rusak gara2 listrik naik turun.. komputer suka mati2 sendiri.

    hadddeuh…

  14. @rizal : Trima kasih. memang pembaca disini banyak yg anak-anak..
    klu sampe bunyi-bunyi gitu.. lebih baik konsultasikan ke PLN, bisa jadi trafo stepdown di PLN overload.. tq

  15. Kalau cm gitu .. anak kecil jg tahu.
    Yg jd masalah sdh pasang stavolt plus ups tapi masalahnya msh tak teratasi.
    Suara stavoltnya rak rek… dan monitornya berkedip. Kalau mau ngasih mbok…ya yg
    bermanfaatlah.

  16. untuk peralatan rumah tangga saat saat ini seperti laptop, tv dan lampu hemat energi yang ada kyake udah bisa berkerja pada tegangan naik turun antara 110 – 220 volt g kayak peralatan jaman dulu,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *