Asal Usul Mahapatih Gajah Mada (Serat Babad Gajah Maddha)

asal-usul gajah Mada selama in belum tergali oleh para ahli sejarah
asal-usul gajah Mada selama in belum tergali oleh para ahli sejarah

Gajah Mada (1299-1364) Mahapatih majapahit yang sangat terkenal dengan sumpah palapanya merupakan satu-satunya orang kuat pada jamannya di nusantara. Salah satu keruntuhan kerajaan Majapahitdikatakan karena tidak memiliki orang kuat yang lain yang cakap untuk menggantikan gajah Mada. Panglima Perang yang ditunjuk menjadi Mahapatih kerajaan Majapahit menggantikan Arya Tadah pada masa pemerintahan Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi (1328-1350)

Sebagai mahapatih dia berhasil menumpas pemberontakan di Sadeng dan Keta (1331) dan kemudian berikrar untuk mempersatukan Nusantara dengan sumpahnya yang dikenal sebagai Sumpah Palapa. Serat Pararaton memuat Sumpah Palapa yang diucapkan dihadapan Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi sebagai berikut:

“Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seram, tanjungpura, ring haru, pahang, dompo, ring bali, sunda, palembang, tumasik, samana isun amukti palapa”

artinya :

“Apabila sudah kalah Nusantara, saya akan beristirahat, apabila Gurun telah dikalahkan, begitupula Seram, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, pada waktu itu saya akan menikmati istirahat”

Sepeninggalan Gajah Mada Namanya terus di kenang  bukan saja di tanah air akan tetapi sampai di kawasan asia tenggara (yang dulu di sebut Nusantara) bahkan nama Gajah Mada di pakai sebagai nama salah satu Universitas Terkemuka di Indonesia dan juga di pakai sebagai Nama Hotel Berbintang 5.

Sayang sekali asal-usul Mahapatih Gajah Mada yang sangat masyur ini belum jelas diketahui Orang,baik meyangkut Nama orang Tuanya maupun tempat serta tahun kelahirannya.
Muhammad yamin didalam bukunya yang berjudul Gajah Mada, Balai Pustaka,cet ke-6,1960,hal 13 Mengungkapkan tokoh ini sebagai :

“Diantara sungai brantas yang mengalir dengan derasnya menuju kearah selatan dataran Malang dan dikaki pegunungan Kawi-Arjuna yang indah permai,maka disanalah nampaknya seorang-orang indonesia berdarah rakyat dilahirkanpada permulaan abad ke-14. Ahli sejarah tidak dapat menyusur hari lahirnya dengan pasti: ibu bapak dan keluarganya tidak dapat perhatian kenang-kenangan riwayat: Begitu juga nama desa tempat dia dilahirkan dilupakan saja oleh penulis keropak jaman dahulu asal usul gajah mada semua dilupakandengan lalim oleh sejarah”

Jadi jelaslah menurut Muhammad Yamin, asal-usul Gajah Mada masih sangat gelap, walaupun ada dugaan bahwa gajah mada dilahirkan di aliran sungai Brantas yang mengalir keselatan diantara kaki gunung Kawi-Arjuna,diperkirakan sekitar tahun 1300 M. Keinginan untuk mengetahui asal-usul Patih Gajah Mada sebagai Negarawan besar pada Jaman Kerajaan Majapahit, telah lama menarik perhatian ahli sejarah,salah satunya bpk I Gusti Ngurah Ray Mirshaketika mengadakan Klasifikasi Dokumen Lama yang berbentuk Lontar-lontar pada “perpustakaan Lontar Fakultas Sastra, Universitas Udayana” (sekitar tahun 1974. Salah satu lontar yang menarik perhatian diantaranya adalah lontar yang berjudul “Babad Gajah Maddha”. Lontar tersebut memakai kode: Krop.7, Nomer 156, Terdiri dari 17 Lembar lontar berukuran 50×3,5 cm, ditulisi timbal balik, setiap halaman terdiri atas 4 baris, memakai huruf dan bahasa Bali-Tengahan.

Lontar tersebut adalah merupakan Salinan sedangkan yang asli belum dapat dijumpai. Secara garis besar lontar babad Gajah Maddha tersebut berisikam

  1. Asal Usul Gajah Mada
  2. Gri Kresna Kapakisan dalam hubungannya dengan raja-raja Majapahit
  3. Emphu keturunan pada waktu memerintah dibali

Yang menjadi perhatian dari sekian lontar tersebut dan dapat dijadikan penelitian lebih lanjut adalah bagian yanfg menjelaskan tentang Asal-Usul/Kelahiran sang Maha Patih Gajah Mada.

Ringkasan Isi Teks Lontar Babad Gajah Maddha

Tersebutlah Brahmana Suami-Istri di wilatikta, yang bernama Curadharmawysa dan Nariratih, keduanya disucikan (Diabhiseka menjadi pendeta) oleh Mpu Ragarunting di Lemah Surat. Setelah disucikan lalu kedua suami istri tersebut diberi nama Mpu Curadharmayogi dan istrinya bernama Patni Nuriratih. Kedua pendet tersebut melakukan Bharata (disiplin) Kependetaan yaitu :Sewala-brahmacari” artinya setelah menjadi pendeta suami istri tersebut tidak boleh berhubungan sex layaknya suami istri lagi.

Selanjutnya Mpu Curadharmayogi mengambil tempat tinggal (asrama) di Gili Madri terletak di sebelah selatan Lemah Surat, Sedangkan Patni Nariratih bertempat tinggal di rumah asalnya di wilatikta, tetapi senantiasa pulang ke asrama suaminya di gili madri untuk membawa santapan,dan makanan berhubungan jarak kedua tempat tinggal mereka tidak begitu jauh.

Pada suatu hari Patni Nariratih mengantarkan santapan untuk suaminya ke asrama di gili madri, tetapi sayang pada saat hendak menyantap makanan tersebut air minum yang disediakan tersenggol dan tumpah (semua air yang telah dibawa tumpah),sehingga  Mpu Curadharmayogi mencari air minum lebih dahulu yang letaknya agak jauh dari tempat itu arah ke barat. Dalam keadaan Patni Nariratih  seorang diri diceritakan timbulah keinginan dari Sang Hyang Brahma untuk bersenggama dengan Patni Nariratih  . Sebagai tipu muslihat segerah Sang Hyang Brahma berganti rupa (berubah wujud,(“masiluman”)) berwujud seperti Mpu Curadharmayogi sehingga patni Nariratih mengira itu adalah suaminya.

Segera Mpu Curadharmayogi palsu (Mayarupa) merayu Patni Nariratih untuk melakukan senggama, Tetapi keinginan tersebut ditolak oleh Patni Nariratih,oleh karena sebagai pendeta sewala-brahmacari sudah jelas tidak boleh lagi mengadakan hubungan sex,oleh karena itu Mpu Curadharmayogi palsu tersebut memperkosa Patni Nariratih.

Setelah kejadian tersebut maka hilanglah Mpu Curadharmayogi palsu,dan datanglah Mpu Curadharmayogi yang asli (Jati). Patni Nariratih menceritakan peristiwa yang baru saja menimpa dirinya kepada suaminya dan akhirnya mereka berdua menyadari,bahwa akan terdjadi suatu peristiwa yang akan menimpa meraka kelak.kemudian ternyata dari kejadian yang menimpa Patni Nariratih akhirnya mengandung.

Menyadari hal yang demikian tersebut mereka berdua lalu mengambil keputusan untuk meninggalkan asrama itu,mengembara ke hutan-hutan ,jauh dari asramanya tidak menentu tujuannya,hingga kandungan patni Nariratih bertambah besar. Pada waktu mau melahirkan mereka sudah berada didekat gunung Semeru dan dari sana mereka menuju kearah Barat Daya, lalu sampailah disebuah desa yang bernama desa Maddha. Pada waktu itu hari sudah menjelang malam dan Patni Nariratih sudah hendak melahirkan,lalu suaminya mengajak ke sebuah “Balai Agung” yang etrletak pada kahyangan didesa Maddha tersebut.

Bayi yang telah dilahirkan di bale agung itu, segera ditinggalkan oleh mereka berdua menuju ke sebuah gunung. Bayi tersebut dipungut oleh seorang penguasa didesa Maddha,lalu oleh seorang patih terkemuka di wilatikta di bawa ke wilatikta dan diberi nama “Maddha”

Interpretasi (tafsiran) dari Isi

1. Pada halaman 2a Lontar Babad Gajah Maddha (sealanjutnya di singkat dengan B.G.M) dikatakan bahwa oran tua Gajah Mada berasal dari Wilatikta yang disebut juga Majalangu (B.G.M hal.1b) Disebelah selatan “Lemah Surat” terletak “Giri Madri” yang dikatakan berada dekat dengan Wilatikta (B.M.G Hal.6a)pada B.M.G hal.6b dikatakan hampir setiap hari Patni Nariratih pulang pergi dari wilatikta,megantar makanan suaminya di asramanya di gili Madri yang terletak disebelah selatan wilatikta. Hal ini berarti Gili Madri terletak disebelah selatan Lemah Surat dan juga disebelahselatan Wilatikta. Jarak antara Gili Madri dengan Wilatikta dikatakan dekat.Tetapijarak antara Lemah Surat dengan Wilatikta begitu pula arah dimana letak Lemah Surat dari Wilatikta tidak disebutkan dalam B.G.M

2. Pada B.G.M hal. 12a yang menyebutkan tentang kelahiran Gajah Mada, ada kalimat yang berbunyi “On Cri Caka warsa jiwa mrtta yogi swaha” kalimat ini adalah Candrasangkala yang bermaksud kemungkinan sebagi berikut:

  • On Cri Cakawarsa        = Selamatlah Tahun Saka
  • Jiwa                = 1 (satu)
  • mrtta                = 2 (Dua)
  • Yogi                = 2 (Dua)
  • Swaha                = 1 (satu)

jadi artinya : Selamat Tahun Saka 1221 atau tahun (1299 Masehi) seandainya itu  benar maka gajah mada dilahirkan pada tahun 1299 Masehi.

3. Mengenai nama Maddha B.G.M hal.10b – 11a disebutkan sebagai berikut:

  • Karena malu terhadap gurunya yakni : Mpu Ragarunting, begitu juga terhdap orang banyak, maka setelah kandungan Patni Nariratih membesar, lalu disjak ia oleh suaminya meninggalkan asrama pergi mengembara kedalam hutan dan gunung yang sunyi. Akhirnya pada malam hari,waktu bayi hendak lahir,mereka berdua menuju kesebuah desa yang bernama Maddha terletak di dekat kaki gunung semeru. didesa itulah sang Bayi dilahirkan disebuah “Bale-Agung” yang ada di Kahyangan (Temple) desa tersebut. Bayi tersebut dipungut oleh seorang penguasa desa Maddha,kemudian dibawa ke Wilatikta oleh seorang patihdan kemudian diberi nama Maddha jadi jika demikian halnya nama Maddha berasal dari nama desa.
  • Nama Gajah oleh B.G.M sama sekali tidak disebutkan.kemungkinan besar nama gajah adalah nama  kemungkinan nama tambahan atau nama julukan atau bisa juga nama Jabatan (Abhiseka) bagi sebutan orang Kuat (?)
  • dengan demikian Gajah Mada berarti Orang kuat yang berasal dari Maddha.

4. Mengenai nama orang Tua Gajah Mada, ayahnya bernama Curadharmawyasa dan ibunya bernama Nariratih (B.G.M. hal 2a) Setelah mereka disucikan (Abhiseka menjadi pendeta) oleh Mpu Ragarunting di Lemah Surat,nama mereka berubah menjadi Curadharmayogi dan Patni Nariratih (B.G.M hal 3b) meraka berdua adalah brahmana (B.G.M hal. 2a)

Adapun didalam B.G.M hal. 9b, yang menyebutkan bahwa Patni Nariratih bersenggama dengan Dewa Brahma yang berganti rupa seperti suaminya sehingga Gajah Mada seolah-olah dilahirkan atas hasil senggama antara Patni Nariratih dengan Dewa Brahma, dapat kita tafsirkan sebagai berikut:
Pengungkapan Mitos demikian itu sudah tentu sukar diterima oleh akal mengingat motif yang demikian itu sudah banyak terdapat p[ada penulisan-penulisan babad, maka perlulah dicari Latar belakang dari hal-hal yang dimythoskan itu Perkiraan yang dapat kami tangkap adalah:

  • Mpu Curadharmayogi dan istrinya Patni Nariratih adalah melakukan brata “Sewala Brahmacari” yang berarti sejak mereka menjadi pendeta mereka tidak diperbolehkan untuk berhubungan sex atau senggama oleh karena itu mereka berpisah tempat Sang suami ber asrama di Gili Madri sedangkan Sabng istri bertempat tinggal di Wilatikta tetapi kedua suami istri ini masih saling bertemu karena sang istri acapkali membawakan makanan untuk sang suami.
  • Pada suatu ketika yaitu pada hari Coma, Umanis, Tolu, Cacil ka daca (senin, Legi, Tolu ,bulan april) Patni Nariratih membawakan suaminya santapan. Pada waktu hendak makan,air minum tiba-tiba tumpah.Dengan tidak sadar keluarlah kata-kata dari Patni Nariratih : “ih ah palit dewane plet”yang maksudnya kemaluan suaminya kelihatan (B.G.M ha. 7a). Dalam B.G.M hal.7b dikatakan bahwa kata-kata tersebut didengar oleh Dewa Brahma. disinilah menurut Interpretasi kami bahwa yang mendengar hal tersebut tidak lain adalah suaminya sendiri, sehingga timbuh hasrat birahi ingin bersenggama dengan suaminya,Akhirnya senggama tersebut terjadi antara Patni Nariratih dengan suaminya sendiri. Mengapa demikian, karena menurut interpretasi kami, Brahma adalah sebagai dewa pencipta/penumbuh (konsep trimurti) dan ini sering digunakan sebagai mythologi sebagai sumber kelahiran seseorang yang ke-namaan atau termasyur. Jadi logislah disin untuk menyembunyikan perbuatan Mpu Curadharmayogi maka dipakailah Dewa Brahma sebagai gantinya. Mengapa dikatakan senggama itu terjadi dengan Dewa Brahma, Kiranya ini untuk menyembunyikan perbuatan Mpu Curadharmayogi sebagai seorang”Sewala-brahmacari” itulah sebabnya setelah Patni Nariratih hamil mereka segera pergi dari asrama unuk menyembunyikan diri.
  • Mengenai Lahirnya Sang bayi pada balai agung di sebuah kahyangan di desa maddha. ini kira-kiranya memang diusahakan oleh Mpu Curadharmayogi dan Patni Nariratih menurut penafsiran kami: Balai Agung adalah merupakan sebuah balai yang patut ada di dalam sebuah “Kahyangan Desa”(Pura desa) yang berfungsi sebagai tempat membersihkan diri dari noda-noda spritual.

Hal yang demikian ini dapat dibandingkan dengan keadaan di Bali sampai sekarang, Bahwa Bale-Agung terletak didalam Pura Desa yaitu salah satu Kahyangan Tiga yang ada pada tiap-tiap desa. Pura Desa ini adalah Sthana Dewa Brahma dalam fungsi sebagi pencipta. Jadi logislah orang tua Gajah Mada mengusahakan Balai Agung sebagai tempat untuk melahirkan bayi dengan maksud :

  • Proses kelahiran berjalan lancar bayi terhindar dari noda-noda spritual
  • Supaya bayi tersebut dianggap dilahirkan dari sumber pebcipta
  • Supaya ada orang yang memungut dan memeliharanya.

Dari berbagai Sumber.

Tags:

sejarah gajah mada,  asal usul gajah mada,  cerita gajah mada,  maha patih gajah mada,  

98 thoughts on “Asal Usul Mahapatih Gajah Mada (Serat Babad Gajah Maddha)

  1. It’s hard to find your page in google. I found it on 14 spot, you should build quality
    backlinks , it will help you to get more visitors.
    I know how to help you, just type in google – k2 seo tips and tricks

  2. penulis yang nulis berpikirlah bijak suku ras agama sudah diatur oleh negara tentu itu, jadi jika tulisanmu itu dibaca kamu tidak berjalan dalam aturan undang2. NKRI dibentuk oleh tangan keringat tulang pikiran darah nyawa seluruh warga negara Indonesia, hargai itu. Kamu belum merasakan perang/ wilayah konflik konfrontasiii….. mau Maaf BAB saja mikir….. karena punya Anak Buah…… Berharap kpd Sanghyang Widhi/ Tuhan YME/ Alloh SWT semoga saja negara kita Aman dan Jaya

  3. Jangan kita jadikan perdebatan yang memancing adanya perbedaan, mari kita jadikan motifasi untuk semangat membangun negeri. bahwa negara ini terbangun sejak dahulu kala jadi wajarlah kita pertahankan persatuan dan kesatuan NKRI ini.

    kekurangan gajah mada banyak : tak ada Akta kelahiran, KTP. SIM atau identitas lain
    makanya sdr/ ri kalo punya anak uruskan Akta kelahiran, KTP
    agr tiada kotroversi asal usul nantinya..TQ

  4. Yang jelas kerajaan bugis makassar tdk pernah di taklukkan gajah mada karna tdk ada bukti prasasti
    Atau pengaruh hindu budha di tanah sulawesi. Itu !

  5. Yang jelas kerajaan bugis makassar tdk pernah di taklukkan gajah mada, krn tdk ada bukti prasasti atau pengaruh hindu budha di tanah sulawesi, itu !

  6. Bagi yg menghargai sejarah dan mengingat perjuangan gajah mada sayapun merasa terharu,tapi bagi yang tidak menghargai sejarah atau tidak menghargai perjuangan gajah mada saya minta ngomong jangan kurang ajar jagalah sopan santunmu jangan asal bacot mulutmu.walaupun mungkin ada sedikit kekurangan dalam cefita ini tetap harus kita maklumi,bagi yang bangga dengan kejayaan kerajaan sunda(siliwangi,pajajaran)jangan asal nyocot mulutmu mermehkan gajah mada mojopahit,asal tau kalau hanya menginjak -injak kerajaan sunda pasti akan rata semua.namun kerajaan sunda adalah kesayangan mojopahit,dikarenakan prabu siliwangi masih darah mojopahit.coba tanya sama biangnya sunda pasti tau hal itu

  7. kita jangan gegabah tentang patih gajah mada, sejarah memang harus jelas dan perluh adanya pengkajian, gajah mada kemungkinan ada. marilah kita ambil hikmahnya bagaimana periaku pati gajah mada pada waktu itu….. agar zaman NKRI tetap JAYA selalu. Allah maha mengetahui.

  8. Di Lumajang, Jawa Timur, yg berada di kaki gunung semeru,ada sebuah wialayah yang bernama MADA menurut peta belanda tahun 1881. Saya acapkali melihatnya dan berpikir ini apa artinya,kok ada MADA di sini.

    Dan Lumajang adalah merupakan Majapahit Timur kl dalam sejarah kami, krn merupakan kerajaan asal dr Aria Wiraraja, anak dr Nararya Kirana, sepupu Kertanegara(Raja terakhir Singosari) yang selanjutnya anak Kertanegara yaitu Gayatri menikah dg R. Wijaya (Raja pertama/pendiri Majapahit). Anak yg dilahirkan Gayatri+R.Wijaya salah satunya adalah Tribuana Tunggadewi. Nah, Gajahmada ini mjd patih d era Tribuana Tunggadewi, dan mjd Mahapatih setelah Tribuana turun, digantikan oleh Hayam Wuruk.

    Tertarik? silakan meneliti ke Lumajang.
    salam

  9. salah semua,…ha..ha…ha…=D….sebenernya gajah mada asli orang betawi,….logat bicaranya betawi totok, senenganya waktu kecil ondel-ondel …….

  10. jagan berdebat,,,,kl belum melakukan penelitian.
    datang ke daerah kcmatan modo@ngimbang sambeng jawatimur,pasti anda tau kebenaran nya

  11. saya senang sekali sejarah tentang nenek moyang kita
    seharusnya kejayaan nenek moyang kita harus terus ditenarkan, agar generasi muda dapat mengerti kl bangsa kita adalah bangsa yg sangat kuat

  12. Yang ahli sejarah BODOH KAMU…, Yang tukang ngarang BANGSAT SEMUA KALIAN…., Orang sunda GAK USAH SOK TAU TENTANG PERANG BUBAT….!!!, Kalian tak lebih hanya korban cerita,kidung,serat dan angan2 belaka….!!! yang ingin tau siapa GAJAH MADA…,HUBUNGI SAYA…!!!! KAMPREEEEEEEEEEEEEEEEEEEETTTT…..

  13. saya suka sekali dg artikel ini karena mengambil rujukan dari berbagai data sejarah, entah dari kitab, lontar kuno ataupun prasasti-prasasti. dari pada pendapat yg di karang berdasarkan ego-ego pribadi seperti beberapa komentar yg saya baca yg ngawur.

  14. hampir semua komentar di atas yg saya baca, tampaknya tidak lepas dari ego pribadi. yg membuat saya prihatin bahwa anda-anda ini bicara sejarah tanpa dasar, malah semakin ngawur dengan mengemukakan pendapat pribadi yg tanpa fakta hanya di dasari ego pribadi. kalo tidak tahu mendingan diam dari pada bicara tanpa fakta yg hanya akan di tertawakan ayam.

  15. wooww…Paman PAti Gajah Mada asal-muasalx mnarik untuk dikaji….
    Faktax:
    Diakhir karirnya Gajahmada menjadi buron kerjaan, karena ingin menghindari pertumpahan darah sesama saudara maka,,beliau mengasingkan diri di SULAWESI tepatx di pulau Buton tempat pertapaan terakhirnya yakni “GOWA MADO” yg didalmya terdapat Jasad Gajahmada dan bekas kakix,, cuman publik hampir tidak ada yang mengetahuix,,,Namun warga MUNA dan BUTON dari para leluhr sudah banyak mengetahuinya dan bukan merupakan hal yang aneh dan luar biasa.

    hal ini dikarenakan bahwa guru Gajahmada adalah ayahnya sendiri yang berasal dai BUTON-MUNA yang mempunyai segala kesaktian yg luar biasa. Gajahmada anak ke3 dari 3 bersaudara.. setelah dewasa beliau di perintahkan ayahnya agar membantu saudara2x di semua kerjaan2 yang ada di pulau jawa dan bali,, dan jika misi sudah selesai dan kembalilah ke tempat asalmu di lahirkan sebagai tanah leluhur seluruh umat manusia yang sesungguhnya merupakan pusat peradaban dunia…..

    Yaa…gtlah kira2

  16. yang jelasnya paman patih gadjah mada itu secara tidak langsung sudah memberikan contoh kepada kita smua bahwa untuk mencapai hasil dan tujuan harus dengan kerja keras dan usaha agr smua bisa tercapai dan tidak dengan pamrih tidak seperti jaman sekarang para anggota DPR dan para pejabat2 negara cumn bisanya korupsi padahal kerja juga malas2an sidang pada tidur tunjangan di gedein padahal rakyatnya masih pada susah kalo paman patih gadjah mada tau akan seperti ini bangsanya mungkin dia tidak pernah mau menyatukan bangsa ini.trims

  17. nggak masuk akal juga…
    kiprahnya yang begitu melegenda aj tercatat..
    masa asal usulnya tidak jelas…

    saya rasa,dengan timbulnya permasalahan ini,ada kepentingan lain yang tidak jelas..

  18. ARSEN MAN >>>> anda hampir benar

    Gajah Mada adalah anak hasil pernikahan salah satu panglima tartar dengan salah satu puteri majapahit, panglima tartar tersebut memilih tinggal dimajapahit karena jatuh cinta dengan salah satu puteri kerajaan namun bukan puteri anak raja. dari pernikahan mereka lahirlah gajah mada yang kita kenal dengan sebutan Mahapatih Gajah Mada.

    itulah mengapa gajah mada memiliki kemampuan perang yang hebat dan mampu memerluas jajahan majapahit hingga diluar nusantara. kemampuan dan strategi perangnya yang dahsyat diwarisi dari darah bapaknya yang orang tartar.

  19. salut sama dua presiden kita “Soekarno” dan “Soeharto” ..yang telah mengharumkan gajah mada menjadi simbol2 pemersatu …dan penyemangat…negara kita…… Walaupun…asal-usulnya misteri dan kontroversi…….,

    kalau ga ada fakta yang pasti..mitoslah yang berkuasa…he..he..he….

    hidup!! timnas bola……..

  20. This is really interesting, You are a very professional blogger. I’ve joined your feed and look ahead to in the hunt for more of your excellent post. Additionally, I’ve shared your web site in my social networks

  21. Gajah Mada berasl dri Negeri d Timur,,kini sbuah pulau d NTT. Yg pergi ke barat menggunakn 4 buah kelapa untk brlayar..untk mencari dan mendiami tanah yg rata (mada).

  22. Sumpah palapa gagal terlaksana, karena gajah mada tidak bisa menguasai kerajaan Sunda..
    kata siapa gajahmada orang hebat, itu mah cuman khayalan, gak ada buktinya majapahit menguasai nusantara..
    Gak mungkin Aceh sebagai kerajaan Islam tunduk sama majapahit yg berdasarkan ajaran Hindu… bener gak
    Gajah mada dibesar2 kan hanya untuk kepentingan politik orang2 tertentu… Sumpah palapa hanya hayalan gajahmada aja…cemen lah

  23. yg jelas gajah mada kembali ke tanah bali dan jg berstana di bali apa gak mungkin perjalanan beliau dari timur itu adalah bali . org kuat pada jamanya dan besar hanya 2 orn ;kebo iwa dan gajah mada . knp beliau stananya di bali / ? gmn presiden soeharto sering menhadap beliau ke bali . jgn kita debatkan beliau kalo bisa mari kita telusuri terus biar jelas dari mana gajah mada ????? mari kita bertahan nkri kalo bisa nusantara . spt gajah mada ………………………….

  24. kemarin aku bpongkar buku-buku punya bapakku (seorang dosen sejarah di Uncen (paspua) dan Univet Bangun Nusantara sukoharjo)aku menemukan sebuah buku yang berjudul Gajah mada nmenurut 6 karya sastra kuno yang berasal dari negara kertagam, serat gajah mada, kitap dari bali dan beberapa kitap dari pajajaran mungkin untuk tulisan kedepan akan saya angkat terutama mengenai perang majapahit dan kerajaan sunda yang menewaskan diah pitaloka seorang putri dari sunda

  25. aq sih plih gajah mada,karna dia kuat, hebat,jago trs dah gtu tguh maprinsip nya… klo gajah mada jdi merenary kaya bagus tuh bwt defence,

    klo bsa hrs lbih kuat dripda druid n campion… hehehhehe…

  26. Menurutku Gadjah Mada adalah tokoh yg disamarkan dlm babad majapahit utk memberikan semangat nasionalisme kerajaan. Mengenai asal usul sebaiknya tdk hanya mendasarkan pd dongeng or mitos yg g jelas atau buku babad yg tahun pembuatannya stlh wafatnya gadjah mada sehingga diperlukan telaah sumber dan rasionalisasi sumber sejarah. Bagi sy tdk penting kapan n dimana beliau berasal yg penting sebagai maha patih atau pimpinan negara pada waktu itu beliau sgt menaati agama negara yg dijadikan sendi dasar sumpahnya tan amukti palapa itu, shg majapahit menjadi negara besar. Nggak seperti Indonesia sekarang yg gak beragama (ideologi) semaunya sendiri, rakyat sulit diatur, konsumtif, materialistis, menilai keberhasilan hanya dengan kekayaan, adat istiadat ditinggalkan, agama hanya KTP, dan korupsi meraja lela melemahkan seluruh sendi kehidupan bangsa yg susah payah dibangun founding father bangsa ini. Makanya jika Pancasila sudah tidak digunakan lg sbg idelogi bangsa yg tercermin lewat sikap rakyat dan pejabatnya berarti bangsa ini sudah menjadi atheis yg rawan dsintegrasi. Demikian gadjah madha memberikan suatu keteladanan bagi kepemimpinan n nasionalisme indonesia.


  27. podo ra njowo ne ae og upruss..!!
    pengen weruh???
    Gajah Madha kuwi pak lek Q blox’ ASLI iki.

  28. sbnar nya bukti2 siapa gjhmada?drimana?knpa dia mengadakan pmbantaian ktka peristiwa bubat?ada hnya sengaja ‘dihilangkan’ agar sejarah berbelok,sejarah tu sesuai pemguasa yg saat tu lgi brkuasa.ky film G30SPKI dktkan bnr ktka jmn orba tp skrg?kemana film nya?g diputar di stasion TV ky dlu lg,

  29. gajah mada brasal dari india,dia hijrah k tnah qt,dlu bnyk org2 india,arab dsb dtg mncri khidupan di tnh qt..kata siapa semangat gjh mada sbgai pemersatu bngsa?justru dia pngen menjajah kerajaan2 lain di nusantara tnduk dibwh krajaan nya.kerajaan2 di nusantara pnya wewenang,raja dn rakyat masing2,pertanyaan,memamg mrk2 mw mengakui dn tnduk dbwh 1 kerajaan?mk nya gjh mada melakukn pnjajahn besar2an kpd smua krajaan di nusantara dn hnya 1 kerajaan yg sulit ditndukan,yaitu krajaan disunda.mk munculah perang bubat.krajan di sunda kwt2 krn didkung dgn prsenjataan yg sgt cangih dbnding yg lain na krn raja na msih ada ktrunan lgsung dgn bngsa sumeria,atlantik dri nabi adam as yg mewarisi tknologi tingi,kerajan lain perang msih pke pdang tmbak,kuda di krajan sunda sdh ada snjata pmedar materi brbntuk kujang.dn kndaraan trbng dlm perang bubat gjh mada pun akn kalah klw dia tdk dibntu oleh ‘sesuatu’,apakah itu? wkt yg akn mmbktikn,

  30. biarlah smua menjadi misteri semata,karna asal usul beliau jg misteri,tidak ada bukti otentik yg kuat menyebutkan asal usul beliau,yg jelas klau berdasarkan bukti kitab atau apapun itu jg tdk akurat klau menurut saya:namanya jg kitab,kita jg nggak tau asal usul si penulis kitab,apakah bisa dipertanggung jawabkan isinya ya klau bener klau nggak khan tambah menyesatkan,dan lg klau ktanya menurut siapapun itu dr daerah manapun,apa emang bener yg cerita ke anak cucunya itu jg bener,itu semua jadinya KHAN KATANYA dr kitab A.B.C dst,,dan dari cerita orang – orang dulu ataupun sekarang nggak ada yg nyambung,yg jelas sy pribadi yakin klau beliau adalah orang jawa dan tidak beragama islam,dan satu lg yg patut kita contoh adalah semangat dan kerja keras beliau yg telah mengharumkan bumi pertiwi,bukan perdebatan dan perselisihan,berbeda boleh tetapi tetap satu jua…

  31. Memang sudah jaman Uedaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnn! komennya juga pada Edan semua, tapi gak apa2 mumpung masih bisa bebas mengemukakan pendapat, tapi ingat : Berpikir yang baik, Berkata yang baik dan Berbuat yang baik pula.

  32. GAJAH MADA = SAYYID MAKHDUM > datang dari timur pergi kebarat… dia adalah salah satu keturunan dari seorang sayyid yg menikah dengan perempuan Bima Dompo, salah seorang tokoh penyebar Agama Islam, ingat pada waktu itu yg menjadi Negara Super Power Dunia adalah Negara Baghdad.. Negara Baghdad mengirim beberapa Tokoh ke belahan Dunia Lainnya termasuk Nusantara.. Ayah Gajah Mada atau Sayyid Makhdum adalah salah satu dari Muballigh itu dan beliau menikah dengan wanita Bima Dompo sehingga terlahirlah Syyid Makhdum dan Mendapat Gelar atau Abhiseka Gajah Mada diMajapahit, Gajah Mada dalam Perjalanannya keBarat lama tinggal diLombok dan Belajar pada seorang Sakti disana yg bernama Pati Bikuq Gajah Yusa, sampai sekarang Telapak Kakinya yg besar masih ada diBatu cadas, didaerah Desa Suredadi Dalem Direq Pati Bikuq Lombok Timur. ingat diEra Majapahit sudah banyak Rakyat yg memeluk Agama Islam daerah pesisir dan pedalaman..!! ini terbukti dengan satu Bait Pupuh dalam Pupuh Sinom yg menyatakan Raja Hayam Wuruk mengajak Penasihat Spiritualnya NayaGenggong untuk Masuk Ke Ugami Suci.. tapi si NayaGenggong tidak mau sehingga dia meninggalkan Majapahit dan bertapa diGunung Merapi. dan banyaknya ummat islam yg dikirim oleh Raja HayamWuruk ke Kerajaan GelGel Bali untuk mengiringi Raja Bali yang pulang ke GelGel setelah menghadap Raja Majapahit itu.. on Facebook Lalu Wirasikin Sangmada.

  33. Patih Gajah Mada
    Aslinya Orang KALIMANTAN Barat . ada bukti sejarah disana berupa keris leluhur, dan menjadi mengawal dikerajaan Daha Kalsel. kemudian diangkat Patih Waktu itu.

  34. Patih Gajah Mada, tujuannya adalah menyatukan kerajaan diseluruh nusantara, sehingga, menyatu dan terbukti nusantara, Gajah mada tidak pernah mengatakan, aku iki wong jowo,? tidak pernah kan, sekarang , bagaimana supaya Indonesia maju, seperti jayanya Nusantara /Nuswantoro di masa Gajah Mada, jangan sampai tanah sejengkalpun diambil negara tetangga apa lagi satu pulau?apa tidak marah tuh leluhur kita,, ingat sumpah palapa, tidak akan bersenang senang sebelum bersatunya nusantara, tuh punya eyang segitunya nasionalismenya…kalau perlu kita tambahin pulaunya contoh Kalimantan : Brunei dan serawak kita ambil lagi… gitu loh, .. .timor timur kebacut rek rek, aja ngasi lagi seperti itu, nkri harga mati

  35. pdptku.didunia ini tdk yg mesteri//////////bagi orang yg beriman,langit tanpa tiang.laut tanpa tutup/,tdk pernah saling jatuh ato tumpah/.renungkan hai saudaraku seiman.itulah ayatun min ayaaaaatillaah/////////..,,,;;;;;;;;;;”””[[[[]]]]@

  36. Menurut saya GAJAH MADA itu berasal dari sulawesi, ini menurut peneliti antropologi dari belanda, jepang & kanada di buku karangannya berjudul YOUNG ELEPHANT terbitan tahun 1889

  37. OUH JAKARTA NILAH FAKTA PRESTASY SAYA PUTA RAJA SE LURUH —– ter ystimewah —– ADA CAP KELUARGA KURSY BUNDA PERTIWY DI BENGKULU CTY =B”’ 1217AN .

  38. JADY se haruz nya YANG MAU BENAR22 PEMIMFYN mengatas name kan KE NIKMATAN MERATA —— ber pedoman dengan eyang ………”””’. BAGY UJANG FALAPA TU = AJAKKAN MASUK SYURGA DUNIA +RADEN MEALAYU SE JATY HAH.

  39. UMFAMA FCBOOK NIH LAH SESUNGGUH NYE JAWABAN SEGALA CERYTA TENTANG EYANG TU ? SE MUA TAU ,GAMBALANG ”TAFY TER FENTING —salah SATU FOWER NUSANTARA CIMFEL SATLED =SKSD ””” khusus INILAH INTY ILMU TER CANGGYH yang DY MILKY IBU PERTYWI [ VYKIRRAN] tu DI AWAN =MOKSA… BUMY lebyh HARUM DARY ”””BUNG KARNO belajar dary eyang tu …….. 01151OO563 BENGKULU CTY lah TEMPAT PERMATA ITU ter ????? jelaz SYURGA.

  40. Wah wah seru postingnya lebih seru lagi komentarnya. :)
    Kalau saia sih berpendapat terlepas dari plus minusnya Gajah mada, kita harus akui dia adalah seseorang yang yang sangat sukses dijamannya. namanya bahkan lebih besar ketimbang pimpinannya sendiri (raja). Dengan poin plus tersebut, jujur aja kita harus berbangga dan suka nggak suka harus mengakui kebesaran namanya. dan kita harus akui dia memiliki loyalitas tinggi terhadap pimpinannya. (berat loooh kalo dah pegang kekuasaan gede apalagi sekelas Gajah mada yang bisa dibilang separuh dewa). Karena sampai akhir hayatnya Gajah mada tidak pernah secara resmi melakukan kudeta.
    Walaupun akhirnya ada isu ia kurang sepaham dengan Raja Hayam wuruk karena peristiwa bubat. (aduuh cc Diah Pitaloka ~.~)
    Tetapi saya memandang dari sisi seorang pemegang amanah/sumpah jabatan
    (di-jepang harakiri tuu kalau gag bisa menjalankan sumpah jabatan) saya berfikir Gajah mada adalah seseorang memiliki tekat bulat untuk melaksanakan sumpah jabatannya. dan memang ditakdirkan untuk memiliki nama yang besar (bukan nama yang harum looh yah karena pasti ada kontroversi).
    So? Maybr Gajah mada is nothing but everything….

    regrat

  41. sampai sekarang gajah mada masih hidup mas bro….
    nama lengkapnya GAJ AHMAD DA-NI (itu yang punya republik cinta)
    betul kan!!!!!!

  42. Puyang Gadjah Mada itu masih trahnya atau klan dari Sriwijaya, ia terinspirasi dengan cerita2 dari leluhurnya tentang masa keemasan Kerajaan Sriwijaya, ilmu dan kesaktiannya berasal dari para ksatria dan hulubalang klan Sriwijaya.

  43. Mari kita warisi semangat Gajah Mada untuk mengisi Kemerdekaan RI yang tercinta ini…..HIDUP GAJAH MADA…Semangatmu hidup selalu dalam jiwaku….
    BERSATULAH NEGERIKU…!!!!!!!!

  44. kalo menurut saya gajah mada itu dari majapahit hihihihihihihiiiiiiii………..

  45. aceh = goblok
    lu ga tau apa2 jgn asal gacor,liat tu daerahlu yg jadi sarang ganja,org aceh baik sih…..cuma lu aja yg kayakbinatang….lu ngomong goblok
    makanya gw bilang aceh = goblok…………

  46. Mana ada tu Gajah Mada,boong tu.mana kuburannya? namanya aja nama bintanag binatang yg tidak ada di pulau jawa (gajah) ada ada saja

  47. Polemik tentang MahaPatih Gajah Mada, MahaPatih terbesar di zaman Kerajaan Majapahit tidak perlu di perdebatkan asal usulnya. Intinya MahaPatih Gajah Mada di lahirkan tanpa di undang dan pulang kembali tanpa di antar/ketahui siapa pun. Karena Maha Patih Gajah Mada ada pada zaman itu hanya untuk menjalankan misi dari Gusti Allah SWT yaitu Menegakan Rasa Keadailan, Ketentraman dan Kemakmuran Rakyat Jelata serta Menumpas Para Penguasa yang Djalim. Sama seperti Maha Raja Prabu Siliwangi Raja Terbesar dari kerajaan Pasundan. Kedua Tokoh Besar pada Zamannya MahaPatih Gajah Mada dan Maha Raja Prabu Siliwangi masih di selimuti Mysteri, Kita manusia hanya mampu menerka-nerka saja. Hanya Gusti Allah SWT Yang Maha Mengetahui. Wasalam.

  48. Bila menurut saya,Apakah ada orang sumatra ngerti bahasa sansekerta di zaman itu sampai tahun 1400an ? Berarti gajah mada bukan dari sumatra. Gajah mada pun bukan beragama muslim, buktinya dia masih berada di zaman hindu-budha yang kerajaannya menggunakan kasta dari keturunan brahmana. di zaman itu pun, nama joko pun belum ada, berarti gajah mada bukan orang jawa. Dapat dimungkinkan sekali bahwa gajah mada berasal dari bali/lombok.

  49. Menurut saya siiih…..Gajah Mada itu ada di Bulak Sumur, yang letaknya di Selatan gunung Merapi dan di utara Kraton NgayogyaKarto Hadiningrat dan di Sebelah timur Perbukitan menoreh…Hihihihi…paham???

  50. data itu memang sangat valid,karena terdapat juga dalam kitab Negara Kertagama,tapi di kitab itupun tidak jelas asal usul Gajah Mada,yang pasti jejak kiprahnya hampir merata di seluruh Nusantara,dan masing-masing daerah yang di taklukkannya punya cerita tutur turun temurun.Menurut buku “Tarombo Marga NI Suku Batak” oleh W.Hutagalung,generasi keempat dari turunan si Raja Batak yang bernama Tuan Sorbadibanua mempunyai dua orang istri,salah satunya adalah Putri Mojopahit yang di beri nama Boru Sibasupaet,sebab suatu peristiwa yang tak dapat diatasi lagi oleh Tuan Sorbanibanua mengakibatkan istri keduanya(Putri Mojopahit) dan ketiga anaknya menyingkir dari istri pertama pindah ke Lobu Gala-gala di kaki gunung Dolok Tolong sebelah barat ,turunan Tuan Sorbanibanua ini berkembang dengan pesat, yang melahirkan lebih dari 100 marga hingga dewasa ini yang salah satunya adalah Si Bagot Ni Pohan nenek moyangnya marga Pohan.Hal ini diutarakan bahwa antara Jawa(Mojopahit) dengan Tanah Batak sejak dari dahulu telah mempunyai hubungan yang erat.Jadi tidaklah aneh bahwa legenda Gajah Mada dan Mojopahit ada juga di Tanah Batak/SumatraUtara(Timur).,dan data tersebut memang hanya sebagai alternatif saja,tetapi ini menjadi berguna untuk Kesatuan dan Persatuan bangsa.

  51. yang jelas Patih Gajah mada adalah mahapatih kerajaan Majapahit yang terletak di jawa Timur dan sangat sulit kalau pada saat itu (awal ratu tribuana Tungga dewi )mengangkat pejabat kerajaan yang berasal dari daerah lain di luar jawa timur! jadi data yang paling valid patih gajah mada berasal dari salah satu dusun di jawa timur bukan daerah yang lain!

  52. Saya sependapat dengan sdr Roli dan Gus Wo,Gajah Mada mungkin berasal dari tanah Sumatra,khususnya Sumatra Utara, dengan alasan sebagai berikut:
    1.Di Sumut ada marga yang berasal dari Ompu Bada (Mpu Bada) yang salah satunya adalah marga Gajah.Tapi menurut para tetua yang mengetahui sejarah asal usul marga, Ompu Bada ini bukan berasal dari Si Raja Batak yang menurunkan marga2 di Tanah Batak.Apakah turunan ompu Bada ini Gajah Mada ? Wallahu A’lam.
    2. Selanutnya kemungkinan Gajah Mada ini, mengabdi pada kerajaan Melayu Kuno Damasraya, dan dia menjadi Pengawal Perjalanan Pengiriman Dara Petak dan Dara Jingga (Dua Putri Melayu) Ke Kerajaan Singasari ?.
    3.Sewaktu penaklukan Kerajaan Haru(Aru) di Sumatra Timur,Gajah Mada ini sangat hapal dan mengetahui seluk beluk daerah pedalaman di Sumatra Timur (Sekarang Sumatra Utara dan Sekitarnya).Tapi dia tidak dapat menalukkan dengan sempurna Kerajaan tsb(Buku Tuanku Rao,Parlindungan Siregar),dan masyarakat tua-tua disana punya cerita lagenda tentang kekalahan Gajah Mada tsb (cerita legenda itu hanya ada di buku tsb, ) yang dulunya menjadi kontroversi.Sekarang anda boleh daptkan di toko buku.Betul sekali sejarah itu banyak versi.

  53. Gajah Mada mungkin cuma imajiner kali?
    Atau orangnya banyak, itu adalah sebuah gelar, kalau lihat diatas, Gajah Mada ada sejak jaman R. Wijaya sampai Hayam wuruk, ini nggak masuk akal kalau hanya seorang saja.

    Kalau benernya sih nggak tahu heheheheheheh

  54. Menurut saya gajah Mada adalah orang batak. Lihat aja mukanya kayak sihobing( Model muka orang batak kan rada kotak)

  55. memang belum dapat dipastikan namun menurut penuturan leluhur kami bahwa Patih Gajah Mada adalah asli orang maluku, yang pada waktu perjalanan pulang melalui madura, bali sampai di lombok sang MahaPatih meninggal dunia dan dikuburkan disana (ada makamnya dengan panjang kira-kira 3m). bukti kongkrit adalah hadiah kepada orang tuanya berupa gong emas dengan dipenuhi tulisan jawa kuno di desa Luang timur kepulauan Babar, Maluku Tenggara.

  56. Jangan-jangan malaikat ato jin. kenapa?
    1. dia tidak di ketahui sedikit pun tentang asal usulnya(perdebatan), siapa orang tuanya/keturunanya. padahal dia bukan sembarang orang(maha patih). banyak orang di jamanya pasti mengenalnya. tapi kenapa tidak ada keterangan yang jelas tentang sosok dia. justru sosok maha patih sebelum dia, keteranganya lebih jelas.
    2. pada zamannya sebelum dia sampai pada masa sebelum kemerdekaan, belum ada seorang pun yang mampu mempersatukan wilayah nusantara (bahkan lebih) dalam satu kekuasaan. saya curiga dia bukan manusia.
    3. seperti hal kelahiranya yang tidak banyak diketahui, begitu juga dengan kematianya yang seolah-olah ditelan bumi. ya ini cuma ikut rembuk.

  57. terserah fersi mana aja yang menurut pembaca bener,yang pasti gajah mada adalah awal dari sejarah terbentuknya NKRI,n apapun agamanya mo islam ke,mo hindu ke mo budha ke yang penting bagai mana kita sebagai generasi muda kita mampu membangun kembali indonesia menjadi negara yang solid di mata dunia.MERDEKA

  58. gajah mada sbenarnya beragama islam dengan nama gaj ahmad…liat sj makamnya yg bertuliskan huruf arab yg berbunyi laa ilaha illallah muhammadarasulullah

  59. Saya sepakat dengan pendapat Arsen Man dkk..!? Karena sangat logis, buktinya sampai saat ini penguasa negeri ini masih dikuasai bangsa asing..

  60. Iya, bro, sejarah emang aneh, banyak bener versinya…

    Saya sendiri tinggal di Jambi, tapi legenda kalo Gajah Mada dari kerajaan Malayu Kuno itu di sini udah jadi standar… Kerajaan Malayu Kuno sendiri pusatnya di Dharmasraya, Sumbar sekarang ini, tapi dulu kira-kira kerajaannya meliputi Sumsel, Jambi, Bengkulu, sebagian Sumbar dan sebagian Riau modern sekarang… Malah ada tempat di Kabupaten Muko-muko, Bengkulu yang para sepuhnya suka menembang (menyanyi atau bersajak dan berpantun) tentang kejayaan Majaphit dan Gajah Mada, serta malah ngotot kalo Gajah Mada makamnya ada di hutan kampung mereka…

    Versi sejarah Gajah Mada yang berasal dari Malayu Kuno sendiri awalnya karena adanya DARA PETAK aka INDRASWARI yang menjadi istri RADEN WIJAYA sebagai hasil dari EKSPEDISI PAMALAYU, yang akhirnya menjadi raja pertama Majapahit, dan konon hanya dari Dara Petak saja Raden Wijaya memiliki anak lelaki, yakni JAYANEGARA, yang sayangnya terbunuh sebelum menjadi raja… Nah ekspsedisi Pamalayu yang mengantarkan Dara Petak dari Sumatera ke Jawa tidak hanya disertai dengan tim Pamalayu sendiri, melainkan juga sepaket dengan pengawalan khusus Kerajaan Malayu Kuno, dimana GAJAH MADA adalah salah satu anggota tentara pengawalan tersebut… Setelah sampai di Jawa atau menjadi istri dari Raden Wijaya, tim pengawalan dari Kerajaan Pamalayu ini menjadi bagian dari ketentaraan Majapahit, bahkan memiliki tugas khusus untuk melakukan penjagaan bagi keamanan keluarga kerajaan dengan alasan adanya Dara Petak yang menjadi bagian dari keluarga kerjaan… Di kemudian hari sendiri, Gajah Mada mulai dikenal luas karena penyelamatannya terhadap anak dari Dara Petak, yakni Jayanegara selama awal-awal pemerintahannya sebagai raja ke-2 Majapahit… Dalam catatan sejarah, Jayanegara sendiri mengalami banyak penentangan dari dalam kalangan istana sendiri saat menjadi raja, hal ini dikarenakan dia berasal dari tanah Sumatera, meskipun ia adalah ningrat keraton tulen dari tanah Melayu… Di sinilah peran Gajah Mada sebagai sekuriti lingkar paling dalam dari keluarga kerajaan (pasukan Bhayangkari), atau khususnya dari Dara Petak yang betugas untuk melindungi Dara Petak dan keturunannya… Untuk selanjutnya karir Gajah Mada meningkat seiring prestasinya yang dimulai sejak mengawal Dara Petak dari Malayu Kuno ke Majapahit (Singashari) hingga PEMBERONTAKAN RA KUTI yang membawa namanya menjadi amat terkenal di Majapahit…

    Wallahua’lam…

  61. KLO MENURUT SAYA GAJAH MADA ITU DARI TORONTO…
    BELIAU ADALAH SALAH SATU PERSONIL BAND A7X HAHAHAAAA………
    GITU AJA KOK REPOT!!!!!
    SEJARAH ITU SEBUAH MISTERI DAN AKAN SELALU MENJADI TANDA TANYA DLM KEHIDUPAN KITA….
    JADI MENDINGAN KITA BUAT MESIN WAKTU BIAR TAU YANG SEBENARNYA..Q LAGI DALAM PROJECT NI ADA YANG MAU IKUT?MIN S3 DIBIDANG IT.. PROJECT INI HARUS SELESAI DALAM WAKTU 10TAHUN

    TEKNOLOGI MENGALAHKAN SEJARAH ..

  62. menurut cerita kakek ane sh, mahapatih gajah madda berasal dari salah satu daerah di daerah Dompo daerah timur indonesia…dengan nama muslim muhammad Roem…ane pernah baca salah satu buku sejarah atau babad suatu hari diakhir khayatnya gajah madda mengendarai sampan kecil kearah timur dari pesisir jawa, bertolak kira2 menuju ketimur kearah bali / lombok dan tiba2 hilang ditelan gelombang…dan kata terakhir yg diucapkan sebelum berlabuh “aku akan pulang dan pulanglah kalian”…cuman ini info dari ane,semoga bermanfaat bagi kawan2 pemerhati sejarah..

  63. arsen man + panji : pekok !!!
    picik, baca babad gajahmada semuanya….yang pasti pasukan cina yang jahat yang berniat menjajah tanah jawa sudah di babat habis oleh pasukan R. wijaya.
    pasukan cina boleh menguasai dunia, tapi tak bisa menguasai tanah jawa. liatlah sejarah, dari zaman singosari, geger cina di mataram, sampai era reformasi. orang cina yang jahat pasti sirna. memang ada keturunan cina yang baik, dan kita hormati bersama, kayak R. Patah.

  64. Saya pernah diajak ke Buton tepatnya daerah burangasi kecamatan lapan dewa disitu dijelaskan oleh penduduk bahwa gajah mada tenggelamnya bersama batunya di burangasi saya melihat jejak kakinya dan batunya sewaktu dia tenggelam 40 hari mengangkat batu dan ditelan bumi mungkin penelitian dapat diarahkan ke keturunannya di daerah burangasi yang bernama bapak yasin welson lajaha beliau tahu seluk beluk tentang gajah mada dan menurut ceritanya beliau pernah melihat garuda emas mungkin bisa menghubungi beliau tentang gajah mada a/n pak yasin welson lajaha di no hp 081354726789 terima kasih .

  65. kalau menurut saya gajahmada berasal dari desa Bumiaji, kota Batu ,jatim,sebab desa itu persis dibawah gunung Arjuno dan juga diantara gunung Kawi dan gunung Arjuno,kalau menurut sisa-sisa peninggalan di Batu masih banyak situs-situs peninggalan zaman lampau.ok trims.

  66. bukan asal ngomong ini yang tertulis di babad gadjhahmada dokumen asli di musium udayana!yang asal ngomong ya pengarang babad itu sendiri!!

  67. Buat orang jawa jangan sedih ya.. coz ini cerita sebenarnya ttg Gajah mada ini diambil dari mailing list forward email. jadi klo mau cari kebenaranya mungkin bisa cari di enclypedia ( klo ga salah spell nya ya hihihii )

    Gajah Mada aslinya adalah orang Mongol tetapi diakui sebagai patih dan diaku-aku orang Jawa.
    Orang Indonesia berhasil memutar balik sejarah dengan merekayasa sejarahnya seolah-olah berhasil
    mengusir utusan Kubilai Khan yang ditipunya dengan membokong se-waktu diajak pesta.
    Namun kebohongan itu cuma untuk kebutuhan membangkitkan nasionalisme dalam negeri.

    Karena sejarah di luar negeri justru lebih mengenal kehebatan
    tipu menipu tentara Mongol ini dalam mengalahkan kerajaan-kerajaan besar
    yang pernah ada di dunia ini. Yang jelas tak pernah ada kerajaan Jawa
    di zaman Kubilai Khan yang punya reputasi dunia, bahkan reputasi lokal
    pun tidak pernah ada. Barulah setelah Raja Kubilai Khan menempatkan
    pesuruhnya yang dikastrasi dengan gelar Gajah Mada, muncul
    kerajaan hebat di Jawa yang dinamakan Majapahit dengan patihnya Gajah
    Mada.

    Majapahit hanyalah kerajaan yang muncul bersama naik tahtanya Gajah Mada menjadi Maha Patih.
    Hilangnya patih Gajah Mada juga bersamaan dengan hilangnya kerajaan Majapahit. Dialah patih yang memperbudak rajanya
    untuk kekuasaan kerajaan Cina dibawah Kubilai Khan. Meskipun Kubilai Khan dan Jenghiz Khan adalah orang Mongol,
    namun mereka berdua adalah penguasa imperium Cina.

  68. dalam kepemimpinan ratu tribuanatungga dewi,gajah mada berhasil meredam dan mengembalikan kehormatan kerajaan majapahit dari intrik perang saudara maupun pembrontakan2,maka ratu tribuana tunggadewi mengumpulkan seluruh pejabat2 istana: patih, panglima2 perang(termaksud gajah mada),kerabat kerajaan lain di bawah naungan majapahit,pendeta,bendahara majapahit, juru tulis kerajaan ,berkumpul di balairom istana untuk mendengarkan sabda dan keputusan ratu tribuana tunggadewi tentang :
    1. pengangkatan putra mahkota hayam wuruk ( beliau masih kecil waktu itu ) tapi pengambilan keputusan sepenuhnya masih di pegang ratu tribuana tungga dewi. setelah dewasa maka sepenuhnya di pegang oleh hayam wuruk.
    2. membuat candi peringatan atas kembalinya kedamaian majapahit.
    3. membuat undang2 baru tentang tatanan kepemerintahan.
    4. mengankat raikaian maha patih mangku bumi karena raja majapahit( hayam wuruk masih kecil )/ sejajar dengan raja majapahit tetapi tidak boleh memberikan keputusan seperti raja.. hanya sebgai pensehat untuk mengajarkan tatanan pemerintahan kepada hayam wuruk.
    5. melebarkan sayap kerajaan majapahit sejauh mana majapahit mencapai gemilangnya.
    6. kekuasaan di bawah pemerintahan pusat ( mengatur ) sedangkan pemerintahan (kerajaan lain) pemerintahan daerah.
    rapat yang diadakan di balairoom istana, mensetujui point 1,2,3 dan 5,6. sedangkan untuk point 4 semua yang ada di balairoom tidak bisa memberikan keputusan dikarenakan siapakah orang yang cocok untuk posisi jabatannya..akhirnya dikembalikan semua keputusan tersebut ke ratu tribuana tunggadewi..beliau mempertimbangkan keputusan hal itu siapakah calon mahapatihnya..akhirnya ditunjuklah gajah mada sebagai raikaian mahapatih mangkubumi yang berdasarkan pertimbangan beliau sebagai berikut:
    1. ratu sudah mengetahui bahwa gajah mada adalah darah kerajaan majapahit.
    2. jasa gajah mada mengembalikan kehormatan majapahit kembali.
    3. gajah mada dekat sekali dengan putra mahkota (hayam wuruk) dimana hayam wuruk sediri pun sangat dekat dan senang kepada gajah mada.
    4. selama jabatan di pegang gajah mada, tidak pernah merasa sombong dan tinggi,beliau tegas dalam sikapnya.
    5. gajah mada selalu memperhatikan rakyat dan pengabdian ke pada kerajaan tinggi.
    6. dalam mengerjakan tugas,beliau selalu cerdik/pintar, selalu menganalisa.tidak terpengaruh isu2,bijaksana.
    7. selalu berhasil dalam tugas..
    dengan pertimbangkan point2 tersebut maka ratu tribuana tunggadewi memilih gajah mada..dan dikembalikan ke forum balairom istana atas keputusannya tangapan dan kesepakatan…semua yang di balairoom menyatakan sangat setuju.maka gajah mada dinobatkan menjadi raikaian mahapatih mangku bumi.para brahmana melakukan proses keagamaan,ratu tribuana tunggadewi mengeluarkan keris kerajaan kepatihan sebagai tugas dan jabatan yang diemban oleh gajah mada. setelah menerima keris kepatihan gajah mada membuka warangka dan menunjuk keris tersbut tinggi2 sambil mengucapkan sabda/ikrar janji untuk tugas dan jabatannya…sumpah palapa diucapkan..
    setelah menerima jabatannya maka mahapatih gajahmada mengumpulkan perwira,mentri2,panglima2 perang untuk membicarakan tentang pelebaran kekuasaan majapahit di bawah naungan pemerintahan pusat. yang harus di dekati adalah kerajaan2 jawa.dibuatlah usulan dan surat kepada kerajaan2 lain untuk bergabung.(dipakai jalan damai)seandainya tidak mau kerajaan lain dibawah naungan majapahit maka jalan satu2nya adalah peperangan.setelah berhasil beberapa taklukan majaphit..maka ratu tribuana tungga dewi mengadakan rapat kepada petinggi kerajaan untuk memberikan utusan kepada kerajaan di luar pulau yang isinya bergabung di bawah naungan majapahit..yang pertama kali adalah Bali..karena bali adalah kerajaan terkuat dan terkenal waktu itu.sabda tribuanatungga dewi kepada gajah mada : taklukanlah bali maka kita bisa mentaklukan semua kerajaa2 di luar pulau.

  69. wah,,,,,,,,,,terimakasi atas artikelnya,,,,kebetulan saya akan membuat garapan tari yang berjudul palapa gajah mada,mohon diceritakan dengan singkat dari gajah mada diutus dan mengikrarkan sumpahnya

  70. ada cerita sedikit gajah mada :
    dikerajaan majapahit ada raja yang mempunyai banyak istri,sebelum beliau mempunyai banyak istri..beliau tertarik dengan seorang anak gadis dari seorang petapa tapi anak gadis tersebut mau jadi permaisuri dengan syarat dia tidak boleh disentuh dan raja boleh mengambil sebanyak2nya istri..dengan syarat tersebut akhirya raja majapahit tersebut mau memperistri dan mengangat sebagai permaisuri.
    suatu ketika raja mendengar ada seorang brahmana yang sakti luar biasa,beliau mengundang brahmana tersebut ke istananya, sesampainya di istana brahmana tersebut bukannya di hormati malah beliau disuruh menebak diantara istri2nya siapa yang sedang hamil, maka brahmana tersebut menunjuk kepada permaisurinya..maka raja menjadi tertawa..beliau mengatakan bahwa kabar brahmana yang sakti teryata tidak ada apa-apanya..lalu diusirlah brahmana tersebut dari istananya..teryata dengan supat / sabda seorang brahmana menjadi kenyataan, permaisuri raja majapahit mengandung..raja merasa curiga akan permaisuri nya bahwa permaisuri melakukan selingkuh maka permaisuri di usir dari istana..permaisuri akhirnya pergi dari istana menuju ke timur( sekarang di pegunungan lamongan) beliau hanya ditemani oleh seekor kucing hutan dan rubah..lahirlah seorang anak laki2 dan permaisuri wafat setelah melahirkan seorang putra..di dekat hutan lamongan(dekat tempat tinggal permaisuri ada seorang pemburu binatang) dia mendengar tangis bayi di dalam hutan,lalu dia mendatangi sumber suara tangis..teryata bayi sedang menangis di karenakan ada seekor ular besar sedang berkelahi dengan rubah dan kucing hutan..karena ular ingin memakan bayi yang masih ada darah dan ari2nya..ular tersebut dibunuh oleh pemburu dan bayi laki laki di bawa pulang(dibukit lamongan ada gundukan dan ada pohon kecil)disana ari2 dan permaisurinya dikubur.
    lalu bayi tersebut dibawa pulang ke desa yang bernama madha..bayi laki2 tersebut diberi nama Joko madha..kehidupan joko madha sangatlah memperhatinkan kerjanya mengembala kerbau dan rumah tangga,hidup seprti pembantu yakni dianak tirikan..tapi joko madha tidak pernah putus asa..semakin tegar seperti batukarang..semakin besarlah joko madha dan dia sejak lahir sudah mempunyai kelebihan kedigjayaan…
    pada suatu hari kabupaten membutuhkan banyak prajurit..joko madha melamar keprajuritan..sasmpai di kabupaten tempat penerimaan keprajuritan terjadi kepanikan dikarenakan ada seekor gajah menjadi liar tidak bisa dikendalikan..semua prajuri tidak bisa menjinakan. teryata joko madha dengan gampangnya menjinakan gajah tersebut, dan ditermalah joko madha menjadi prajurit khusus kepengawalan..teman2 keprajuritan memberi gelar Gajah Madha..suatu malam beliau didatangkan oleh seseorang didalam mimpinya agar beliau melakukan yoga semadhi di selat perbatasan Bali yang terletak antara campuan?pertemuan arus laut besar dan campuan kecil/sungai yang terletak di atas karang dan di dalam goa ( selomangkeng)beliau bertapa brata disana dan mendapatkan seperangkat alat perang dan pusaka keris yang bernama Gajah dungkur, apabila gajah mada memakai kebesaran tersebut maka tiada tampa tanding dan selalu menang,pusaka gajah dungkur hanya bisa dikeluarkan dari sarungnya hanya satu kali meminta korban baru bisa keris tersebut dimasukan kewarangkanya..belaiu mendapat tugas untuk menata dan memperbaiki keluarga majapahit yang seaat itu sedang terjadi perang saudara dan diambang kehancuran dengan catatan bahwa belaiu tidak boleh merebut kursi kerajaan dan beliau harus menyembunyikan jatidirinya bahwa belaiu sebenarnya putra mahkota kerajaan majapahit.
    tribuana tungga dewi menelusuri siapa sebenarnya jati diri gajah mada,akhirnya beliau mengetahui bahwa sebenarnya gajah mada adalah darah mahkota maka dia mengangat gajah mada menjadi rankaian patih agung mangkubumi yang sejajar dengan raja majapahit..
    setelah diangkat atas usulan ratu tribuana tungga dewi bahwa nusantara harus dibawa naungan majapahit dan kalau ingin menyatukan yang harus ditaklukan adalah Bali..karna bali adalah sentral raja terkuat setelah majapahit.ditaklukannya bali dengan berperang tanding gajah mada dengan Kebo Iwa.
    teryata gajah mada dan kebo IWa adalah saudara sekandung,dimana waktu perperangan terjadi masing2 memakai topeng..kebo Iwo mengatakan pantang membunuh lawan kalau tidak melihat raut wajah, maka keduanya melepaskan topengnya, dan kebo iwo sangat kaget bahwa lawan tandingnya adalah adik kandungnya yang lama sejak dari lahir tidak ketemu.dimana kebo iwo didatangkan oleh ibunya bahwa kelak akan bertemu dengan adiknya di medan perperangan dengan raut wajah yang sama dengan kebo iwo.
    kebo iwo tidak bisa dibunuh oleh gajah mada dan senjatanya,malah gajah mada meminta kebo iwo untuk membunuhnya…kebo iwo tidak mau mebunuh adiknya..maka dipeluknya adiknya dan disuruh menceritakan kenapa majapahit menyerang bali..dituturkanlah oleh gajah mada bahwa dia mengemban tugas dari ratu tyribuana tungga dewi..jawab kebo iwo saking sayangnya dengan adiknya..bawa lah kakak ke majapahit..adik tidak bisa menguasai bali kalau ada dua patih dibali…maka kebo iwo dibawa ke majapahit dan ratu permaisuri terharu bahwa gajah mada ketemu dengan kakaknya dan betapa mulianya kakaknya mau menyerahkan diri ke majapahit, maka ratu memberikan seorang putri dan wilayah di daerah tengger dan ratu berbisama semua keturunan raja jawa maupun taklukan majapahit tidak diperbolehkan menganggu wilayah kebo iwo,barang siapa yang melanggar maka akan kena kutuk ratu tribuana,dan pada masuknya agama lain ke tanah jawa maka tidak berani menduduki wilayah tengger,satu hal dari ratu tribuana agar cerita kebo iwo direkayasa tidak seperti aslinya.
    setelah beliau gajah mada menguasai nusantara maka beliau memoksakan diri di tempat yang sama yakni menyebur di campuan laut.sebelum beliau memoksakan diri maka beliau melihat seorang nelayan maka dipangila nelayan tersebut dengan kesaktian dan disulap oleh beliau seprti gajah mada,jubah,mahkota dan anting2 diberikannya berserta kapal perangnya.sedangkan senjata gajah dungkur hilang kembali ke Betara Indra.
    catatan terdapat di prasasti nusantara dimana beliau menaklukan dan moksanya..prasasti ini ada.
    beliau minta pekelem namanya kerbau songgo buana dengan ciri2 yakni:
    kakinya bergelang putih,matanya biru dan didahinya terdapat huruf U. barang siapa yang akan mempekelem kerbau ini di situlah nusantara akan jaya,makmur dan damai.pekelem di campuan laut tempat moksanya gajah mada.
    pusaka2 gajah mada tidak ada yang memegannya,semua sirna…hanya tapel yang ada di blahbatuh…
    pusaka majapahit / stempel kerajaannya adalah :
    1. keris bergambar pulau kalimantan jawa dan bali dengan warangkanya gading. sedangkan kepalanya saya tidak mau menjelaskan secara mendetail.keris ini pernah di bawa oleh sekelompok warga,sekelompok warga ini meminjam dan diperlihatkan oleh keturunan raja dibali sehingga keturunan raja dibali takut dan mengakui/mengangkat orang2 ini menjadi saudara dan diberi gelar kehormatan..semua raja2 bali tahu pusaka ini.
    2. jubah sutra raja majapahit berciri jaring2 halus.
    3. sepasang senjata cakra
    4. kitab pengobatan lengkap dengan kotaknya
    5. lontar tentang keturunan,silsilah raja2 jawa, bali dan perjalan
    6. taring naga basuki ( ini yang dipakai membunuh dalam dungkut ).
    7. mahkota kerajaan majapahit berbentuk perunggu. mahkota ini pernah
    8. cupu manik ( didalamnya terdapat permata )
    ditemukan oleh seorang penduduk dan ditaruh kembali ke asal dimana ditemukan begitu ditaruh mahkota tersebut sirna.tidak kembali lagi..hanya dibuat duplikatnya terbuat dari tulang belulang yang sekarang ada di musium jawa timur.
    kalau seseorang memegang ke 7 pusaka tersebut maka dialah pewaris kerajaan majapahit ( Raja Majapahit )
    sekarang banyak orang yang mengaku keturunan dan lebih parahnya lagi menjadi raja Majapahit….
    kalau memang benar buktikan 8 stempel kerajaan barulah raja2 jawa dan bali mengakui nya….

  71. ada namanya serat Babad Gajah Maddha, lontarnya disimpan dalam musium milik UDAYANA

  72. terimakasih banyak atas informasinya tentunya ini sangat berguna sekali bagi semua pembaca dan ahli sejarah

  73. Ki Patih Gajah Mada, Mahapatih kerajaan Majapahit yang terkenal dan sangat dikagumi , ternyata adalah murid dari KI Hanuraga, sesepuh Generasi III, Paiketan Paguron Suling Dewata .

    Menurut Parampara Perguruan Seruling Dewata, khususnya saat menceritakan kisah ketua angkatan ke III , Ki Hanuraga ( atau Ksatria Suling Gading ), tersirat kisah hidup Gajahmada . Gajahmada, lahir di desa Mada, Mada Karipura, beliau ditemukan sekarat oleh seorang Maha Yogi Ki Hanuraga, di Jawa Ki Hanuraga di kenal dengan nama Begawan Hanuraga sedangkan di Bali beliau dikenal dengan nama dengan sebutan Mahayogi Hanuraga ( Sesepuh Generasi III Perguruan Seruling Dewata )beliau menguasai 72 kitab pusaka yang mempelajari 72 ilmu silat dan diwarisi oleh sesepuh sesepuh sebelumnya seperti Ki Mudra dan Ki Madra sesepuh Generasi II, serta Ki Budhi Dharma sesepuh generasi I yang di diksa pada abad ke 5 – caka tahun ke 63 – bulan ke 11- hari ke 26 ( caka warsa 463 ). mengenai Gajahmada , diceritakan, bahwa Gajahmada kecil bernama I Dipa, dia memanggil Ki Hanuraga dengan sebutan Eyang Wungkuk, dan belajar ilmu kanuragan selama 5 tahun sambil mempelajari ilmu ketata Negaraan , I Dipa ( Gajah Mada Kecil ) adalah seorang yg tdk memiliki siapa-siapa ( sebatang kara ), sebagai pengembala kambing. Perkenalan Mahayogi Hanuraga dgn I Dipa ( Gajahmada ),terjadi saat Ki Hanuraga melakukan pengembaraan ke tiga kalinya mengelilingi Nusantara ( kala itu di sebut Nusa Ning Nusa ) , sebelum Mahayogi sakti ini kembali ke Pertapaan Candra Parwata di Gunung Batukaru di Bali ketika usia beliau sudah sepuh ( tua ), sesuai tradisi Perguruan sebagai seorang Mahayogi harus kembali ke pertapaan. Mahayogi Hanuraga menemukan Gajahmada, dipinggiran hutan dalam keadaan pingsan, antara hidup dan mati, karena kasihan Maha Yogi Ki Hanuraga mengobati dan menyembuhkan luka dalam Gajahmada. dari Ki Hanuraga-lah I Gajahmada, belajar ilmu silat dan kanuragan , serta mengajari ilmu Tata Negara dan tercatat sebagai siswa Paiketan Paguron Suling Dewata di bawah bimbingan langsung sesepuh Generasi III , Ki Hanuraga. Gajahmada Kecil sering di ejek oleh teman temannya, karena dia memiliki kuping yg lebih besar dari kuping orang normal, sehingga dia di panggil I Gajah dari Desa Mada. kelak semua tahu bahwa nama Gajahmada inilah yang akhirnya menjadi terkenal di seluruh Nusantara sebagai Mahapatih yang maha sakti. ( di sadur dari Majalah Watukaru , Majalah bulanan Perguruan Seruling Dewata, )

    berikut beberapa petikan yang diambil dari Parampara Perguruan mengenai Ki Gajahmada dan Ki Soma Kepakisan , seperti yang dituturkan oleh Ki Hanuraga atau Ksatria Suling gading , sesepuh Generasi Ke III, Perguruan Seruling Dewata .:

    Ki Gajahmada
    ini adalah pengembaraanku yang ketiga dan merupakan yang terakhir menjelajahi Nusantara. ketika aku melangkahkan kakiku dengan santai di pinggiran hutan dekat sebuah desa yang bernama desa Mada atau lengkapnya Madakaripura pada sebidang tanah datar pandangan mataku tertumbuk pada seorang anak yang sedang mengelepar bergulingan di tanah seperti sedang sekarat. aku segera melompat ringan dan setelah dekat ternyata seorang anak berusia sekitar empat belas tahunan. tubuhnya sebenarnya tegap, tapi entah kenapa mengelepar gelepar seperti sekarat menahan siksaan berat, tubuhnya memancarkan sinar merah, dan hijau berganti ganti ,berkali kali anak itu ingin berbicara kepadaku, tapi tidak ada suara yang keluar dari mulutnua hanya tangannya saja yang menunjuk nunjuk sebuah goa di pinggir hutan. dengan sigap aku melompat ke mulut goa, didalam goa aku melihat seekor ular naga Wilis sebesar pohon pisang yang panjangnya sekitar delapan depa, mati kehabisan darah, dan ada bekas gigitan di tubuh ular naga wilis ini, didekat bangkai ular naga wilis ada cahaya merah, setelah ku dekati ternyata ” Ong Brahma ” sebuah jamur berwarna merah sebesar niru, yang sebagian besar habis tercabik cabik, ” Ong Brahma ” adalah sebuah mustika langka yang menjadi rebutan kaum persilatan karena mampu melipatgandakan tenaga panas menjadi seribu kali lipat. rupanya ular naga wilis ini adalah penjaga Ong Brahma yang langka ini.bersyukur anak ini berjodoh dan bertemu denganku , jika tidak bertemu pesilat berilmu tinggi anak ini dapat dipastikan kematiannya, sebab minum darah ular saja bisa mati membeku kedinginan apalagi makan ” Ong Brahma ” akan kepanasan darah mengering . jika makan keduanya akan tersiksa panas dan dingin secara bergantian dan akhinya mati.tenaga dalam yang berhawa panas dan dingin yang bergejolak saling mematikan , aku isap habis habisan dengan tenaga sakti isap bhumi, diselaraskan dalam dirinya, lalu disalurkan kembali ke tubuh anak ini sehingga seluruh nadi terbuka, seluruh garanthi ( simpul nadhis ) terbuka, tujuh cakra besar terbuka dan Kundalini terbangkitkan seketika, tenaga dalam masih berlebihan terpaksa dibagi ke 108 nadis di seluruh tubuh anak ini , baru dapat membebaskan anak ini dari kematian. dari kemalangan terancam kematian mengerikan , berubah menjadi keberuntungan luar biasa, impian seluruh dunia persilatan dengan terbukanya seluruh nadhis, garanthi, cakra dan bangkitnya kundalini, orang biasa membutuhkan latihan puluhan tahun untuk mencapai tingkatan seperti ini. setelah setengah hari anak ini pingsan, akhirnya sadar juga, wajahnya cemerlang berseri seri, begitu anak ini sadar langsung berlutut dihadapanku, rupanya anak ini sadar juga bahwa aku telah menyelamatkan jiwanya, setelah mengucapkan terimakasih anak ini mulai menuturkan riwayat hidupnya.anak ini bercerita namanya ” Dipa” , tidak tahu siapa orang tua kandungnya sejak kecil ia sudah menjadi tapa daksa ( anak yatim piatu ), dan harus bekerja pada tuan tanah untuk menanggung hidupnya dia ditugaskan mengembala sapi, anak yang kehilangan sapi dihukum keras dicambuk, dipukuli bahkan jika berkali kali dipotong tangan atau kakinya. anak ini bercerita bahwa dia telah kehilangan kambing 3 kali dan tentunya dia takut kembali karena akan menerima hukuman yang sangat berat bisa bisa di hukum potong tangan atau kaki, sehingga untuk menghindari hukuman tersebut dia mencari ular naga wilis yang memakan kambingnya dan melarikannya ke dalam goa, ketika dililit sama ular naga wilis , Dipa menggigit tubuh ular dan meminum darahnya, ketika ular itu mati kerena kehabisan darah, ia merasa haus dan kelelahan dan melihat jamur merwarna merah yang meneteskan air dan ia pun langsung meminumnya dan meremas remas jamur tersebut agar mendapatkan lebih banyak air karena rasa haus sehabis berkelahi dengan ular naga wilis. syukur hamba ( Dipa ) bertemu dengan tuan ( Ki Hanuraga ) , dan nyawa hamba berhasil diselamatkan , sekarang hamba rasanya kuat , segar bugar, mulai sekarang hamba berguru kepada Tuan dan ikut kemanapun Tuan pergi, daripada hamba kembali ke desa akhirnya di hukum potong tangan atau potong kaki dan menjadi cacat seumur hidup.aku tersenyum dan menerimanya sebagai siswa, namun aku hanya berjanji mengajarkannya selama lima tahun saja, Dipa sering menyebutku dengan Eyang Wungkuk, aku terpaksa menetap di hutan bersama Dipa selama lima tahun mengajarinya ilmu silat dan ilmu ketatanegaraan. aku menyimpulkan bahwa Tenaga dalam Dipa sudah sangat dahsyat melebihi pendekar tangguh , sehingga aku hanya perlu mengajarkan ilmu silat dan senjata serta tehnik bertarung . kalau memungkinkan mengajarkan ilmu ketatanegaraan, siapa tahu ia mengabdi di sebuah kerajaan di kemudian hari. mulai saat itu anak yang bernama Dipa mulai digembleng ilmu ilmu rahasia Gunung Watukaru, baerlatih siang dan malam, tahan terhadap rasa sakit dan rasa lelah, tiada menghiraukan lapar dan haus , berlatih tanpa henti , tidak menghiraukan panasnya matahari dan teriknya hujan berlatih dan terus berlatih, tiada hari tanpa berlatih………………

    Ki Soma Kepakisan
    tepat sebulan , aku dan Dipa tinggal di pondok terpencil, tiba tiba datanglah seorang pendeta tua dengan seorang muridnya yang masih muda berusia sekitar 20 tahunan. Pendeta ini terluka parah, isi dada dan organ dalam yang lain telah hancur terguncang, pendeta ini bernama Maharsi Gunadewa dan muridnya bernama Soma Kepakisan. Maharsi Gunadewa terluka dalam yang sangat parah setelah terlibat pertarungan dengan saudara seperguruannya memperebutkan buku warisan perguruan yang mana dalam pertarungan itu ia dikalahkan oleh adik seperguruannya dan dengan sisa tenaganya ia berusaha mengajak murid kesayangannya melarikan diri , rencananya ia akan ke Gunung Watukaru di bali Dwipa, agar muridnya mendapatkan pelajaran yang sempurna. aku memperkenalkan diriku sebagai Begawan Hanuraga, pewaris Paiketan Paguron Suling Dewata di gunung Watukaru, mendengar namaku sang Maharsi tersenyum puas, sambil berbicara terpurus purus Sang Maharsi memohon agar menerima muridnya menjadi murid Gunung Watukaru, akupun menyanggupi agar Dipa ada teman berlatih . hasilnya akan jauh lebih baik ketimbang berlatih sendiri. Sang Maharsi Gunadewa tersenyum puas, sambil berkata ” perjalananku tidak sia sia “, iapun meninggal sambil tersenyum puas. mulai saat itu aku membina dua siswa di tanah Jawa, semuanya sangat berbakat hampir sama bakat dan semangatnya dengan semangatku dimasa muda dulu. aku betul betul puas dengan kemajuan kedua muridku ini, kemajuan yang pesat dalam waktu yang sangat singkat. ternyata kemajuan yang dicapai kedua muridku ini selalu seimbang, Dipa mempunyai tenaga dalam yang sangat kuat karena meminum darah ular naga wilis dan jamur merah ” Ong Brahma “, sedangkan Soma juga sama kuatnya karena pernah memakan mustika perguruannya berupa telur penyu ribuan tahun dan telur rajawali putih ribuan tahun. ditempat terpencil ini tak sia sia penyepianku selama lima tahun di tanah Jawa, dapat dipastikan aku berhasil membina dua ksatria lelananging jagat, setelah dirtempa dengan ilmu kawisesan dan kedigjayaan, dibawah bimbinganku Dipa dan Soma berlatih dengan sungguh sungguh, tiada henti , ditempa teriknya matahari , dibawah guyuran hujan, berlatihh dikegelapan malam. Ditempa berbagai ilmu dahsyat Gunung Watukaru , tiga ratus enam puluh gerakan melemaskan tulang, delapan belas macam kuda kuda, delapan belas pukulan, delapan belas tendangan, delapan belas tangkisan, delapan belas ilmu pergeseran kaki, delapan belas ilmu berguling, delapan belas ilmu mengelak, delapan belas ilmu penyatuan tenaga tangan, dan delapan belas ilmu sapuan. selanjutnya aku ajarkan Lima macam ilmu silat dasar yang disebut Ilmu Silat Depok, Ilmu Silat Setembak, Ilmu Silat Kerta Wisesha, Ilmu Silat Panca Sona, Ilmu Silat Tat Twam Asi, setiap silat dasar terdiri dari 36 jurus dasar, dan hanya memerlukan 42 hari Dipa dan Soma berhasil menguasai kelima ilmu dasar tersebut . Sehingga Dipa dan Soma sudah siap menerima ilmu tertinggi dari puncak barat Gunung Watukaru yang berjumlah 72 dari Paiketan Paguron Suling Dewata, Ilmu silat Bhumi dan Langit , ilmu silat delapan penjuru angin , ilmu silat ombak samudra dan seterusnya ………………( di sadur dari majalah Watukaru , edisi 2 dan 3 ), seperti akhirnya kita ketahui dalam sejarah , bahwa ke dua murid Ki Hanuraga , Dipa / Gajahmada dan Soma Kepakisan, sangat terkenal dalam dunia persilatan , bahkan Dipa / Gajahmada akhirnya menjadi Mahapatih pada kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan paling besar di jamannya serta berjasa dalam mempersatukan Nusantara dengan pasukan khususnya yang terkenal dengan nama Gajah Kencana, sementara Soma Kepakisan sangat terkenal di Bali dimana keturunan beliau menjadi raja raja di Bali di bawah kekuasaan Majapahit.

    Silahkan kunjungi http://www.serulingdewatabali.com, dan buka halaman warta perguruan mengenai masa kecil Mahapatih Gajahmada.

    Salam

    Wirasa kicik

  74. BREAKING NEWS: Saat ini sedang dipersiapkan proses produksi Film Kolosal Layar Lebar dan Mega Sinetron dengan judul ”MAHAPATIH GAJAH MADA” produksi Sanggar Padepokan Kraton Tirto Wening (Cimone) dan PT Tawi Nusantara Film (Pamulang). Kini sudah bisa dilihat pembuatan setting & property-nya di lokasi shooting di Kp. Cogrek Ds. Peusar Kec. Panongan Cikupa-Tangerang. Mohon doa & restu. Terima kasih (KAM-MGM PUBLICATION DEPT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *