BJ Habibi Akan Mendonorkan Matanya

Suatu tindakan terpuji yang dilakukan oleh seoarang tokoh negara dan patut ditiru Mantan presiden RI BJ Habiebie akan mendonorkan matanya”Keinginan ini sudah saya sampaikan kepada almarhumah istri bahwa saya akan mendonorkan mata, tapi ini akan saya informasikan secara resmi nanti waktu yang tepat,” kata Habibie, saat meresmikan Klinik Mata dr Hasri Ainun

Habibie di Bogor, Jawa Barat, Ahad (8/8). Niat Habibie mendonorkan mata termotivasi perjuangan sang istri yang konsisten dengan permasalahan mata masyarakat Indonesia. Dia mengenang ucapan sang istri yang menyebutkan bahwa jika kesadaran untuk mendonorkan mata sudah dimiliki semua orang, ini dapat mengurangi angka kebutaan di Indonesia. “Ibu pernah mengatakan kepada saya, jika saja separuh masyarakat Indonesia sudah sadar menjadi pendonor, sekurang-kurangnya 60 persen orang buta bisa di operasi dan bisa melihat lagi,” ucap Habibie. Dia berharap, gerakan mendonorkan mata bisa disosialisasikan pemerintah daerah, juga diikuti semua pihak.

Menurut Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsi, jumlah kebutaan di Indonesia cukup tinggi, sementara jumlah pendonor mata masih terbatas. “Untuk mengatasi kebutaan, pemerintah masih mengimpor kornea dari negara luar,” kata Endang, seperti ditulis Antara.

Menkes mengungkapkan, terbatasnya jumlah pendonor karena masih minimnya informasi dan kesadaran masyarakat. Dengan menjadi pendonor akan membantu orang lain untuk bisa melihat. Endang juga menyatakan diri juga akan mendonorkan matanya.

Andai saja sebagian masyarakat kita memiliki niat seperti pak habiebie yakin negeri ini kana maju dan setidaknya para pemimpin sedikit berkurang egonya untuk berbuat kebaikan. Memang BJ Habibi tokoh panutan!!

Tags:

bj habibi,  bj habiebie,  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Go to top