Wajah Patih Gajah Mada Yang Kita Kenal Ternyata Patung Celengan

544px-Gajah-MadaAnda pastinya telah mengetahui apabila melihat sepintas gambar di samping. ya itulah gambar Sang Maha Patih Gajah Mada yang selama ini diperkenalkan pada kita dalam buku-buku sejarah.Siapa yang tak kenal dengan kebesaran nama Maha Patih Gajah Mada, Nama besarnya bukan hanya terkenal di kalangan sejarawan Bangsan Indonesia akan tetapi sampai ke berbagai pelosok asia Tenggara.Gajah Mada adalah salah satu tokoh besar pada zaman kerajaan Majapahit.

Menurut berbagai kitab dari zaman Jawa Kuno, ia menjabat sebagai Maha Patih (Menteri Besar), kemudian Mahapatih (Perdana Menteri) yang mengantarkan Majapahit ke puncak kejayaannya serta kemakmuran. Ia terkenal dengan sumpahnya, yaitu Sumpah Palapa, yang menyatakan bahwa ia tidak akan memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara.

Di Indonesia pada masa kini, ia dianggap sebagai salah satu pahlawan penting dan merupakan simbol nasionalisme yang dapat menggugah semangat nasionalisme dan sumber inspirasi perjuangan Bangsa Kita.

Pada waktu pengangkatannya, ia mengucapkan Sumpah Palapa, yang berisi bahwa ia akan menikmati palapa atau rempah-rempah (yang diartikan kenikmatan duniawi) jika telah berhasil menaklukkan Nusantara. Sebagaimana tercatat dalam kitab Pararaton berikut:[2]
Sebuah arca yang diduga menggambarkan rupa Gajah Mada. Kini disimpan di museum Trowulan.
“     Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tañjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa     ”

Arti
Gajah Mada sang Mahapatih tak akan menikmati palapa, berkata Gajah Mada, “Selama aku belum menyatukan Nusantara, aku takkan menikmati palapa. Sebelum aku menaklukkan Pulau Gurun, Pulau Seram, Tanjungpura, Pulau Haru, Pahang, Dompu, Pulau Bali, Sunda, Palembang dan Tumasik, aku takkan mencicipi palapa.

Walaupun ada sejumlah (atau bahkan banyak) orang yang meragukan sumpahnya, Patih Gajah Mada memang hampir berhasil menaklukkan Nusantara. Bedahulu (di Bali) dan Lombok (1343), Palembang, Swarnabhumi (Sriwijaya), Tamiang, Samudra Pasai, dan negeri-negeri lain di Swarnadwipa (Sumatra) telah ditaklukkan. Lalu Pulau Bintan, Tumasik (Singapura), Semenanjung Malaya, dan sejumlah negeri di Kalimantan seperti Kapuas, Katingan, Sampit, Kotalingga (Tanjunglingga), Kotawaringin, Sambas, Lawai, Kendawangan, Landak, Samadang, Tirem, Sedu, Brunei, Kalka, Saludung, Solok, Pasir, Barito, Sawaku, Tabalung, Tanjungkutei, dan Malano.

Di zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389) yang menggantikan Tribhuwanatunggadewi, Patih Gajah Mada terus mengembangkan penaklukan ke wilayah timur seperti Logajah, Gurun, Sukun, Taliwung, Sapi, Gunungapi, Seram, Hutankadali, Sasak, Bantayan, Luwu, Makassar, Buton, Banggai, Kunir, Galiyan, Salayar, Sumba, Muar (Saparua), Solor, Bima, Wandan (Banda), Ambon, Wanin, Seran, Timor, dan Dompo.

Profil dari Maha Patih Gajah Mada, sebagian masih mesteri, para ahli sejarah masih mencari sumber-sumber lain yang dapat menerangkan identitasa dan fisik/profil wajah Gajah Mada, Karena sumber yang ada selama ini masih simpang siur antara satu sumber dan sumber lainnya tidak ada yang sama dan saling mendukung antara satu dan lainnya

Ternyata bentuk muka/wajah dari Gajah Mada yang kita kenal selama ini merupakan rekaan dari bentuk wajah yang diambil dari temuan benda bersejarah dari trowulan yang berupa Celengan, hal ini di nyatakan oleh DRS. Suparman Beliau adalah Mantan Dosen Sejarah Universitas Cenderawasih Papua, dan Dosen Universitas Bangun Nusantara Sukohardjo solo (Kini Telah Pensiun) Beliau mengatakan bahwa hasil rekaan gambar Patih gajah mada adalah salah satu bentuk celengan/bumbung tabungan masa lalu masyarakat di sekitar trowulan, hal yang pertama mengungkapkan gamber tersebut adalah Muhamad Yamin, Muhamad yamin mereka wajah Gajah Mada karena pada beberapa dokumen jaman dahulu menyebutkan bahwa Gajah Mada adalah sosok yang tangguh, perkasa, kekar dan berotot. Karena dari beberapa bentuk patung dan arca yang selama ini ditemukan hanya Patung wajah yang menempel pada celengan yang ditemukan di trowulanlah Satu-satunya gambar sosok orang kuat, maka Muhamad Yamin mengatakan itu adalah gambar Maha Patih Gajah Mada. Dan gambar inilah yang dipakai sebagai sosok yang mewakili gambar Gajah Mada. Hal ini juga diperkuat pleh Dwi Hartanto SS, Seorang pamong budaya dikecamatan pring apus dan kecamatan bergas, Lulusan Fakultas Sejarah UNDIP ini membenarkan bahwa sosok wajah yang dinyatakan Gajah Mada selama ini adalah metrupakan gambar dari Patung Celengan Yang ditemukan di trowulan!

Memang sejarah sering di putar balikkan fakta dan sering direkayasa, Jadi Sosok gambaran yang benar tentang Maha Patih Gajah Mada sampai sekarang belum diketahui karena belum ada dokumen atau temuan arca dari jaman majapahit yang menggambarkan sosok patih perkasa ini.

artikel lain : Asal Usul Gajah Mada

sumber: Drs Suparman (mantan dosen sejarah Universitas Cendrawasih Papua dan Universitas

Tags:

patih gajah mada,  gambar gajah mada,  patung gajah mada,  foto gajah mada,  

8 Responses to Wajah Patih Gajah Mada Yang Kita Kenal Ternyata Patung Celengan

  1. Harusnya salut dengan perjuangan gajah mada,kalau gak ,akan mudah dihancurkan dengan penjajah katena tidak bersatunya kita semua,dia adalah pemersatu…

  2. Monyet kalau gak tau gak usah bacot lu,kurang ajar,bapak ibumu juga mbahmu mungkin gak akan nikmatin kemerdekaan yang sebelumnya gak terbentuk nusantara yang di perjuangkan gajah mada,dasar kurang ajar kamu gak mau terimakasih pada moyangmu,punya mulut hati nyangkem yo

  3. gajah mada adalah manusia hebat yg belum ada tandinganya di bumi indonesia sampai saat ini,,,,yg bisa menaklukan nusantara bahkan hampir asia tenggara..hanya dg kuda ,keris dan armada laut dari kayu yg perlu di contoh darinya adalah semangat pantang menyerah,,,,dan niat yg tulus tanpa pamrih untuk kepentingan sendiri atau kelompok….inilah pemimpin yg seharusnya ada sekarang…..bukan pemimpin yg suka gobral janji tapi ingkar hanya demi kepentingan kelompoknya…..

  4. Gajah mada adlh manusia misteri..pd jmn krjaan majapahitpun.prabu hayamuruk tdk tau asal usual gajah mada..dia dtg memgabdi sbagai pngembara,brkat prjuangan yg kukuhx jdilah ia patih di krajaan maja pahit.

  5. Betul sekali agamanya islam

  6. gajah mada adalah orang islam sama seperti ibrahim/abraham dan nabi isa adalah islam hahahaha gak percaya??? tanya noh pada para syeh syeh arabis dan pendakwah hahaha bakal di cap kafir lo pade kalo gak percaya gajah mada adalah islam

  7. sejarah akan berbeda sesuai dengan kepentingan pihak yang menceritakannya

  8. Orang-orang sakti jawa biasanya rajin puasa dan semedi, jadi gak mungkin badannya tambun begitu….. itu kayaknya celengan semar yang dianggap sebagai gadjah mada. Lihat saja sumpah gadjah mada yang tidak mau berlebihan menikmati kehidupan dunia sebelum nusantara bersatu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Go to top