Selaput Dara Bukan Sebuah Ukuran Keperawanan

Mitos yang mengaitkan keperawanan dengan selaput dara merupakan tanda bahwa seorang gadis masih suci nampaknya sangat dijunjung tinggi oleh adat di negara kita. Wanita dianggap suci atau belum pernah melakukan hubungan intim apabila pada malam pertama mengeluarkan darah. Ternyata pandangan itu sudah sedikit bergeser karena selaput darah bisa saja sobek tanpa melakukan hubungan suami-istri.

Diceritakan oleh Prof Dr Junizaf, SpOG(K), pernah ada pria memeriksakan istri yang baru beberapa hari dinikahi karena di malam pertama mereka tidak setetes darah pun keluar dari vagina. la merasa tertipu dan mengira keperawanan sang istri sudah hilang sebelum ia menikahinya.

Melalui pemeriksaan, uroginekolog dari FKUI RSCM ini justru mendapati yang sebaliknya. “Selaput dara wanita sangat liat sehingga belum berhasil ditembus di malam pertama mereka,” tuturnya. Dan setelah mendapat penjelasan yang benar, pria itu pun memahami kekeliruannya dan mengurungkan niat menceraikan istri barunya itu.

Ketidaktahuan soal keperawanan dan organ reproduksi tak hanya terjadi pada pria. Banyak wanita juga masih memiliki pengetahuan yang sangat minim. Tak heran, redaksi kerap menerima pertanyaan, “Apa berhubungan seks sekali saja, keperawanan bisa hilang?”, “Bisakah hamil kalau hubungan intim hanya satu kali?”, “Apakah memasukkan jari ke vagina bisa merusak selaput dara?”, “Mengapa tidak keluar darah waktu pertama kali berhubungan?” Dan ada banyak pertanyaan serupa.

Bisa robek tanpa seks

Memang tidak mudah menilai keperawanan karena banyak hal yang bisa ikut memengaruhi. Ditegaskan oleh Dr Budi ML, SpOG, dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Jatisampurna, virginitas tak bisa diukur dari robeknya selaput dara. Tak bisa juga dilihat secara kasat mata melalui ciri-ciri fisik seperti payudara turun atau pinggul yang mengendur. atau bahkan dilihat dari ciri-ciri disekitar tangan,Kuping atau ciri fisik lainnya!

“Keperawanan harus dilihat dan diperiksa melalui tes medis yang dilakukan oleh dokter ahli. Tidak bisa dilihat dari fisik saja,” ucapnya kepada GHS.

Memang masih terus beredar mitos di kalangan remaja maupun orang dewasa bahwa wanita yang sudah tidak perawan dapat diketahui dari tanda-tanda fisiknya, seperti pantat turun, payudara mengendur, atau cara berjalan yang tidak lagi lurus.

Menurut Dr Budi, mitos tersebut sebenarnya keliru, tetapi karena telanjur diyakini oleh sebagian masyarakat, seolah-olah benar. Begitu juga dengan mitos keperawanan yang diukur dari perdarahan yang timbul akibat pecahnya selaput dara.

“Selama ini masyarakat berpendapat bahwa keperawanan seseorang akan hilang ketika berhubungan seksual, yang menyebabkan pecahnya selaput dara. Padahal, selaput dara kondisinya berbeda antara satu wanita dengan lainnya,” ujarnya.

Ada selaput dara yang tipis sehingga lebih mudah robek atau pecah. Ada pula selaput dara yang sangat kuat atau liat sehingga tidak mudah pecah. Yang perlu dipahami juga, pecahnya selaput dara tidak harus melalui hubungan seksual saja.

“Aktivitas olahraga seperti senam, benturan karena jatuh, dan lainnya juga bisa menyebabkan selaput dara sobek,” tuturnya. Penggunaan tampon saat menstruasi juga dapat menyebabkan selaput dara robek.

Elastisitasnya berbeda

Jenis selaput dara juga beragam. Jika selaput dara kaya akan pembuluh darah, otomatis ketika pecah akan terjadi perdarahan cukup banyak. “Sebaliknya, jika selaput dara tersebut tidak memiliki pembuluh darah, otomatis ketika pecah juga tidak berdarah,” ucap Dr Budi.

Jadi, perdarahan pada saat hubungan seksual tidak bisa dijadikan tolok ukur menilai keperawanan seorang wanita. Justru perdarahan bisa saja terjadi karena pengencangan atau ketegangan pada vagina, yang sering disebut kelainan vaginismus, pada saat hubungan seksual. Kondisi ini menandakan si wanita tidak bisa menikmati hubungan intim, malah bisa saja ia merasa sakit dan tersiksa.

Bila kedua pasangan dapat menikmati hubungan seksual dengan baik sehingga tidak menimbulkan ketegangan pada kemaluan wanita, kemungkinan terjadi perdarahan sangat kecil, malah mungkin sama sekali tidak terjadi. Itu artinya, tambah Dr Budi, tak hanya suami yang menikmati hubungan seksual tersebut, tetapi istri juga bisa menikmatinya.

Selaput dara, lanjutnya, berupa lipatan mukosa tipis yang mengelilingi jalan masuk vagina. Terdapat beberapa bentuk dan berbeda pada tiap wanita, serta memiliki elastisitas yang berlainan pula. Itu sebabnya tidak semua wanita mengeluarkan darah pada saat hubungan seksual pertama. Ada yang baru keluar setelah beberapa kali berhubungan, bahkan ada yang tidak keluar darah sama sekali.

“Jangan heran jika ada wanita yang telah berulang kali melakukan hubungan seksual, namun sama sekali tidak pernah keluar darah,” tutur dokter spesialis kebidanan dan kandungan ini. tapi hal ini sangatlah jarang terjadi! Masalah keperawanan dewasa ini bukan merupakan suatu masalah yang mengaitkan dengan robeknya selaput dara akan tetapi sudah belumnya seseorang melakukan hubungan sex atau belum, Nah disini juga merupakan masalah kepercayaan,kejujuran terhadap pasangan dan berkaitan pula dengan masalah psikologi dari kedua pasangan.

Yang  jelas sex bebas akan membawa dampak yang hurang baik bagi kedua pasangan terutama masalah psikologi,apalagi sekarang banyak di jual selaput dara palsu! berhati-hatilah dalam bergaul!………….seperti kata Dewa 19…..jangan sampai ada air mata….dari lelaki yang Pasti memilikimu untuk selamanya!!!

Bila sudah terlanjur “Berpikirlah positif kehilangan keperawanan bukan merupakan akhir dunia…. yang terpenting kedepan setia pada pasangan,bersikap jujur dan membangun rumah tangga yang baik mawadah,warohmah dan sakinah!!…………….moga bermanfaat

sumber:Kompas

Tags:

artikel pecah perawan,  pecah perawan,  ARTIKEL KEPERAWANAN,  pecahnya selaput dara,  

49 thoughts on “Selaput Dara Bukan Sebuah Ukuran Keperawanan

  1. Siska SuLosi

    September 16, 2014 at 8:37pm

    Klo msukin jari tngan ke V ,hamil gak ?

  2. siska

    August 29, 2014 at 4:40pm

    apa anda bisa berpikiran positif jika anda menikah dengan wanita, dan saat berhubngan intim untuk pertama kali dan ternya tak ada sdikit pun darah yg kerluar dari wanita anda, dan apa anda akan menuduhnya dgan tuduhan yang tidak”, atau malah mencerakannya atau menerima begitu saja keadaan sang wanita…?

  3. bybah

    July 3, 2014 at 2:11am

    jika sudah di masuki jari vagina,dan mengeluarkan darah apakah sudah tdk perawan

  4. Syahla

    April 17, 2014 at 10:38pm

    Aq mwu tanya.?

    Jika orang melakukan ML sebelum mens,apakah orang tersebut masih perawan??

    Dijawab ya, lewat gmail aqu!!

  5. firman

    February 20, 2014 at 6:48am

    pak saya mw tanya apa bsa hamil klo spermax si cow kluar d bi”r mr v si cew???.tpi mr p belum masuk k mr v.

    Mohon penjelasanx.

  6. ianain

    November 26, 2012 at 9:56pm

    adakah dengan memasukkan kepala zakar akan mengakibatkan selaput dara pecah dan bagaimana ciri-ciri selaput dara yang telah pecah??

    mohon dijawab yaa…plzzzz

  7. kris

    November 26, 2012 at 3:57pm

    Ternyata bukan co aja yg senang dengan onani..
    Ternyata cwe lebih penasaran..
    Inti dri artikel ini adlh..
    Bila tgn masuk ke ms.v dan mengeluarkan darah maka dia sudah tidak perawan lagi.
    Lebih detail lgi,bila kalian memainkan jari di ms.v dan mengeluarkan darah saat memainkan ms.v maka kalian sudah tidak perawan.

  8. amel

    October 9, 2012 at 12:46am

    Saya mau nanya, kalo vagina yang sudah dimasuki pisangnya cowok, tapi hanya kepalanya aja, ga semua masuk, apa itu masih perawan, mohon di bales ya mas , saya pengen tau banget

  9. rara azaria

    September 14, 2012 at 11:40pm

    apakah saya masih perawan ? soalnya jari tangan pacar sya sdh msuk kedalam vagina saya , hingga mengeluarkan darah
    apakah saya masih perawan apa tidak .

    tolong dijawab pleasee ???
    aku tunggulooo

  10. no name

    September 2, 2012 at 1:09am

    sama seperti pertanyaan lainnya memasukan jari ke dalam vagina bisa membuat tidak virgin lagi?
    dan jika melakukan hubungan intim pertama tidak keluar darah namun hubungan selanjutnya hanya mengeluarkan bercak darah,apakah itu masih virgin?
    mohon informasinya !! thank’s

  11. Yonis

    June 26, 2012 at 8:53pm

    Artikelnya oce banget….
    Entar ak praktekin….apa bener cln istri ak virgin…

  12. hesty

    May 3, 2012 at 1:56pm

    (I LOVE SEX)

  13. Ceny

    May 3, 2012 at 1:45pm

    saya mow tanyak kalau melakukan sex tetapi gak sampai terjadi ML..hanya melakukan onani memakai jari saja sampai kluar darahnya n smpai terjadi kesakitan setelah melakukan hub pada alat vaginanya apakah itu masih perawan atau tidak…???

    MOHON JAWABANANYA …DI TUNGGU..!!!
    THANK’S..

  14. ceny

    May 3, 2012 at 12:20pm

    Saya mow tanyak kw melakukan tetapi gak sampai terjadi ML..tp hanya melakukan onani maemakai jari ajah smpai kluar darahnya n smpai terjadi kesakitan setelah melakukan hub pda alat vaginanya gmn apa masih perawan atau tidak lg???

    MOHON JAWABANYA MAS..!!!
    (di tunggu jawabanya)..thanka’s

  15. Ndda

    April 5, 2012 at 11:59am

    Kalo misalnya cuma dimasukan jari ke dalam vagina itu bisa udh ga perawan ga si? Tpi cuma skali dimasukkannya!

  16. ciny

    March 30, 2012 at 9:34pm

    pak kalau jari kita di masukkan ke vagina saat mens waktu aku smp itu apa bs terjd ketidakprawanan, aku masukkan mentok dlu waktu mens smp soalnya aku belom tau ?

    mohon pengertian n penjelasannya ??
    pliss

  17. simran

    March 25, 2012 at 8:42am

    1. klw jari masuk ke mr V, tapi sebelumnya orang tu haid, dan setelah jari masuk mr V mengeluarkan darah? itu dara apa ya? mhon bntuan

  18. rahma

    March 11, 2012 at 8:10am

    saya baru pertama kali melakukan MLdan tidak pernah mencobanya lagi, pada saat saya melakukan ML saya langsung buang air kecil, apakah cairan sperma suami saya terbuang pada saat itu?
    bgaimna ini?

  19. mala

    March 9, 2012 at 1:49pm

    dok , mw tny sy pnh masukin jari kdlm miss v , akn tetpi tjuan sy hny mmbrshkn saja , knp ya dok miss v sy jd longgar apa bs kmbli spt dl kala? Lalu sy lp pnh keluar drah atau tdk mang cri2 drah slaput pch gman?apkh sy msh perwan?
    Tlog dbls ya dok.

  20. siska

    March 7, 2012 at 7:42pm

    Klo ML.. Mr. P hny mnempel di bibir Miss. V dan Mr. P mengeluarkan air mani ap itu bisa hamil…
    Apabila selaput darah wanita blm pecah/keluar darah..

    Mohon dijawab… Kirim ke email saya.. Sebelumnya terimakasih..

  21. Dinta

    February 22, 2012 at 3:46pm

    Bgaimana jika mlakukan hbungan tp mr.p lum smpe masuk ke mr.v bru nempel di bi”r mr.v jah,tp smpai mengeluarkan darah.m0h0n penjelznya,apa msh perwan atw ga

  22. annisa

    February 15, 2012 at 5:26pm

    _tolong di jawab ea
    kalau kita melakukan nya tetapi gak sampai terjadi ML gitu.,tp brang nya yang cwok cuman di sentuhkan ke alat pipis nya si cwek.,sampai keluar darahnya gt gi mna??

  23. yuni

    February 10, 2012 at 9:48pm

    slmat mlm….
    seperti yang lainnnya ingnin saya mngerti, mlakukan hubungan intim gtu saat pertama bila mengeluarkan darah berarti sdah tdk virgin lagi bgtu mksudnya..??? namun klau saat mlakukan hubungan intim blum mngelurkan daah masih virginkah…??? bila selaput darah blm pecah…???

    mohon di jawab yachh, menambah pengetahuan.
    trima kasih

  24. pandji

    February 4, 2012 at 11:17am

    Tergantung mbak, pada saat berhubungan itu seberapa parah kerusakan selaput darahnya jika pada saat berhubungan tidak keluar darah sama sekali berarti selaput darahnya elastis dan tidak rusak maka pada hubungan kedua kemungkinan masih bisa pecah tetapi kalau hubunbgan pertama dah rusak maka hubungan kedua otomatis tidak akan keluar darah karena selaput darahnya uda pecah

  25. Nisa

    February 3, 2012 at 3:03pm

    mau taynya bagai mna jika ada seorang wanita terus dia melakukan hub sex pertama kalia’a, kemudian seorang wanita itu tidak pernah ,melakukan nya lagi, apa selaput DARA wanita itu akan kembali dan akan berdarah lagi jika dia melakukan nya???

    MOHON JAWABAN NYA!!
    sekedar informasi saja sya ingin tau.

  26. nda

    January 29, 2012 at 7:59pm

    Mau tanya pak, apakah memainkan mrs v dengan jari, tanpa memasukanya ke dalam mrs v, terlapis dengan celana, dapat memecahkan selaput dara?
    Tlong d bls,

  27. pandji

    January 3, 2012 at 1:22am

    Tergantung kondisi mbak susi tapi secara Fisik jika perkosaan betul-betul terjadi dan si gadis mengeluarkan darah dan terdapat kerusakan pada miss V nya maka dia dikatakan tidak perawan!tapi berdasarkan moral atau agama tetap hatinya masih suci karena keperaanannya hilang karena paksaan bukan sukarela!

  28. pandji

    January 3, 2012 at 1:19am

    hahah saya bukan dokter tapi secara logika jari memang bisa merusak keperawanan Bila penekanannya kasar atau terlalu kuat masuknya

  29. syehpuji

    December 8, 2011 at 9:15pm

    hy cewek2 yg suka onani pake jari. Mendingan hubungi aku aja, tak jamin puas
    he he he he

  30. frengki

    December 2, 2011 at 10:54pm

    pak, setiap tanggal berapa masa subur bagi wanita,,
    tolong kirim jawabannya ke email saya,,
    trims

  31. Reny

    November 28, 2011 at 5:12pm

    Apakah dengan memasukan jari ke Mss V akan hilang keperawan ?
    M0h0n dijawab ya dok
    Mksi sblum nya

  32. Reny

    November 28, 2011 at 5:06pm

    Apakah dengan mengelus” kelamin wanita dan memasukan jari ke kelamin wanita ,apakah bisa pecah perawan ny atau sudah tidak perawan lagi stlah memasukan jari k kelamin wanita ?
    M0h0n jawaban nya ya

  33. susy

    November 24, 2011 at 8:13pm

    apakah orang yang diperkosa pertama kali udah dinyatakan ga perawan???

  34. susy

    November 24, 2011 at 8:12pm

    apakah orang yang diperkosa prtama kali itu udh dktkn ga prwan????

  35. Netha

    November 3, 2011 at 9:49pm

    TeruuS inTi nya dri Artikel ini apa sih..???
    Memasukkan jari ke Vagina itu Menghilangkan keperawanan atau Tiidak….???
    Mohon d balas k email saya…Makasih sebelum’x…

  36. tengku

    November 2, 2011 at 4:20pm

    1. apakah memasukkan jari tangan(mis:jari tengah ato jari telunjuk) dengan sengaja utk memperoleh kenikmatan dapat mengakibatkan hilangnya keperawanan seorang wanita???
    2. bagaimana ciri2 selapur darah sudah pecah? Darah Y???????? kluar banyak atw sdkit ?ªª mas.. DitunGgu jwbnny ?ªª mas. Terima kasih sblmnya..

  37. tengku

    November 2, 2011 at 4:18pm

    1. apakah memasukkan jari tangan(mis:jari tengah ato jari telunjuk) dengan sengaja utk memperoleh kenikmatan dapat mengakibatkan hilangnya keperawanan seorang wanita???
    2. bagaimana ciri2 selapur darah sudah pecah? Darah Y???????? keluar banyak atau sdikit? Ditunggu jwbnnya yaa dok

  38. Pu3

    October 26, 2011 at 5:12pm

    Mrs V nah di masukin jari pda saat hr terakhir mens, lalu beberapa jam setelah itu keluar darah. apa itu yang dinamakan darah keperawanan ???
    d tunggu jawabanya

    Admin : Bisa jadi (namun saya tidak memastikan, bisa konsultasi ke Dokter). Selaput robek jika terkena benda yang amsuk terlalu dalam ke Mr V. Tidak bisa dilihat secara kasap mata, karena darah “perawan” mirip dengan darah normal.
    Saat pertama kali Hubungan Suami-Istri, bisa jadi darah hanya Merembes saja.

  39. amanda

    October 19, 2011 at 2:42am

    sebener’a pha ch enk terjad pd lubabang vagina eank pernh d msukan jari’
    apa selaput dara robek dan apa lubangnya sudah longgar
    mkasih d tgu jwbannya d emill sya

    admin : untuk Mss V sendiri, tidak akan “longgar” jika hanya dimasukin jari. Yang dikhawatirkan adalah Ribeknya Selaput dara jika Cewek memang masih Virgin.

  40. Vhaizal

    September 22, 2011 at 9:23pm

    Keluar’a darah pd saat berhubungan terjadi sesudah atau sebelum berhubungan?
    ukuran lubang vagina perawan pada saat pertama berhubungan sempit atau longgar?

    admin : Darah keluar setelah berhubungan, sebelum berhubungan jika wanita sudah “siap” akan keluar cairan bening seperti lendir (berfungsi seperti pelumas).

  41. zarie naNde

    September 7, 2011 at 7:18pm

    oceee bGtz ne mz iNfO na ..
    agR pda tW , Low Cwe virGin atO ga jgN d isu_kan Lwat fsik na z ..

  42. nini

    May 24, 2011 at 11:50am

    1. apakah memasukkan jari tangan(mis:jari tengah ato jari telunjuk) dengan sengaja utk memperoleh kenikmatan dapat mengakibatkan hilangnya keperawanan seorang wanita???
    2. bagaimana ciri2 selapur darah sudah pecah?
    pada saat kapan darah itu keluar??pada saat kita berhubungn intim(sehingga penis laki2 terlumur darah ATAU setelah hub intim darah baru kluar???
    MOHON JAWABAN NYA dikirim ke email saya aj..
    SEBELUM DAN SSUDAH NYA saya ucapkan TERIMA KASIH BANYAK…

  43. mela

    May 14, 2011 at 10:26am

    1) apakah bsa mnghilngkn keperawanan dengan memasukan jari telunjuk ke Vagina?
    2) dan jika lou melakukan hubungan intim tapi belum sampai masuk kedalam ) apakah masih perawan dan akibatnya sakit kencing tapi belum keluar darah?
    3) terus apakah dengan melakukan hubungan intimtapi belum masuk kedalam dan ga merasakan sakit lou kencing tapi sperma laki-laki keluar di bagian kemaluan perempuan apakah bisa hamil ga………….????????
    d tnggu jawabanya ke e mail saya …………. makasih

  44. uya

    February 23, 2011 at 10:15pm

    1. apakah memasukkan jari tangan(mis:jari tengah ato jari telunjuk) dengan sengaja utk memperoleh kenikmatan dapat mengakibatkan hilangnya keperawanan seorang wanita???
    2. bagaimana ciri2 selapur darah sudah pecah?
    pada saat kapan darah itu keluar??pada saat kita berhubungn intim(sehingga penis laki2 terlumur darah ATAU setelah hub intim darah baru kluar???
    MOHON JAWABAN NYA dikirim ke email saya aj..
    SEBELUM DAN SSUDAH NYA saya ucapkan TERIMA KASIH BANYAK…

  45. indria

    January 17, 2011 at 7:11am

    bagus banget artikelnya,bnyak hal yang saya gk tau skrng jd tau
    makasih

  46. citra

    January 15, 2011 at 12:39pm

    sangat bermanfaat niie mas artikel ny, bs jd tolak ukur keperawanan wanita tanpa harus melihat pendarahan yg terjadi saat pertama kali melakukan hubungan badan . .

  47. Elvan

    August 7, 2010 at 7:46pm

    wah iya nih mas…..
    dmn” mo cari perawan susah y??? akakaka

  48. padji

    July 22, 2010 at 2:38pm

    ia keperawanan hal yang sangat jarang ditemukan, sebagian masyarakat dah menganut se** bebas!!

  49. tohitem

    July 22, 2010 at 7:28am

    mas pandji, bagus nich artikelnya… ngomongin masalah virginitas skrg ini emang uda jadi barang mahal… dunia udah gak beres,,, hehe 
    (nukilan dari pedalaman @tohitem.com)

Leave a Reply

Your email will not be published. Name and Email fields are required.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>