Pembantu Rumah Tangga (RT) Beralih jadi Asisten RT

Pembantu Rumah Tangga(disingkat PRT) atau sering disebut pembantu saja adalah orang yang bekerja di dalam lingk sebuah Rumah Tangga dengan majikannya. Di Indonesia saat masa penjajahan Belanda, pekerjaan pekerja rumah tangga disebut baboe (dibaca “babu“), sebuah istilah yang kini kerap digunakan sebagai istilah konotasi negatif untuk pekerjaan ini.dalam bahasa jawa di sebut Juga Jongos (yang memiliki arti konotasi kasar/pekerja kasar)——> Wikipedia Indonesia

Pekerja rumah tangga mengurus pekerjaan rumah tangga seperti memasak serta menghidangkan makanan, mencuci, membersihkan rumah, dan mengasuh anak-anak. Di beberapa negara, pembantu rumah tangga dapat pula merawat orang lanjut usia yang mengalami keterbatasan fisik.

Banyak negara mendatangkan pekerja rumah tangga dari luar negeri. Negara semacam itu termasuk kebanyakan negara di Timur Tengah, Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Taiwan. Sumber utama pekerja rumah tangga mencakup Filipina, Thailand, Indonesia, Sri Lanka, dan Ethiopia. Taiwan juga mendatangkan pekerja rumah tangga dari Vietnam dan Mongolia.

Biasanya Pembantu Rumah tangga di konotasikan sebagai pekerjaan rendah dan kadang nasib mereka juga tidak seberuntung para pekerja di bidang yang lainnya. Sering terjadi penganiayaan terhadap pembantu rumah tangga baik di indonesia maupun di luar negeri kadang di beberapa negara memperlakukan pembantu rumah tangga secara kasar konotasinya seperti budak!

Beberapa saat Lalum pembantu rumah tangga beralih status penyebutannya dengan kata Asisten Rumah Tangga (ART), Bila dilihat dari struktur bahasa Pembantu/membantu/bantu merupakan kata yang berarti melakukan sesuatu untuk mempermudah orang lain atau diartikan sebagai sesuatu yang bekerja sekedarnya/seiklasnya, sedangkan asisten memiliki arti yang lebih terhormat, lebih sejajar dan mengandung makna komersil atau pekerjaan yang dilakukan dengan menurut ketentuan yang telah disepakati.

Semoga dengan adanya pwerubahan status penyebutan pembantu rumah tangga dengan Asisten Rumah tangga juga merubah nasib mereka dari segi finansial maupun martabat mereka! Karena tidak dapat dipungkiri pembantu rumahtangga adalah seseorang yang berjasa untuk menyempurnakan jalannya bahtera sebuah rumah tangga!! ……ssemoga!!!

Tags:

pengertian pembantu rumah tangga,  definisi pembantu rumah tangga,  pengertian pembantu,  istilah pembantu rumah tangga,  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Go to top